Sukses

Beauty

Membanggakan! 3 Mahasiswi Asal Indonesia Ciptakan Alat Canggih yang Bakal Kurangi Rambut Rontok

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok masih menjadi salah satu dari tiga masalah rambut yang dihadapi oleh perempuan di Indonesia. Bahkan setiap orang setidaknya pernah mengalami rambut rontok sekali seumur hidupnya.

Permasalahan rambut rontok ini disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari stres, makanan yang dikonsumsi, hingga produk perawatan rambut yang digunakan.

Ketika menghadapi rambut rontok kebanyakan orang cenderung langsung berfokus pada penggunaan produk perawatan rambut rontok. Di samping itu, diperlukan perawatan yang lebih optimal, salah satunya dengan alat yang digunakan untuk membantu mengurangi kerusakan akibat rambut rontok.

Salah satu alat yang disebut-sebut akan mengurangi rambut rontok adalah FolliGenix. Alat ini merupakan inovasi yang dibuat oleh tiga mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung. Mereka adalah Clara Sinaga, Priscilla A. Napitupulu dan Saskia Febriend yang tergabung dalam tim Maya dan berhasil memenangkan L'Oreal Brandstorm 2024 di tahap final nasional.

 

Kompetisi inovasi terbesar untuk anak muda

L'Oreal Brandstorm sendiri menjadi kompetisi inovasi terbesar berskala internasional bagi anak muda. Sejak diselenggarakan pada tahun 1992 secara global, L'Oréal Brandstorm telah membantu membentuk pola pikir, menjadi wadah pengembangan diri, serta menjadi awal langkah karier para partisipan yang hingga kini jumlah totalnya mencapai lebih dari 700.000 ribu talenta muda. Indonesia telah ikut berpartisipasi sejak tahun 2009 dan berhasil sebanyak 3 kali mendapatkan gelar juara di babak final internasional.

“L’Oréal Brandstorm lebih dari sekedar kompetisi biasa, L'Oréal Brandstorm adalah wadah yang tepat untuk menjembatani talenta muda Indonesia dengan kebutuhan bisnis yang semakin berkembang. Memberikan kesempatan kepada talenta muda Indonesia untuk dapat mengembangkan diri melalui keterampilan teknis serta soft skills yang diberikan, untuk membekali dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan industri ke depannya," kata Yenita Oktora, Chief Human Resource Officer L’Oréal Indonesia.

Yenita juga menjelaskan tim dari Indonesia sudah pernah memenangkan kompetisi Brandstorm di tingkat internasional sebanyak tiga kali, yakni pada 2011, 2019, dan 2022. Tahun ini, L'Oreal Brandstorm 2024 di Indonesia diikuti oleh 5.600 peserta hingga akhirnya dewan juri memilih Tim Maya sebagai pemenang babak Nasional Final dari perlombaan ini.

 

FolliGenix

Tim Maya sukses memukau para juri dengan device yang mereka desain bernama FolliGenix. Alat ini lahir dari keluhan para pelanggan salon yang mengeluhkan masalah kerontokan rambut. Dengan menghadirkan FolliGenix, Tim Maya menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah kerontokan rambut secara non-invasif.

Mereka menciptakan sebuah alat perawatan rambut bertajuk "FolliGenix Device"; yang dilengkapi dengan teknologi ultrasound dan nano-technology untuk meningkatkan penyerapan serum secara optimal sesuai dengan kondisi folikel rambut konsumen, tanpa perlu melalui prosedur medis yang invasif.

Teknologi yang dikembangkan oleh tim Maya ini mampu membantu menangani masalah kerontokan rambut dengan perawatan yang lebih mendalam dan tepat sasaran. Selain itu, tim Maya menghadirkan "Genix App", aplikasi yang dapat melacak proses perawatan rambut melalui gadget.

Dengan inovasi menarik inilah yang membuat Tim Maya terpilih sebagai pemenang L'Oreal Brandstrom 2024 dari Indonesia. Oleh karena itu, Tim Maya pun berkesempatan mewakili Indonesia di tahap Final Internasional yang akan diselenggarakan di London pada bulan Juni 2024 mendatang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading