Sukses

Lifestyle

Dampak Terlalu Sering Menguncir Rambut Menyebabkan Kerontokan

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu suka menguncir rambut dengan style ponytail, kepang secara ketat, atau style menguncir lainnya? Jika iya, maka ada banyak yang harus kamu pertimbangkan sebagai pengetahuan untuk mengurangi kerusakan pada rambut. Tidak sedikit yang datang ke salon dengan masalah rambut dan disebabkan oleh terlalu lama menguncir rambut.

Tarikan dan ketegangan terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan, rambut rontok, traksi alopecia, dan bahkan sakit kepala. Untuk menghindari masalah ini, cobalah untuk mengistirahatkan rambut dari gaya rambut ketat atau gunakan aksesoris rambut yang lembut. Jika kamu harus memakai kuncir kuda, hindari mengikatnya terlalu kencang dan ubah penempatannya. 

Bukanlah hal yang baik jika kamu terus-menerus menguncir rambut di tempat yang sama. Apalagi jika kamu menggunakkan aksesori rambut yang keras dan mengangkat banyak rambut serta mengakibatkan kerontokan. Jika dibiarkan terus-menerus maka rambutmu akan rusak dan habis. Ini dia beberapa dampak yang dilansir dari wavilondon.com jika kamu tidak memperhatikan cara dan tingkat frekuensi dalam menguncir rambutmu. 

Rambutmu akan Patah

Jika kamu mengikat rambut terlalu kencang, hal ini dapat menyebabkan tekanan pada helai rambut sehingga menyebabkan kerusakan. Hal ini bisa menjadi masalah jika kamu sering melakukannya, karena ketegangan berulang pada rambut dapat menyebabkan rambut bercabang dan menipis.

Traction Alopecia

Jenis rambut rontok yang dapat terjadi jika kamu secara teratur menarik rambut ke belakang dengan gaya tertentu. Traction alopecia dapat menyebabkan kerontokan rambut di sekitar garis rambut dan pelipis, dan sulit untuk disembuhkan. Maka dari itu, upayakanlah untuk menjaga rambut tetap digerai.

Sakit Kepala

Mengenakan kuncir kuda yang ketat terkadang bisa menyebabkan sakit kepala, apalagi jika kamu memakainya dalam waktu lama.

Cara yang terbaik adalah menghindari terlalu sering mengikat rambut dengan ketat, dan mulailah memilih gaya yang lebih longgar dan mengurangi tekanan pada rambut. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menggunakan aksesoris rambut seperti ikat rambut yang terbuat dari bahan lembut seperti sutra atau katun, sehingga dapat membantu mengurangi risiko rambut patah.

Disarankan untuk mencoba sanggul longgar dengan jepit rambut, karena ini membantu kulit kepala bernapas dan menjaga rambut kamu terlihat segar. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan rambut dengan tonic ya! Semoga bermanfaat! 

Penulis: Yosefin Natalie 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading