Sukses

Beauty

5 Cara Menggunakan Sunscreen yang Tepat dan Kenali Perbedaan setiap Jenisnya

Fimela.com, Jakarta Penggunaan sunscreen saat ini menjadi salah satu concern yang sangat penting bagi perawatan kulit terutama wajah. Kondisi cuaca yang tidak menentu serta sinar matahari yang semakin pekat akan membuat pH kulit semakin berkurang. Kondisi pH harus tetap normal agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Menggunakan sunscreen agar dapat melindungi kulit terutama wajah harus diperhatikan dengan baik dan benar. Proteksi sunscreen pada kulit wajah sangat mempengaruhi kesehatan dan kesehatan kulit wajah. Tentu kamu wajahmu tetap aman dari paparan sinar matahari, kan?

Sunscreen digunakan untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari seperti sengatan matahari, bintik-bintik penuaan, dan banyak lagi selama musim panas. Pada dasarnya, ada dua jenis sunscreen yang harus diketahui. Sunscreen fisik/mineral dan sunscreen kimia. Sahabat Fimela, berikut ini adalah penjelasan tentang sunscreen yang perlu diketahui.

1. Perbedaan Tipe Sunscreen

Banyak produk sunscreen yang muncul di pasaran. Hal ini akan membuat kamu bingung dalam memilih mana yang cocok untukmu. Ketahui jenis tipe kulit wajahmu sebelum memilih produk sunscreen.

Seperti sunscreen untuk kulit berminyak. Jika jenis kulit berminyak maka, kelenjar sebaceous terlalu aktif sehingga menghasilkan sebum berlebih dan menghasilkan permukaan kulit berkilau. Oleh karena itu, saat mencari sunscreen untuk kulit berminyak, sebaiknya pastikan produk tersebut tidak berminyak dan memberikan manfaat pengontrol minyak.

Sedangkan sunscreen untuk kulit kering yang membutuhkan hidrasi dan nutrisi menyeluruh sebaiknya gunakkan yang mengandung bahan pelembab. Hal ini dapat membantu meningkatkan tingkat hidrasi kulit. Juga terdapat sunscreen untuk kulit kusam. Kamu harus menekankan pada efek yang akan diberikan sunscreen seperti memperbaiki garis-garis halus dan bintik hitam. Khususnya, seperti bahan pencerah kulit yaitu, Niacinamide sehingga dapat mencerahkan kulit sekaligus melindunginya dari sinar UV.

2. Kocok Sunscreen

Sebaiknya kamu mencampur sunscreen terlebih dahulu sebelum digunakan. Kamu harus mencampur produknya agar dapat digunakan dengan merata dan membantu melindungi wajah dari sinar matahari. Kamu bisa mengocoknya terlebih dahulu. Karena, sunscreen yang ada pada suatu produk biasanya akan terpisah secara perlahan karena kondisi suhu pada ruangan. 

Terdapat sunscreen yang memiliki petunjuk pemakaian untuk dikocok terlebih dahulu, hal ini biasanya ditemukan saat sunscreen memiliki tekstur yang cair. Hal ini menghindari partikel yang menggumpal dan bisa bekerja lebih maksimal pada kulit wajah. 

3. Perhatikan Waktu Penggunaan

Gunakan sunscreen 30 menit sebelum bepergian. Sunscreen harus diupayakan agar meresap dengan maksimal pada kulit wajah dan tidak luntur saat kamu berkeringat. Jangan keluar rumah dan melakukan aktivitas sebelum sunscreen terserap dengan maksimal. 

4. Takaran yang tepat

Gunakan sunscreen dengan takaran yang tepat dan sesuai kebutuhan kulit pada wajah. Takaran sunscreen yang tepat bagi wajah harus diperhatikan secara detail. Takaran yang tepat dipengaruhi pada kondisi kulit dan aktivitas yang biasa dilakukan. Sebaiknya gunakkan sunscreen sepanjang dua ruas jari tengah dan telunjuk. 

5. Gunakan secara Merata

Gunakkan sunscreen secara merata agar dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Jangan lupa untuk perhatikan spot yang sering terpapar sinar dan gunakkan dengan merasa sampai terserap dengan baik. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya dengan merata dan sesuai dengan takaran.

Nah itu dia 5 cara yang tepat dalam menggunakkan sunscreen dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk tetap memilih produk yang sesuai dengan tipe kondisi kulit wajahmu ya. Tetap waspada dalam memilih produk kecantikan agar kulit wajah terhindar dari breakout dan kusam. Semoga bermanfaat! 

Penulis: Yosefin Natalie 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading