Sukses

Entertainment

Eksklusif, Ramadan dan Jalan Baru Laudya Cynthia Bella

Fimela.com, Jakarta Laudya Cynthia Bella menemukan jalan baru dalam meniti hidupnya. Bintang utama film Surga yang Tak Dirindukan yang kalau tak ada halangan akan tayang selepas Ramadan ini, mengubah total penampilannya dengan berhijab. Dulu orientasi hidupnya murni dunia dan dunia, kini lewat jalan baru itu ia menemukan keseimbangan dalam hidup. Bawah melakoni hidup dan kehidupan di dunia ini harus dari dua sisi sekaligus, sisi dunia dan ukhrawi.

***

Bagi seorang Laudya Cynthia Bella yang bergelut dalam dunia entertainmen, citra diri sebagai bintang muda, yang ayu, anggun adalah sesuatu yang mutlak dijaga. Image itulah yang bisa membawanya melakoni peran ini dan itu dalam film atawa sinetron. Menjadi brand image beragam produk komersial. Dan beragam bentuk pencitraan lainnya yang membutuhkan sosok figur publik seperti dirinya.

Karena itu saat seorang bintang hendak mengubah penampilan yang juga akan berpengaruh pada citra diri banyak pertimbangan yang dilakukan. Tak jarang ancaman akan kehilangan pekerjaan dan popularitas sudah terbentang di depan mata.

Lihat juga: Laudya Cynthia Hijab Membawa Berkah

Laudya Cynthia Bella. Laudya Cynthia Bella. (Photo by IG @mariophotographie, Dress by IG @normahauri hijab by @hauriscarves  hat by @byayudiahhandari, Bintang.com)

Perempuan kelahiran, Bandung, 24 Februari 1988 ini tampaknya sudah siap dengan dampak dari keputusannya meniti jalan baru. Jalan yang tak hanya terjal namun penuh dengan onak dan duri. Ia bahkan sudah siap jika jobnya sebagai bintang film, sinetron, dan juga iklan harus menurun. Bahkan dia pun juga sudah siap jika harus angkat kaki sebagai anggota personel group vokal Bukan Bintang Biasa (BBB) yang terdiri dari Raffi Ahmad, Dimas Beck, Ayushita, Chelsea Olivia dan Laudya Cynthia Bella yang dibentuk oleh penyanyi dan pencipta lagu Melly Goeslaw.

Bella sendiri sudah memasrahkan semuanya kepada Sang Maha Kasih soal dampak yang akan diterimanya dengan berhijab. Ia paham benar kalau menutup aurat bagi seorang muslimah adalah fardu ain alias kewajiban individual.

Keyakinan Bella pada jalan baru ini mengalahkan segalanya. Keyakinan adalah kuncinya. Di tataran yang transendental dan terkadang agak sulit untuk dinalar. Namun, saat seseorang haqqul yakin dengan jalan anyar yang dipilihnya, saat itulah “tangan Tuhan” mulai terlihat.

Laudya Cynthia Bella. Laudya Cynthia Bella. (Photo by IG @mariophotographie, Dress n hat by IG @byayudiahandari hijab by IG @hauriscarves, Bintang.com)

“Aku sebenarnya memang sudah punya keinginan untuk berhijab. Setidaknya, kalau sudah menikah dan punya anak hal itu akan direalisasikan. Namun ternyata panggilan untuk berhijab itu datang lebih dulu. Alhamdulillah,” ujarnya.

Bukannya jobnya berkurang karena penampilan barunya yang berhijab. Malah sebaliknya, ia kebanjiran job. Inilah buah dari keyakinan Bella dalam meniti jalan barunya. Ia menuturkan perubahan penampilannya ini kepada Henry dan Abraham Tyron dari Bintang.com yang melakukan wawancara dan pemotretan khusus di bilangan Setiabudi, Jakarta Selatan, belum lama berselang. Ini petikan wawancarannya.

Hijab Tak Menghlangi Aktifitas Bella

Setelah menunggu beberapa lama akhirnya waktu pemotretan dan wawancara khusus dengan mojang Bandung ini tiba juga. Keputusannya untuk menggunakan hijab untuk busana sehari-hari banyak membuat orang terkejut. Bella sekarang amat bebeda dengan Bella dulu sebelum ia memtuskan untuk berhijab. Satu yang tak hilang, kecantikan dan keanggunannya.

Mulai kapan Anda mantap untuk berhijab?

Saya yakin dan mantap untuk berhijab mulai 8 Januari 2015 kemarin.

Apa yang menjadi pemicu Anda sehingga yakin untuk berhijab?

Panjang kalau diceritakan. Saya berusaha menjalankan perintah dalam agama yang saya anut. Bahwasanya perempuan itu diperintahkan untuk menutup auratnya. Intinya, menuju kepada yang lebih baik dari hari ke hari.

Laudya Cynthia Bella. (Laudya Cynthia Bella. (Photo by IG @mariophotographie, MUA by IG @andychunmakeup fashion stylist IG @iwanlatiff, outfits by @etuoffical, Bintang.com)

Dan ternyata jalan untuk berhijab itu muncul saat ini?

Keinginan berhijab memang sudah ada beberapa waktu lalu. Namun, dalam bayangan saya, berhijab itu setelah menikah dan punya anak. Ternyata aku enggak nyangka keputusan untuk berhijab itu datang sekarang. Allah memberikan jalannnya lebih cepat dari perkiraan saya. Alhamdulillah ini jalan Allah untuk saya.

Bagaimana support keluarga Anda?

Alhamdulillah mereka orang-orang yang selama ini dekat dengan saya support banget keputusan saya untuk berhijab. Saya tahu apa yang terbaik untuk saya. Dan itu yang saya pilih saat ini. Saya yakin kalau kita mau berubah menuju kepada yang lebih baik pasti akan ada yang support kok. Saya selaalu berdoa semoga istiqomah dengan pilihan ini.

Sekarang berhijab sudah, kapan ke pelaminannya?

Kapan ya, doain dong. Terus terang untuk sekarang ini aku memang lebih disibukkan dengan urusan pekerjaan. Ya syuting film, menjalani bisnis dan menjalani sesi wawancara dan pemotretan dengan media. Mungkin masih banyak rahasia Allah yang harus saya temukan dulu untuk saat ini. Setelah itu baru berkeluarga.

Laudya Cynthia Bella. Laudya Cynthia Bella. (Photo by IG @mariophotographie, Dress by IG @normahauri hijab by @hauriscarves  hat by @byayudiahhandari, Bintang.com)

Ada teman dekat kah yang sudah menjadi pacar Anda?

Apa, pacar? Insya Allah sekarang ini sudah enggak ingin pacaran, hehehe. Sudah tahu dan sudah pernah soalnya, hehehe. Setelah berhijab saya bukannya menutup diri, namun sekarang tidak seperti dulu. Kalau ada orang yang mau mengenal lebih jauh bisa. Namanya saling kenal satu sama lain, bukan pacaran. Yang penting dia bisa menjadi imam saya, bisa diajak untuk mendalami ajaran agama secara terus-menerus, mau diajak mengungkap rahasia kehidupan yang luas. Itu yang saya cari. Dan jika dari perkenalan itu cocok, bisa dilanjutkan ke jenjang yang serius.

Apakah sekarang sudah ada sosok yang akan menjadi calon suami Anda?

Sudah ada belum ya, hehehe? Sebenarnya siapa saja yang bisa membimbing saya dan menjadi imam saya berpeluang menjadi calon suami saya. Alhamdulillah kalau ada dan bertemu dengan sosok yang seperti itu, saya senang sekali.

Bella Dulu, Bella Sekarang

Secara kasat mata memang Bella sekarang berbeda setelah mengenakan hijab. Namun selain dari sisi penampilan, apa lagi perbedaan Bella yang dulu dengan Bella yang sekarang?

Apa bedanya Bella yang dulu sebelum berhijab dengan setelah berhijab?

Enggak ada beda kok, sama aja. Bukan karena berhijab lalu saya berubah menjadi kalem banget. Ya saya masih seperti yang dulu. Kalau mau dilihat lebih jauh Bella yang sekarang sellalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah. Saya sekarang juga lebih santai dalam menjalani hidup, ya itu bedanya. Dulu itu saya lebih menonjol emosinya. Sekarang lebih banyak menerima aturan Allah.

Apa target jangka pendek danjuga target jangka panjang Anda setelah ini?

Untuk jangka pendek saya akan melakoni bisnis. Doain semoga berhasil ya. Ya bisnis busana muslim dan juga furniture yang tengah dirintis dan mudah-mudahan sebentar lagi akan dibuka gerainya di daerah Kemang Timur, Jakarta Selatan. Untuk target jangka panjang saya ingin kehidupan saya terus bermanfaat untuk orang banyak. Selain itu saya lillahitala saja dalam menjalani hidup ini.

Laudya Cynthia Bella. Laudya Cynthia Bella. (Photo by IG @mariophotographie, Dress by IG @normahauri hijab by @hauriscarves  hat by @byayudiahhandari, Bintang.com)

Antara dulu yang belum berhijab dengan sekarang yang sudah berhijab, seperti apa Anda menerima sebuah peran untuk film atau sinetron?

Kalau dulu sebelum berhijab dalam menerima peran saya lebih melihat sebuah peran dari jalan ceritanya. Orientasi saya pada cerita. Kalau sekarang sudah lebih dari itu. Apakah cerita film yang akan saya mainkan itu ada manfaatnya untuk penonton atau tidak. Trus karena saya sudah berhijab saya juga lebih selektif dan detil. Apakah dalam adegannya nanti ada sentuhan atau tidak antara saya dengan lawan main yang bukan muhrim. Ya begitu deh, namanya sudah berhijab.

Setelah berhijab seperti apa aktifitas Anda, apakah ada peruahan? Tidak ada perubahan dalam hal aktifitas saya setelah berhijab. Aku masih tetap seperti yang dulu aktif dalam bidang akting, model dan menyanyi. Malah kesibukan saya makin meningkat. Apalagi menjelang bulan Ramadan. Banyak sekali media cetak dan elektronik yang meminta jadwal pemotretan, wawancara dan sebagainya.

Laudya Cynthia Bella. Laudya Cynthia Bella. (Photo by IG @mariophotographie, Dress by IG @normahauri hijab by @hauriscarves  hat by @byayudiahhandari, Bintang.com)

Sebelum memutuskan untuk berhijab apa ada kekhawatiran tentang job misalnya yang akan melayang seiring dengan perubahan penampilan Anda?

Jujur hal seperti itu manusiawi ya. Ada juga sedikit kekhawatiran, jangan-jangan orang enggak mau pake saya lagi untuk main sinetron, model iklan, sinetron. Tapi alhamdulillah kekhawatiran itu tidak terjadi. Saya malah kebanjiran job. Subhanallah ini berkah banget buat saya.

Anda juga menekuni bisnis busana muslim dan furniture, bagaimana awalnya?

Saya masih baru banget dalam berbisnis. Terus terang untuk busana muslim baru dimulai sejak Desember 2014 kemarin dengan membuat label Laudya by LCB. Saya buka butik di Bandung. Sedangkan untuk furniture baru dirintis bersama Zaskia Adya Mecca kalau yang terakhir ini akan buka toko di Jakarta.

Sang surya makin condong ke ufuk Barat. Prosesi pemotrean yang dimulai dengan aktivitas merias wajah, hingga padu padan busana pun selesai. Laudya yang tampak makin ayu dengan busana-busana anggun karya perancang kenamaan ibukota. Tak ada yang tersisa dari sosok Laudya Cynthia Bella yang dulu cantik dan anggun. Busana panjang dan hijab yang melingkupi tubuhnya sama sekali tidak menghilangkan aura ayu yang ada pada dirinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading