Sukses

Entertainment

Bukan If You, Lagu BigBang Ini Dituduh Plagiat

Fimela.com, Jakarta Boyband asal Korea Selatan BigBang sedang dirundung sebuah isu plagiarisme. Lagu mereka yang berjudul Sober dituduh menjiplak salah satu lagu dari band asal Britania The Wanted.

Beberapa netizen meragukan originalitas lagu yang dibawakan G-Dragon dan kawan-kawan. Mereka menganggap lagu Sober memiliki kesamaan dengan lagu dari The Wanted yang berjudul Glad You Come.

BigBang (via adventuretime.wikia.com)

Lagu dari The Wanted sendiri dirilis pada bulan Agustus 2011 silam. Sehingga beberapa netizen yang menemukan kesamaan dengan lagu Sober langsung menuduh BigBang melakukan plagiat.

Baca juga: Lagu If You dari BigBang Miliki Makna Mendalam Bagi G-Dragon

Secara spesifik, lagu Sober terdengar familiar dengan lagu Glad You Came pada bagian tertentu. Orang-orang yang menuduh BigBang melakukan plagiat menemukan kesamaan lagu Sober pada menit ke 1.01 hingga menit 1.15 dengan lagu Glad You Came pada menit ke 1.04 sampai menit.1.19.

Nathan Sykes bersama The Wanted

Sebenarnya kemiripan lagu tersebut hanya terjadi beberapa detik dan tidak semuanya merupakan lagiat. Tetapi banyak yang beranggapan bahwa kemiripan tersebut terjadi pada bagian terpenting dari lagu tersebut, sehingga dipermasalahkan oleh beberapa orang.

Meskipun banyak yang menuduh plagiat, ada juga beberapa netizen yang menyatakan lagu BigBang sama sekali terdengar berbeda dengan lagu The Wanted. Penasaran? simak kedua video berikut ini, dan bandingkan sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading