Sukses

Entertainment

100 Pekerja Seni Hidupkan Cerita Rakyat Melalui 'Alkisah'

Fimela.com, Jakarta Seorang fotografer ternama bernama Rio Wibowo atau yang lebih dikenal dengan Rio Motret, mempersembahkan sebuah kolaborasi seni fotografi yang mengangkat kembali dongeng dan legenda Indonesia bertema 'Alkisah'. Pameran foto yang mengangkat 17 cerita rakyat Indonesia ini melibatkan 100 pekerja seni dengan latar belakang selebritis, desainer, dan stylist ternama yang akan berlangsung dari tanggal 10 sampai 23 Agustus 2015.

Pameran foto yang didukung oleh GIK (Galeri Indonesia Kaya) ini bertempat di Atrium East Mall Grand Indonesia. Moment ini juga dijadikan sebagai penyambutan hari kemerdekaan Indonesia. Ide 'Alkisah sendiri muncul saat Rio sadar akan cerita dongeng luar negeri yang mampu bertahan di tengah-tengah perkembangan zaman yang sudah modern. Padahal, di Indonesia mempunyai begitu banyak cerita rakyat dari berbagai daerah. Hal ini memacu dirinya untuk menciptakan sesuatu yang baru dalam seni fotografi yang ditekuninya.

 Ide 'Alkisah sendiri muncul saat Rio sadar akan cerita dongeng luar negeri yang mampu bertahan di tengah-tengah perkembangan zaman yang sudah modern. (Wimbarsana/Bintang.com)

"Pameran ini sengaja saya adakan bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia, dengan harapan masyarakat Indonesia dapat terpicu untuk mengenal budaya Indonesia dan melestarikannya. Meskipun di era sekarang sudah penuh dengan modernisasi, bukan berarti warisan bangsa kita jadi terlupakan," ungkap Rio Motret, konseptor pameran foto 'Alkisah' di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (10/8/2015).

Proses pemotretan yang berlangsung dari 18 Juni hingga 29 Juni mengangkat cerita rakyat seperti, Sabai Nan Aluih, Si Pitung, Lutung Kasarung, Sangkuriang, Jaka Tarub & 7 Bidadari, Roro Jonggrang, Bawang Merah Bawang Putih, Keong Mas, Ande-Ande Lumut, Calon Arang, Malin Kundang, Timun Mas, Nyi Roro Kidul, Danau Toba, Asal Mula Banyuwangi, Drupadi, dan juga Rara Mendut.

Selebriti yang terlibat dalam pembuatan pameran fotografi ini ialah Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie. (Wimbarsana/Bintang.com)

Lebih lanjut, salah satu selebriti yang terlibat dalam pembuatan pameran fotografi ini ialah Chelsea Olivia. Baginya, cerita rakyat yang berasal dari Indonesia mempunyai kualitas bertaraf internasional.

Baca juga: Penipuan Mengatasamakan Chelsea Olivia Sudah Kerap Terjadi

"Kita berdua (Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie) dilibatkan dalam pameran foto 'Alkisah' ini, bagi aku Rio Motret hebat. Cerita Indonesia tapi bisa dilihat secara internasional. Aku yang tadinya tidak tau cerita Ande Ande Lumut jadi tau, aku belajar tentang karakternya yang polos dan yang tulus dan nggak ada kesulitan sama sekali. Hasilnya luar biasa," ungkap Chelsea Olivia di lokasi yang sama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading