Sukses

Entertainment

George Clooney Ikut Protes, Panitia Oscar 2016 Beri Tanggapan

Fimela.com, Jakarta Oscar atau Academy Awards adalah ajang penghargaan perfilman paling bergengsi. Namun penyelenggaraan Oscar 2016 mendapat protes dari sejumlah artis, termasuk George Clooney.

Setelah pengumuman nominasi, banyak pihak yang menganggap Oscar terlalu diskriminatif terutama untuk para selebriti keturunan Afrika-Amerika.  Sebelumnya, sutradara Spike Lee dan aktris Jada Pinkett Smith juga melancarkan protes. Mereka menganggap panitia Oscar 2016 diskriminatif. Isu rasis ini ternyata juga mendapat dukungan dari aktor kulit putih, George Clooney.

Will Smith. (Bintang/EPA)

Menurut berita dari ABC News, Clooney mengatakan kalau Oscar selama ini memang minim keanekaragaman ras. "Aku pikir keturunan Afrika-Amerika punya poin yang penting. Sayangnya, industri tak mendukungnya dengan penuh, aku pikir itu benar terjadi," ucap George Clooney.

Pendapat aktor yang pernah meraih Oscar ini hampir senada dengan Jada Pinkett Smith. Menurut Clooney, sejumlah aktor maupun sineas kulit hitam sebenarnya pantas masuk dalam nominasi. Mereka adalah Will Smith, Idris Elba serta para pemain dan sutradara film Straight Outta Compton.

George Clooney juga menilai film Creed pantas masuk nominasi Film Terbaik. Protes senada juga datang dari Snopp Dogg, Don Cheadle dan Michael Moore. Menanggapi hal tersebut, presiden Oscar, Cherly Boone Isaacs langsung merilis pernyataan tertulis terkait isu #OscarSoWhite dan protes keras dari industri perfilman.

Dalam pernyataannya, Cherly merasa sedih dengan adanya isu tersebut dan dirinya serta pihak Oscar sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menampilkan keragaman ras, etnik dan bahkan orientasi seksual. Sejauh ini belum ada tanggapan dari George Clooney dan artis lainnya terkait jawaban Cherly mengenai isu rasis di ajang Oscar 2016.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading