Sukses

Entertainment

Cerita Cinta, Aunur Rofiq Lil Firdaus – Dian Rositaningrum

Fimela.com, Jakarta Teater Warung Udix di Pulogadung, Jakarta Timur, jadi tempat pertemuan pertama Aunur Rofiq Lil Firdaus alias Opick dengan Dian Rositaningrum. Pertemuan terjadi pada tahun 2000-an. Kala itu Opick jadi guru di tempat itu, sedangkan Dian jadi muridnya. Di tempat itu Opick tak hanya sebagai guru olah tubuh, tapi guru dalam mengkaji Alquran.

Sebagai murid, Dian tentu sangat takzim kepadanya. Namun, tak ada pandangan untuk menjadikannya sebagai orang yang spesial dalam hatinya. Hubungan mereka hanya sebatas sebagai guru dan murid.

Preskon Putri Muslimah Indonesia (Galih W. Satria/bintang.com)

Meski begitu, intensitas pertemuan di antara mereka membuat hubungan mereka makin dekat. Dian sendiri punya rasa kekaguman tersendiri terhadap lelaki kelahiran Jember, 16 Maret 1974 itu. Ia menilai Opick punya tanggung jawab besar terhadap komunitasnya itu.

"Memandang sosoknya sebagai seorang pemimpin. Walau merantau, tapi dia punya tanggung jawab besar untuk komunitasnya. Selain itu, melihat sosoknya yang sangat berwibawa di mana semua teman-teman sangat menghormatinya," kenang Dian dalam percakapan dengan Bintang.com, melalui aplikasi WhatsApp, Kamis (4/8/2016) malam.

Opick dan Dian (Dok. Pribadi)

Penilain Dian itu jadi salah satu alasan mengapa ia bersedia untuk menjalin hubungan lebih dari sekadar hubungan guru dan murid. Ia juga menilai penampilan Opick yang rock and rool, gondrong, rupanya berbanding terbalik dengan pribadi Opick yang penuh kasih sayang, halus dalam bertutur kata.

"Jadi, saya memandang kulit tak sama dengan isi. Penampilan boleh rock n rool, tapi isi sangat agamis sekali. Semua dia kaitkan dengan Allah. Dengan keyakinan yang tinggi akan Tuhan, maka jatuh cinta untuk rela dibimbing mengenal Allah lebih dalam," lanjut Dian.

Opick dan Dian saat liburan (Dok. Pribadi)

Selama setahun berpacaran, Opick banyak memberi Dian pelajaran hidup. Bagaimana dia harus betahan hidup di Jakarta tanpa ada sanak saudara. Namun, Opick mempunyai cita-cita yang tinggi yang akan dia capai, tanpa ada kata 'tapi'.

"Semangat dan keyakinan yang tinggi itu yang saya rasakan," tegas Dian.

Sempat Ditolak Calon Mertua

Keseriusan hubungan Opick dengan Dian ternyata sempat tak berjalan mulus. Orang tua Dian rupanya tak setuju dengan hubungan mereka. Mereka melihat penampilan luar Opick yang rock and rool dan rambut gondrong, serta taak punya penghasilan tetap. Rupanya, Opick tak menyerah untuk mempersunting Dian.

Sementara Dian sendiri sudah sreg dengan Opick. Terlebih, di mata Dian, Opick terlihat matang dalam pemahaman ilmu agama. Sementara Dian haus akan ilmu karena itu yang baru untuk ia ketahui atau ia kaji dalam hidup.

Dian dan Opick saat pernikahan (Dok. Pribadi)

"Ya, Mas Opick melamar saya sampai tiga kali. Lamaran ketiga itu baru orang tua saya menyetujui Mas Opick untuk menikah dengan saya," kenang Dian. "Saat melamar saya, uang Mas Opick hanya nggak lebih dari Rp 1 juta. Karena keteguhannya, orang tua saya menyerah, dan akhirnya kami menikah," lanjutnya.

Pernikahan Opick dan Dian berlangsung di kediaman ayah Dian di Pulogadung, Jakarta Timur, pada pada 15 Juli 2002. Lokasinya berada di sebuah gang sempit yang dihadiri sekitar 1.000 orang.

Dian dan Opick di studio (Dok. Pribadi)

"Uang sangat terbatas. Kami hanya melakukan pernikahan itu dengan kesederhanaan. Kami merasa bahagia karena banyak sahabat kerabat yang mendoakan kami di hari bahagia," kata Dian menuturkan.

Sebagai maskawin, Opick menyerahkan uang sebesar Rp 15.702. Uang tersebut sebagai petanda tanggal dan tahun pernikahan mereka. Di luar itu, ada hal lain yang paling berkesan bagi Dian.

"Saat akad nikah, dia masih mempertahankan rambut gondrongnya yang sepantat. Itu menjadi perbincangan banyak tamu yang hadir," kenang Dian tertawa.

Opick dan Dian (Dok. Pribadi)

Usai pernikahan, hari-hari Opick dan Dian dilalui dengan penuh perjuangan. Opick awalnya hanya sebagai backing vokal grup band BIP hingga akhirnya punya album sendiri. Sayangnya, album tersebut tidak laku. Hingga istrinya melahirkan, Opick tak punya uang untuk menebus istrinya di rumah sakit.

"Alhamdulilah, akhirnya Allah berbaik hati untuk mengirim orang-orang hebat yang mau membantu," tutur Dian.

Saling Dukung dan Pengertian

Opick dan Dian juga berusaha bahu-membahu untuk menggapai cita-citanya. Mereka rela berdagang pakaian keliling. Mereka berbelanja pakain di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Selain mengantarkan istrinya dengan menggunakan sepeda motor, Opick juga yang membantu untuk memilih baju gamisnya.

"Saat itu lagu Tomboati sudah menggema di Pasar Jatinegara. Kami dagang sampai 2005," jelas Dian.

Di luar perkiraan, lagu Tomboati rupanya sukses di pasaran. Setelah itu mereka pindah dari rumah orang tua, dan membeli rumah baru. Dian menceritakan, ada yang unik saat mereka membeli rumah pada 2004. Saat itu Opick hanya punya uang Rp 30 juta.

Opick dan Dian (Dok. Pribadi)

"Untuk membeli rumah seharga itu pada tahun 2004 rasanya sulit, ya. Udah nyari tapi jauh di ujung Bekasi rumah yang layak huni. Pas kita sudah deal seharga rumah 50 juta.  Sisanya mau ngutang.  Pas pulang hujan besar. Apa yang terjadi , ternyata daerah banjir . Dan saya sama Mas Opick kejebak banjir di perjalanan sampe seleher. Dan kita naik motor.  Akhirnya, karena sampe seleher nekat nembus jalan itu.  Aku terpisah bak di lautan," kenang Dian tertawa.

Tak beberapa lama setelah peristiwa tersebut, Opick ternyata punya keinginan untuk menunaikan ibadah haji. Ia kemudian izin kepada Dian, apakah uang untuk membeli rumah boleh dipakai untuk pergi haji atau tidak.  Sebagai istri,  ia pun mempersilakan. Namun, ustaz Subki Al-Bughury menyarankan Opick ke travel temannya.

Dian dan Opick saat haji (Dok. Pribadi)

"Alhasil, karena Opick punya nama penyanyi religi,  dia malah dikasih diskon.  Dengan Rp 30 juta bisa berangkat haji plus pada 2004. Sebelum berangkat, malah ada rezeki lagi dari larisnya CD Tomboati. Kami dapat rezeki Rp 90 juta dan langsung kami belikan rumah di daerah Rawakuning di ujung Jakarta Timur.  Jadi,  sebelum berangkat haji tertunaikan Allah sudah kasih hadiah rumah baru dan pertama kami," ungkap Dian.

Kini, pernikahan Opick dan Dian telah berjalan 14 tahun.  Mereka berusaha saling mendukung dan berusaha untuk saling mencintai dan saling menyadari ketidaksempurnaan. Selain itu, berusaha untuk memantapkan cita-cita yaitu mendidik anak-anak mereka mengenal Allah, menjaga keyakinan mereka, sebagai bekal hidup mereka dan wujud rasa syukur karena nikmat yang melimpah.

Dian dan anak-anak (Dok. Pribadi)

Dari pernikahan itu mereka dikaruniai lima orang anak. Mereka adalah Latifah Maryam El Firdaus, Ghania De Salma Firdaus, Ania Rahmadan Firdaus, Fatimah Azka El Firdaus, dan Khadijah. Opick dan Dian berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi kelima anak mereka.

"Cara mendidik anak ya standar keluarga baru. Hanya bisa mengajarkan anak dari perilaku kita.  Untuk pelajaran tauhid mengenal Allah, ya, dari sholat , baca Quran, cerita nabi-nabi. Untuk ahlak, ya kami berusaha untuk mendidik sopan santun, adab yang baik , senang bersedekah. Ya, alhamdulilah proses sampai sekarang anak kami sudah lima putri dan 25 anak laki-laki asuh kami yang tinggal bersama," papar Dian Firdaus.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading