Sukses

Entertainment

Media Sosial dan Tak Ada Informasi yang Disembunyikan

Fimela.com, Jakarta Sulit rasanya melepas peran media sosial dalam kegiatan sehari-hari dewasa ini. Selain berperan sebagai penyampai informasi yang terkadang diungkapkan secara gamblang, tetapi kerap dijadikan sebuah ajang untuk mempertahankan eksistensi bahkan pencarian sensasi.

Menarik jika menilik kemunculan beragam akun yang menguak sisi lain kehidupan para artis tanah air. 'Mereka' mampu memperoleh bukti dalam bentuk video atau foto hasil pencarian sendiri atau kiriman dari pihak lain dan mengunggahnya di media sosial.

Fenomena ini berbanding terbalik dengan kerasnya kinerja yang diterapkan para paparazi luar negeri. Mereka bahkan harus rela berkorban 'membuntuti' untuk mendapatkan sederet potret eksklusif dari kegiatan artis.

Ilustrasi media sosial. (monster.com)

Sementara, informasi secara online juga salah satu pendukung lahirnya jurnalisme 2.0. Meski berita bisa diambil dari mana saja, tetapi pers memiliki sederet kriteria yang berbeda dari informasi media sosial.

"Kalau berita dari mana aja boleh diambil, kalau pers kan beda diharus ada verifikasi, menyebut narasumber, berimbang. Kalau media sosial kan berpihak, kadang-kadang tidak verifikasi, kadang-kadang fitnah juga," jelas Wina Armada, selaku pakar di bidang hukum dan etika pers ketika dihubungi Bintang.com, Jumat (16/9/2016).

Namun, Wina menambahkan ada dua tipe media sosial. "Media sosial juga ada 2 yang baik dan tidak baik. Yang baik, bagus, itulah pilar kelima, nggak bisa lagi berbohong pada saat itu juga informasi terutama pejabat publik atau tokoh publik," tambahnya.

Wina Armada (Facebook)

Ketika disinggung mengenai eksistensi akun-akun yang menyebarkan kehidupan para artis, Wina pun menyampaikan pandangannya. "Sepanjang dia memenuhi syarat undang-undang, tidak memfitnah karena itu dia disebut sebagai media sosial sebagai pilar kelima. Tidak ada lagi informasi yang disembunyikan," tukas Wina.

Pemberitaan para artis yang muncul di akun-akun media sosial juga memiliki efek lain. "Faktualnya kan bisa terjadi, Kalau memberitakan faktual tidak apa-apa, tapi kalau sudah fitnah, bohong itu masuk ranah hukum, mencemakan nama baik," ujar Wina Armada.

Lantas, siapa saja artis-artis yang pernah menjadi bahan pembicaraan di akun-akun media sosial? Simak rangkuman selanjutnya hanya di Bintang.com.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading