Sukses

Entertainment

5 Serial India Paling Fenomenal di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Nama Shaheer Sheikh sangat populer di Indonesia. Ia termasuk salah seorang aktor India terpopuler di negeri ini. Bahkan dibandingkan di negaranya sendiri, Shaheer mungkin punya lebih banyak penggemar di Indonesia.

Melambungnya nama Shaheer Sheikh jadi salah satu contoh keberhasilan sejumlah drama India atau Bollywood di Indonesia. Film-film Bollywood memang tak banyak yang tayang di bioskop-bioskop Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini.

Hal itu sepertinya membuat penyuka film maupun drama India mengalihkan rasa kangen mereka pada serial India yang tayang di televisi. Tak semuanya meraih sukses, bahkan serial yang sukses di negara asalnya tak jadi jaminan akan meraih kesuksesan serupa di sini.

Setidaknya ada lima drama atau serial India yang meraih sukses dan bahkan termasuk fenomenal di Indonesia. Apa saja serial India yang sukses tersebut? Mari kita simak daftarnya.

Balveer

Serial Balveer. foto: iyaa.com

Serial Balveer bisa dibilang menyaingi Upin Ipin dalam hal tontonan anak-anak. Tayang di Indonesia sejak Juni 2015, serial ini bercerita tentang seorang anak berkekuatan super yang melawan kekuatan jahat, yang hendak menguasai dunia peri. Karena ditujukan untuk anak-anak, maka dunia peri yang digambarkan serial ini penuh dengan fantasi dan mencerminkan kehidupan anak-anak yang suka bermain.

Meski begitu ada juga beberapa adegan yang dirasa kurang pantas ditonton anak-anak karena dinilai kurang mendidik atau ada unsur kekerasan. Karena itu jam tayangnya sempat mengalami perubahan dari pagi hari menjadi siang hari. Serial Balveer di India sudah mencapai 1000 episode lebih dan masih tayang sampai saat ini.

Ranveer & Ishani

Serial India, Ranveer & Ishani, tayang di SCTV. foto: twitter

Kisah cinta Ranveer (Shakti Arora) dan Ishani (Radhika Madan) memang sedikit berputar-putar. Namun, chemistry antara keduanya yang begitu kuat membuat drama ini menarik untuk dinikmati. Ranveer dan Ishani di Indonesia ditayangkan di SCTV sejak Maret lalu dan baru saja berakhir. Serial ini termasuk serial India terpanjang yang tayang di SCTV.

Inti cerita drama ini adalah kisah cinta antara anak sopir, yakni Ranveer, yang jatuh cinta pada anak majikannya, Ishani. Namun pada akhirnya, keluarga Ranveer berubah nasib menjadi kaya, sedangkan keluarga Ishani kehilangan hartanya. Serial ini termasuk seru dan enak ditonton sampai akhir penayangannya.

Jodha Akbar

Serial Jodha Akbar. foto: iyaa.com

Serial Jodha Akbar tayang di salah satu stasiun televisi swasta setelah Mahabharata tamat. Drama ini menceritakan tentang percintaan antara Raja Jalal dan Ratu Jodha di Kerajaan Mughal. Intrik dan lika-liku kisahnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Jodha Akbar terdiri dari 566 episode dan tamat pada September 2015.

Drama ini diproduksi pada Juni 2013 sampai Agustus 2015 di India. Sekitar tiga bulan penayangan pertama, rating Jodha selalu berada di peringkat satu. Sempat merosot di trimester kedua, tetapi ratingnya berhasil naik lagi waktu Jodha kerasukan setan. Beberapa tokoh antagonis seperti Ratu Ruqaiya dan Maham Anga juga menambah tegangnya drama ini.

Uttaran

Uttaran. foto: aapkacolors.com

Sejak tayangan perdananya, serial Uttaran yang tayang di ANTV sudah mencuri perhatian pemirsa Indonesia. Cerita keluarga penuh haru yang dihadirkan Tina Dutta cs sukses membius para penggemarnya di Indonesia. Serial Uttaran menghadirkan cerita yang bisa langsung diterima oleh pemirsa. Selain menghadirkan konflik cinta dan keluarga, Uttaran ternyata memberikan makna mendalam sesuai dengan judul serial ini.

Uttaran dalam bahasa Hindi berarti barang-barang bekas. Makna judul ini bakal dirasakan oleh penggemar di akhir tayangan ini. Serial yang juga dibintangi Rashami Desai sudah tamat di India pada Januari 2015 lalu. Lantas bagaimana ending kisah Uttaran?

Hampir serupa dengan kisah Ichcha dan Tapasya kecil, Meethi bakal membawa seorang anak bernama Tamanna. Ini rupanya membuat Rani (anak Meethi) cemburu dan merasa tersaingi dengan kehadiran Tamanna. Kisah ini sama seperti cerita Tapasya dan Ichcha sewaktu kecil. Di akhir cerita, Damini, Nani dan seluruh keluarga sangat bahagia menyaksikan Rani dan Tamanna bisa saling menyayangi.

Mereka semua berpelukan dalam kebahagiaan. Adegan ini akan membuat penggemar paham tentang makna Uttaran yang sebenarnya. Penggemar akan tahu bahwa apa yang kita berikan kepada orang lain bukanlah sekedar Uttaran atau barang-barang bekas, tapi semuanya adalah bentuk rasa cinta kita kepada mereka.

Di Indonesia, Uttaran telah menayangkan episode terakhir pada 18 September kemarin. Walaupun memiliki lebih dari 2000 episode dan termasuk terpanjang di India, ANTV menayangkan terus menayangkan serial ini sampai tamat. Wajar saja karena serial punya banyak penggemar setia. Ratingnya sempat masuk tiga besar, pernah tayang dua kali dalam sehari dan kedatangan beberapa pemainnya ke Indonesia disambut dengan meriah.


Mahabrata

Shaheer Sheikh sebagai Arjuna di 'Mahabrata'. Foto: via india-forums.com

Sebenarnya, serial televisi Mahabharata atau Mahabrata sudah pernah tayang di Indonesia pada Desember 1991 silam. Saat itu, serial kolosal tersebut ditayangkan di Televisi Pendidikan Indonesia (TPI). Kisah epik yang ditulis oleh Brahm Veda Vyasa pada abad 3 dan 4 Masehi ini terdiri dari 200.000 bait puisi dalam bahasa Sansekerta.

Oleh bangsa India, kisah ini dianggap sejarah dan cermin kepribadian bangsa serta sumber pelajaran hidup yang mendalam. Serial TV Mahabharata yang tayang di era 1990-an tersebut diproduksi oleh B.R. Chopra dan disutradarai oleh anaknya, Ravi Chopra. Kisah Mahabharata versi India berbeda dengan kisah Mahabharata versi Indonesia, di mana sosok Punakawan, salah satunya adalah Semar, tidak ada dalam kisah Mahabharata versi India.

Meski demikian, cerita asli Mahabharata masih dipertahankan hingga sekarang agar nilai-nilai luhur dalam cerita tersebut tidak hilang. Hasilnya, Mahabharata kembali meraih sukses termasuk di Indonesia. Selain jalan cerita yang memikat dan membuat penasaran, sosok para pemainnya yang ganteng dan cantik membuat serial ini disambut hangat para penonton.

Lewat serial inilah, nama Shaheer Sheikh, Saurabh Raj Jain dan Vin Rana menjulang di Indonesia. Mereka menjadi pelopor ‘invasi’ para artis televisi India ke negeri ini. Setelah serial Mahabharata sukses, para pemainnya tak hanya berkunjung ke Indonesia, tapi juga bermain di sejumlah serial televisi bahkan film layar lebar produksi Indonesia. Yang paling fenomenal tentunya Shaheer Sheikh. Selain bermain di beberapa sinetron, ia juga sempat bermain di film layar lebar Turis Romantis dan bahkan sempat berpacaran dengan artis Indonesia, Ayu Ting Ting.

 

 

What's On Fimela
Loading