Sukses

Entertainment

Kiswinar, dari Tes DNA hingga Dikontrak Media Online

Fimela.com, Jakarta Perseteruan antara Kiswinar yang meminta pengakuan sebagai anak kandung Mario Teguh terus menjadi sorotan publik. Mulai dari 'perang' pernyataan, saling somasi hingga keinginan tes DNA pun mewarnai kisruhnya permasalahan di antara mereka.

Setelah gonjang-ganjing yang terjadi, tes DNA adalah langkah yang akan ditempuh. Hal ini dilakukan untuk membuktikan kebenaran mengenai status Kiswinar sebagai anak Mario Teguh yang masih menjadi tanda tanya.

Mungkin banyak pertanyaan yang muncul soal apa itu tes DNA? Berapa besar biaya yang dibutuhkan jika hendak melakukan tes tersebut? Situs harga.web.id menulis, tes DNA atau Deoxyribonucleic acid adalah salah satu tes yang reliabel untuk mengetahui kaitan hubungan darah seseorang.

Kiswinar dan ibunda, Ariyani Soenarto. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Akurasi tes DNA sendiri bisa mencapai 100 persen kebenaran. Tes DNA diperlukan tiga sampel di mana sampel diambil dari ketiga pihak yakni A (anak), si B (ibu) dan si C (ayah).

Lalu berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan tes DNA? Situs yang sama juga menulis, di Indonesia hanya ada beberapa lembaga yang mampu melaksanakan tes DNA. Adalah Laboraturium Pusdokkes Polri. Lab Pusdokkes Polri yang terletak di Jakarta Timur ini dibanderol dengan biaya sekitar Rp 5 juta sekali tes.

Untuk proses identifikasi bisa dilakukan hingga lima kali, sehingga bisa mengeluarkan biaya sampai Rp 25 juta - Rp 50 juta. Sementara kisaran biaya tes DNA di lembaga Polri & Eijkman Institue sekitar Rp 5 juta per tes, Division of Human Genetics Center for Biomedical Research Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang sekitar Rp 8 juta hingga Rp 12 juta per tes, dan DNA-Worldwide sekitar Rp 1,69 juta hingga 25,5 juta per tes.

Mario Teguh dan Kiswinar (Bintang Pictures)

Selain dari lembaga, biaya tes DNA sendiri menurut Kombes Awi Setiyono, harga tes DNA tidak dikenakan kepada perorangan. Hal tersebut adalah ketentuan yang hanya dapat dilakukan atas perintah penyidik dari kepolisian.

"Tidak ada biaya perorangan, adapun tes DNA itu ketentuannya langsung urusan kepolisian dan diserahkan ke penyidik. Jadi tidak ada harga-hargaan atau biaya. Itu urusan pihak kepolisian dan penyidik," kata Kombes Awi saat dihubungi Bintang.com, Rabu (12/10/2016).

"Iya, jadi selama ini tidak ada biaya dikenakan pada perorangan. Penyidik yang berwewenang mengurus hal-hal tes DNA tersebut," sambungnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono. (Yoppy Renato/Liputan6.com)

Terlepas dari tes DNA, perjuangan Kiswinar yang meminta pengakuan dari Mario Teguh membuka cerita baru. Dirinya telah menandatangani kontrak eksklusif dengan sebuah media online selama tiga bulan.

Hal itu dibenarkan oleh sang kuasa hukum, Ferry H. Amahorseya. "Kontrak eksklusif itu hanya Kiswinar dan ibunya. Saya nggak ikut dalam kontrak tersebut," kata Ferry saat berbincang dengan Bintang.com, Selasa (11/10/2016) malam.

Setelah menyuarakan dirinya hanya menginginkan pengakuan dari Mario Teguh, kontrak eksklusif yang disepakati Kiswinar tentu sebuah kabar mengejutkan. Lantas, berapakah kira-kira nilai kontrak tersebut?

Kiswinar dan kuasa hukum, Ferry H. Amahorseya. (Adrian Putra/Bintang.com)

Ketika ditanya nilai kontrak Kiswinar dengan media online yang mengusungnya selama tiga bulan ke depan, ditanggapi sang kuasa hukum. "Nggak etis itu. Saya hanya mengawal kasus ini dari segi hukum. Soal kontrak itu urusan pribadi Kiswinar dan ibunya," tegas Ferry.

Namun jika di dunia keartisan, kontrak dengan nominal tidak terbatas tentu sudah biasa disepakati. Namun, nilai kontrak artis rata-rata berada dikisaran Rp 100 juta untuk media online.

Menimbang perkiraan biaya tes DNA di Indonesia dan nilai kontrak artis di media online, lantas bagaimana dengan nilai kontrak yang disepakati Kiswinar kepada sebuah media online?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading