Sukses

Entertainment

Kombes Awi: Biaya Tes DNA Bisa Ditanggung oleh Negara

Fimela.com, Jakarta Tes DNA merupakan cara yang paling tepat untuk menyelesaikan perselisihan Kiswinar dan Mario Teguh. Seperti diketahui, Kiswinar mengaku sebagai anak kandung dari Mario Teguh dari istri pertamanya, Ariyani Soenarto.

Akan tetapi pengakuan Kiswinar tersebut dibantah oleh Mario Teguh. Sejak pengakuan Kiswinar itu, masalah ini kemudian mencuat ke publik dan perseteruan tersebut seakan tak berujung.

Mario Teguh. (Adrian Putra/Bintang.com)

Tes DNA, atau Deoxyribonecleic adalah salah satu tes yang paling kompeten dan terpercaya hasilnya untuk mengetahui kaitan hubungan darah seseorang. Tes DNA sendiri memiliki tingkat akurasi yang bisa mencapai 100 persen kebenaran. Untuk melakukan tes DNA diperlukan tiga sampel di mana sampel diambil dari ketiga belah pihak yakni si A (anak), si B (ibu) dan si C(ayah).

Mengenai biaya tes DNA, Kombes Awi Setiyono mengatakan harga tes DNA menurutnya tidak dikenakan kepada perorangan. Menurut Kombes Awi, hal itu merupakan ketentuan yang hanya bisa dilakukan atas perintah penyidik dan kepolisian.

Kiswinar dan Ariyani Soenarto. (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Jadi selama ini tidak ada biaya dikenakan pada perorangan. Penyidik yang berwewenang mengurus hal-hal tes DNA tersebut," kata Kombes Awi saat dihubungi Bintang.com, Rabu (12/10/2016).

Kombes Awi menambahkan, ada tingkat kesulitan sendiri dalam mengetahui hasil tes DNA. "Itu tergantung tingkat kesulitan dalam penyidikan, karena harus dilihat secara rinci dan detail dalam pengurusan hasil tes DNA tersebut. Jadi berapa lamanya kita tidak bisa pastikan, biar penyidik dan nantinya kalau sudah keluar hasil tes DNA nya pun akan diinformasikan," tanda Kombes Awi Setiyono.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading