Sukses

Entertainment

Nani Wijaya, Setelah Sineas Bakal Dinikahi Sastrawan

Fimela.com, Jakarta Kabar bahagia datang artis senior Nani Wijaya. Ia akan menikah dengan sastrawan Ajip Rosidi. Pernikahan mereka tinggal menghitung hari, seperti yang diungkapkan Ajip di berbagai media, pernikahannya dengan Nani Wijaya akan berlangsung dalam waktu dekat ini.

Menurut Ajip, pernikahannya dengan Nani Wijaya akan berlangsung di Cirebon, Jawa Barat. Pernikahan akan berlangsung sederhana, mengingat faktor usia dan maksud dari pernikahan tersebut, yang semata-mata hanya ingin menghabiskan masa senja bersama.

Kolase Ajip Rosidi dan Nani Wijaya

Ajip Rosidi, calon suami Nani Wijaya dikenal sebagai sastrawan yang namanya harum di dalam dan luar negeri. Seperti dikutip dari laman penerbitkpg, Ajip Rosidi sudah mulai menulis saat usianya baru menginjak 12 tahun. Saat itu, tulisannya dimuat di ruang anak-anak Harian Indonesia Raya.

Lelaki yang tidak pernah menamatkan bangku SMA-nya itu kemudian aktif di bidang penulisan dan penerbitan. Banyak dari karyanya yang masih beredar di pasaran saat ini. Ajip pernah menjadi Dosen Luar Biasa pada Fakultas Sastra, Universitas Padjadjaran, Bandung tahun 1967. Bahkan di Jepang, ia pernah menjadi pengajar tamu di Osaka Gaikokugo Daikagu, Osaka, Jepang tahun 1981, guru besar luar biasa pada Tenri Daigaku, Nara dan Kyoto Sangyo Daigaku, Kyoto.

Sosok Ajip Rosidi, calon suami Nani Wijaya. Sangat terkenal di dunia sastra. (Penerbitkpg.id)

Karya sastra Ajip meliputi cerpen, puisi, cerita anak dan sejumlah buku berbahasa Sunda. Ajip juga pernah mendapatkan sejumlah penghargaan dari dalam dan luar negeri atas dedikasinya di dunia kesusasteraan dan budaya.

Mendiang suami Nani Wijaya, Misbach Yusa Biran pun dikenal sebagai seorang sastrawan. Namun Misbach lebih menonjol di dunia perfilman. Ia sudah berhasil menyutradarai sebuah sandiwara ketika duduk di bangku sekolah di awal 1960-an. Ia sempat menjadi penulis karya sastra sampai akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia perfilman.

Misbach Yusa Biran (dok. Forum Lenteng)

Misbach juga sosok yang pernah diganjar penghargaan sebagai Sutradara Terbaik FFI 1967 melalui film Dibalik Tjahaja Gemerlapan. Ia pernah meraih penghargaan dari luar negeri lantaran memberikan inspirasi bagi komunitas arsip film di Asia Pasific.

Lima tahun ditinggal Misbach Yusa Biran, kini Nani Wijaya segera melepas masa kesendiriannya, dinikahi Ajip Rosidi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading