Sukses

Entertainment

Duka, Air Mata dan Kecewa Sejumlah Artis Usai Ahok Dipenjara

Fimela.com, Jakarta Ahok kini akan menjalani hari-harinya di dalam Rutan Cipinang, Jakarta usai pengadilan memutuskan ia bersalah atas kasus dugaan penodaan agama pada Selasa (9/5/2017). Dinyatakan bersalah, Ahok kini resmi menghuni Rutan Cipinang. Pihak Ahok langsung mengajukan banding atas keputusan pengadilan tersebut.

***

Sejumlah masyarakat pendukung Ahok menunjukkan dukungan mereka langsung di depan Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Tak terhitung lagi, berapa jumlah tetes air mata yang membasahi tanah di sekitar rumah tahanan itu.

Tidak seperti pesakitan lainnya, Ahok disambut dengan terbuka di rumah tahanan tersebut. Bahkan sejumlah staf berebut ingin selfie dengan Ahok. Wajah Ahok tampak tegar, seakan ingin mengingatkan para pendukungnya, jika perjuangan belum usai. Ketegarannya itu juga seakan menyampaikan pesan, ini sebuah proses yang harus dijalaninya saat ini.

Jika masyarakat langsung memberikan dukungannya di depan Rutan Cipinang, sejumlah artis pendukung Ahok bereaksi melalui media sosial. Melalui akun media sosial, segenap isi hati mereka diungkapkan. Ada duka, amarah dan kekecewaan yang terungkap melalui kata demi kata yang kemudian dibaca netizen, disebarkan dan dikomentari.

Curahan hati Luna Maya, kekecewaan Ari Wibowo, harapan Jill Gladys yang kandas, kemarahan Shanty Paredes, jeritan hati Edric Tjandra serta respek yang ditunjukkan Young Lex menjadikan media sosial penuh dengah warna berbagai komentar. Ada pula sejumlah artis yang menyampaikan pendapatnya secara netral. Dude Harlino misalnya.

"Proses hukum sudah berjalan, lalu sidang sudah berjalan. Saya sebagai warga negara menghormati proses hukum itu. Apapun vonis hakim harus kita hormati bersama. Kalau bukan kita yang hormati siapa lagi. Kalaupun nanti ada proses banding, itu hak hukum mereka," kata Dude Harlino, di SCTV Tower, Jakarta Pusat, Selasa (9/5/2017).

Suara Lantang Ari Wibowo dan Kemarahan Shanty

Sebelum sidang berlangsung, Ari Wibowo sempat menuliskan doa penyemangat bagi Ahok. Ari yang sedari awal Pilgub DKI konsisten mendukung Ahok, seakan ingin memberikan amunisi bagi hati ahok untuk tetap tegar. Mengantarkan langkah kakinya menuju kursi terdakwa dalam persidangan yang mendapatkan banyak perhatian masyarakat Indonesia, bahkan sebagian dunia.

Manusia hanya bisa berdoa dan berencana, namun Tuhan pula yang menentukan segalanya. Ahok tetap diputuskan bersalah dan harus menjalani masa hukuman selama dua tahun. Lebih berat dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang hanya meminta Ahok dihukum satu tahun masa percobaan.

 

"RIP Indonesian Justice System! Semoga ibu Vero dan anak-anaknya diberikan ketabahan dan kekuatan atas perlakuan tidak adil ini. Atas nama warga DKI, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas fitnahan ini," tulis Ari Wibowo dalam postingan di akun instagramnya.

Kemarahan para pendukung Ahok bukan hanya datang dari Tanah Air. Penyanyi Shanty yang menetap di Hongkong juga mengungkapkan amarahnya melalui akun instagramnya.

"Belum pernah semarah ini menyaksikan salah satu anak bangsa Indonesia terbaik divonis penjara, dan putusan hakim yang jauh melebihi tuntutan Jaksa. I know politics is dirty. It has many faces. It's never black and white. Anything to take down the opponent. Sadly, someone has to be sacrificed," ungkap Shanty dalam keterangan foto yang diunggahnya, Selasa (9/5/2017).

Ari Wibowo dan Shanty, mungkin mewakili amarah banyak pihak yang merasa Ahok diperlakukan tidak adil lantaran dianggap banyak tekanan dalam kasus tersebut.

Curhat Luna Maya dan Respek Young Lex Terhadap Ahok

Beberapa saat usai sidang vonis Ahok berakhir, melalui akun twitter-nya, Luna Maya langsung mengurai kata dari isi hatinya. Kekecewaannya jelas terhadap persidangan yang dianggap penuh nuansa politis tersebut.

"Saya sedih bukan karena Pak Ahok dan semua ini. Saya sedih karena kita sebagai manusia, value yang diajarkan kepada kita dari kecil sudah tidak ada artinya. Value Yes value of Liffe, mati! And I hope kita sebagai manusia, jangan kehilangan value kita. Pembelajaran buat saya hari ini dan membuat saya menjadi orang yang lebih baik, insha Allah. Amin," tulis Luna Maya.

Luna Maya. (Adrian Putra/Bintang.com)

Jika ada artis yang mengungkapkan kekecewaan, amarah serta curahan hatinya atas kasus yang menimpa Ahok, Young Lex punya cara berbeda untuk menunjukkan dukungannya pada pemilik nama lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu.

Sebuah tato bergambar wajah Ahok dijanjikan melekat di tangan kanannya sebagai bentuk respek terhadap sosok yang dianggap Young Lex sudah berjasa untuk Jakarta tersebut.

Young Lex berjanji akan membuat tato wajah Ahok di tangannya. (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Gue akan tatto wajah pa @basuki_btp di lengan kanan gue! ! RESPECT BUAT LEGEND!!!" demikian bunyi caption yang ditulisnya pada Selasa (9/5/2017). Selain itu, dia juga mengunggah foto tangan kanan yang masih polos, namun tak lama lagi akan ditato dengan gambar Ahok.

Apa yang terjadi memang sudah suratan takdir. Tentu ada hal yang mungkin tidak dipahami manusia atas keputusan Yang Maha Kuasa. Namun sejatinya, semua pihak bisa menghormati hasil sidang vonis Ahok yang sudah terjadi.

What's On Fimela
Loading