Sukses

Entertainment

Fakta-fakta Perjuangan Rachel Amanda Hadapi Kanker Tiroid

Fimela.com, Jakarta Kanker belakangan memang menjadi momok yang sangat menakutkan untuk banyak orang. Setelah meninggalnya Renita Sukardi, Yana Zein, dan Julia Perez, kini bintang muda Rachel Amanda berbagi pengalamannya soal melawan penyakit kanker.

Bintang 22 tahun ini didiagnosa mengidap penyakit kanker tiroid pada tahun 2014, saat usianya masih 19 tahun. Tentunya tak ada yang menyangka dia akan mengidap penyakit ganas di usia semuda itu.

Awal Mula Kanker Amanda

Kanker yang diderita Amanda pertama kali diketahui lewat benjolan di bagian leher. Saat itu, justru sang mama yang melihat keanehan itu. Saat itu juga Amanda disarankan untuk pergi ke dokter.

"Pas tahu kena kanker tiroid, saya jadi benci banget kalau bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Dua waktu itu justru membuat saya tersadar. 'Oh, saya ini mengidap kanker tiroid.' Pikiran itulah yang suka muncul," jelas Manda sebagaimana dilansir dari Liputan6.com.

Rachel Amanda (Nurwahyunan/Bintang.com)

Gara-gara penyakit kanker tiroid ini, Rachel Amanda mengalami penurunan berat badan secara terus menerus. Leher yang membengkak juga membuatnya sulit makan, sehingga mempengaruhi asupan gizi yang masuk tubuhnya.

Hari-hari Bersama Kanker

Gejala

Penyakit yang diderita Rachel Amanda ini jelas sangat mengganggu mobilitasnya. Bagaimana tidak, dia sering merasakan jantungnya berdebar-debar, dan tidak kuat terlalu lama berdiri. 

"Jantung saya juga deg-degan dan enggak kuat berdiri lama-lama. Lalu saya diperiksa dan dikasih obat sama dokter. Yang bikin kaget itu ternyata di kelenjar tiroid saya ada tumor ganas (kanker). Sel-sel kanker sudah menyebar di kelenjar tiroid saya. Akhirnya, dokter menyuruh operasi," ungkap Manda.

Rachel Amanda (Galih W. Satria/Bintang.com)

Jenis Kanker Amanda

Amanda sendiri diketahui mengidap kanker tiroid papiler, dan merupakan jenis yang umum diderita pasien. Dampak yang ditimbulkan dari kanker ini adalah rasa takut dan cemas. Hal itu pun juga diakui oleh Amanda.

"Pas tahu kena kanker tiroid, saya jadi benci banget kalau bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Dua waktu itu justru membuat saya tersadar. 'Oh, saya ini mengidap kanker tiroid.' Pikiran itulah yang suka muncul," jelas Rachel Amanda.

 

Badai Pun Berlalu

Penyembuhan

Walau kata kanker terdengar menyeramkan, namun Rachel Amanda justru berusaha keras untuk bangkit. Berusaha mencari informasi sebanyak mungkin tentang penyakit ini, akhirnya dia bertemu dengan komunitas survivor kanker.

Akhirnya, dia pun memberanikan diri untuk memeriksakan diri ke dokter. Setelahnya, dia menjalani operasi. Sempat kehilangan suara pasca menjalani operasi, akhirnya dia pun mendapatkan kesembuhan.

Rachel Amanda (Galih W. Satria/Bintang.com)

"Intinya, patuhi saja apa kata dokter. Jalani pengobatan dan perawatan sesuai saran dokter. Cara ini bisa bikin kita terselamatkan. Ya, pokoknya, jangan cemas," tutupnya.

Dukungan Orang Dekat

Salah satu hal yang membuat Rachel Amanda berhasil melalui masa-sama sulit adalah dukungan orang dekat. Keluargnya selalu memberikan semangat agar tidak takut menjalani operasi demi kesembuhan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading