Sukses

Entertainment

5 Girlband K-Pop yang Resmi Bubar di Tahun 2017

Fimela.com, Jakarta Sejak demam k-pop melanda, berbagai suguhan pun ditampilkan mulai dari konsep solo hingga grup. Salah satu yang menarik perhatian adalah format girlband yang biasanya digambarkan oleh beberapa personel yang cantik dan seksi.

Namun girlband k-pop tidak melulu hanya soal penampilan dan fisik, tapi juga keren untuk urusan musikalitas. Biasanya, agensi memilih personel untuk ambil bagian dalam vokal dan rap.

Satu hal yang sulit dipungkiri adalah konflik-konflik yang kerap menyerang tubuh sebuah girlband. Seperti beberapa personel yang terkadang begitu asyik bersolo karier atau masalah-masalah internal lain. Jika tidak sanggup bertahan, keutuhan grup pun menjadi taruhannya.

Di tahun 2017 ini contohnya, telah ada sederet nama girlband k-pop yang terpaksa harus bubar karena berbagai alasan. Siapa sajakah mereka? Yuk simak rangkumannya seperti berikut ini.

1. Wonder Girls

Wonder Girls (Twitter/WonderGirls)

Girlband yang bernaung di bawah agensi JYP Entertainment ini memulai debut tahun 2007 lalu. Awalnya, Wonder Girls dilengkapi 7 personel, namun Hyuna hengkang akhir 2007, kemudian Sunye dan Sohee menyusul di tahun 2015.

Kendati demikian, Wonder Girls masih sanggup bertahan dan menyisakan 4 personel yakni Yeeun, Sunmi, Hyerim, dan Yubin. Sayangnya, negosiasi kontrak yang tidak berhasil dengan beberapa personel akhinya membuat Wonder Girls resmi bubar pada 26 Januari 2017. Mereka merilis single terakhir pasca bubar bertajuk Draw Me pada 10 Februari 2017.

2. SISTAR

SISTAR (AFP/PHILIPPE LOPEZ)

SISTAR memulai debut dengan lagu bertajuk Push Push pada 3 Juni 2010. Sejak terbentuk, girlband yang bernaung di agensi Starship Entertainment ini konsisten digawangi oleh Hyolyn, Soyou, Bora, dan Dason.

Setelah 7 tahun bersama, SISTAR tiba-tiba membuat heboh dengan mengumumkan bahwa mereka akan bubar. Kabar tersebut juga dibenarkan oleh agensi mereka.

"SISTAR akan secara resmi mengakhiri 7 tahun promosinya sebagai grup dengan album terakhir pada 31 Mei. Label kami dan SISTAR telah bicara panjang, dan akhirnya kami sepakat untuk membubarkan SISTAR," tulis Starship Entertainment (23/5) lalu.

3. SPICA

SPICA (AFP/MARK RALSTON)

Meski tidak setenar Wonder Girls atau SISTAR namun, SPICA sempat merilis pre-debut single Doggedly pada 10 Januari 2010. Kemudian mereka akhirnya resmi memperkenalkan debut mini album bertaju Russian Roulette pada 8 Februari 2012.

Berada di bawah naungan CJ E&M dan B2M Entertainment, SPICA konsisten beranggotakan Kim Boa, Park Narae, Kim Bohyung, Yang Jiwon, dan Park Sihyun. Sempat vakum beberapa tahun, SPICA comeback dengan merilis single Secret Time tahun 2016 lalu. Namun pada 6 Februari 2017, CJ E&M mengumumkan bahwa SPICA telah resmi bubar.

Menanggapi bubar, salah satu personel Narae menyampaikan pernyataan yang cukup mengejutkan. "Bukan bubar. Kami hanya ingin mengucapkan selamat tinggal pada agensi kami dan masing-masing mencari label baru. Jika diberi kesempatan di masa depan, kami akan merilis album bersama, tapi saat ini kami fokus pada aktivitas individu," ungkap Narae pada Selasa (7/2/2017).

4. Chocolat

Chocolat (via Asiachan)

Agensi Paramount Music mengumumkan Chocolat ke publik sebagai girlband dengan personel ras campuran pertama yang debut di Korea Selatan pada 2 Agustus 2011 lalu. Sempat mendapat respon kurang baik di awal namun, Chocolat tetap bertahan dan merilis MV Syndrome pada 16 Agustus dan singlenya pada 17 Agustus.

Girlband yang beranggotakan Min Soa, Juliane Alfieri, Tia Jasmine Hwang Cuevas, Melanie Aurora Lee, dan Lee Euijung ini ternyata sudah tidak aktif sejak 2013. Pada 3 Februari 2017 Tia resmi keluar dari Chocolat. Kemudian, Melanie menegaskan dalam sebuah wawancara bahwa kontrak mereka telah berakhir pada Februari 2017 dan resmi bubar.

5. I.O.I

I.O.I (via Koreaboo)

Berbeda dari dari keempat girlband di atas, I.O.I merupakan jebolan program Produce 101 tahun 2016 lalu. Sejak awal, mereka memang tidak dibentuk dalam jangka panjang dan menyelesaikan masa promosi kurang dari satu tahun.

Adapun ke-11 personel girlband I.O.I adalah Lim Nayoung, Kim Chungha, Kim Sejeong, Jung Chae Yeon, Zhou Jieqiong, Kim So Hye, Yu Yeonjung, Choi Yoo Jung, Kang Mina, Kim Doyeon, dan Jeon Somi. Mereka tampil dalam konser terakhir bertajuk Time Slip – I.O.I pada 22 Januari 2017. Single Downpour juga menjadi single perpisahan mereka untuk fans.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading