Sukses

Entertainment

Editor Says: Warungboto, Lokasi Pemotretan Kahiyang Ayu-Bobby

Fimela.com, Jakarta Bertandang ke Yogyakarta kurang lengkap jika tak berkunjung ke Warungboto. Sebuah situs bersejarah yang belakangan namanya mendadak mencuat ke permukaan. Hal itu terjadi usai putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, bersama Bobby Nasution, melakukan pemotretan pranikah di tempat tersebut.

Terletak di Jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, situs ini awalnya sebuah pesanggrahan. Sebuah petilasan yang mulai dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I dan pembangunannya dilanjutkan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II.

Kahiyang Ayu dan Boby Nasution (Instagram/@ayangkahiyang)

Pesanggrahan atau tempat pesiar merupakan tempat peristirahatan bagi raja beserta kerabatnya. Pesanggrahan memiliki fungsi utama berkaitan dengan ketenangan dan kenyamanan untuk tempat peristirahatan. Seperti ditulis dalam situs Badan Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta, pesanggrahan umumnya dilengkapi dengan taman, segaran, kolam, kebun, dan fasilitas untuk kepentingan religius.

Sultan Hamengku Buwana II dikenal sangat menyukai dan membangun banyak pesanggrahan sejak menjadi Putra Mahkota sampai masa pemerintahannya. Oleh karena itu, beliau juga dikenal sebagai “Raja pembangunan pesanggrahan”.

Situs Warungboto sebelum direnovasi (Instagram/@situs_warungboto)

Situs Warungboto aslinya bernama Pesanggrahan Rejawinangun. Awalnya pesanggrahan ini adalah sebuah pemandian karena di tempat tersebut pada waktu itu ada sebuah umbul atau sumber mata air. Situs warungboto sebelumnya sempat terbengkalai selama puluhan tahun, sampai akhirnya dipugar oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta.

Sejak Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution melakukan pemotretan pranikah, nama Warungboto pun makin terkenal. Wisatawan pun makin penasaran untuk mengunjungi situs tersebut.

Ramai Pengunjung

Jika biasanya Warungboto hanya dikunjungi puluhan orang, sejak Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution melaukan foto pranikah  jumlah pengunjung mencapai ratusan. Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (5/11/2017), pengunjung juga tak mau ketinggalan berfoto di titik-titik lokasi Kahiyang dan Bobby melakukan pemotretan pranikah.

Di antaranya di area kolam yang berada di bagian tengah ruangan dan tangga di sisi kiri situs. Dalam foto pranikah yang diunggah Kahiyang, ia dan Bobby terlihat serasi. Kahiyang mengenakan busana merah, begitu juga dengan Bobby yang mengenakan kemeja merah. Di bahu kanan mereka diletakkan sebuah ulos yang indah.

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution saat pemotretan pranikah di Warungboto (Instagram/@rio_yapari)

Berbeda dari yang lain, busana yang dikenakan Kahiyang dan Bobby lebih mengeksplorasi khazanah budaya Indonesia melalui busana yang mereka kenakan. Mereka lebih memilih busana adat dalam prosesi pemotretan pranikah tersebut.

Sejumlah warganet pun penasaran dengan lokasi yang digunakan untuk pemotretan pranikah tersebut. Mereka pun menanyakan di mana lokasi tersebut.

Situs Warungboto (Instagram/@stepinside.id)

"Prewednya di situs warung boto???" tanya akun @rohmi_my. "Halo Mba Ayang..ini lokasi fotonya di mana ya???" tanya akun @meysya_tanzen.

Jika Anda tertarik dengan membuat foto pranikah seperti Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, tak ada salahnya bila bertandang ke Warungboto. Bagaimana?

 

Komarudin

Editor Kanal Celeb

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading