Sukses

Entertainment

Keistimewaan 5 Makanan Utama di Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby

Fimela.com, Jakarta Gelaran pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution membuat Medan menjadi sorotan warga Nusantara. Bagaimana tidak, sementara kebanyakan muda-mudi Indonesia cenderung bersikap kebarat-baratan, pasangan ini justru dengan telaten melakoni berbagai prosesi pesta adat, baik Solo maupun Medan.

Pesta adat Mandailing, salah satu suku di Medan, kini sedang digelar dan menampilkan berbagai prosesi yang mungkin sudah mulai ditinggalkan warga. Ada banyak hal yang jadi perhatian dalam acara ini, salah satunya makanan yang disediakan di pesta.

 

Hidangan yang tersaji di acara ini memang benar-benar dibuat khas Medan. Dari sekian banyak daftar menu yang disediakan Putri Catering, selaku pihak yang ditunjuk untuk menyediakan makanan untuk undangan, ada beberapa yang sangat ikonik.

Makanan seperti daging sapi sopirok, ikan sale, dan ikan mas adalah beberapa hidangan yang menjadi menu utama dalam pesta adat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Makanan itu akan kita temui saat resepsi mereka nanti.

Tak hanya sekedar makanan catering biasa, lima makanan yang akan kita bahas dalam artikel ini ternyata memiliki keunikan luar biasa. Makanan khas apa saja yang dimaksud? Di mana mencarinya? Kenapa pula makanan itu harus ada di pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution? Simak ulasan berikut ini!

Sop Daging Sipirok

Makanan yang satu ini bisa dibilang sebagai primadona di pesta pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Pasalnya, Sop daging Sipirok memang menjadi menu yang paling dicari di kota Medan. Dibuat dengan bumbu rempah khas Medan, sop dengan aroma harum daging sapi ini siap menggoda siapa saja yang mencium baunya.

Selain bumbu, teknik pengolahan memang menjadi salah satu faktor yang membuat sop ini sangat istimewa. Sebagaimana diungkapkan oleh Baby Nasution, pemiliki catering yang dipercaya Kahiyang dan Bobby untuk menyediakan makanan di pernikahan mereka, daging yang digunakan dalam sup ini harus melalui proses memasak selama beberapa hari.

Adapun, di kota Medan ada satu tempat yang cukup terkenal menyajikan makanan ini, yaitu rumah makan Sipirok di kawasan Jalan Sikambing. Namun siapapun yang ingin menikmati makan siang di sini memang harus cepat karena peminatnya sangat membludak sehingga seringkali sold out hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Ikan Sale

Selain sop daging Sipirok, menu lain yang tak kalah ditunggu adalah ikan Sale yang dimasak dengan sambal dan gulai. Jika kalian tidak punya kesempatan menikmati makanan ini di pesta pernikahan Kahiyang dan Bobby, maka kalian bisa mencicipi kenikmatannya di Rumah Sidimpuan, Medan. Ada dua jenis masakan ikan Sale yang disediakan di rumah makan ini.

Ikan Sale itu memang sekilas kaya ikan lele, padahal itu ikan limbad yang ada khusus di Tapanuli Selatan. Prosesnya panjang sampai dia menjadi sale. Ikan limbad segar diasap, istilahanya smoked fish, dalam waktu paling cepat dua hari tergantung cuaca. Kalau panas dua hari, kalau mendung bisa 2-4 hari,” ungkap pak Surya, selaku pengelola rumah makan Sidimpuan.

“Setelah diasap kemudian kadar air dalam ikan sudah tinggal 2-3 persen baru bisa disajikan sebagai ikan sale. Memang ga bisa langsung dari ikan segar jadi masakan, harus diproses dulu. Ada supllier khusus yang memproduksi sale dan khusus dipesan RM Sidimpuan ini,” lanjutnya.

 

Ikan Mas

Mungkin ikan mas bukan makanan yang asing untuk kalian. Namun jika ernah menikmati sajian ikan mas khas Medan, maka kalian akan merasakan betapa makanan yang satu ini benar-benar berbeda.

Seperti halnya ikan Sale, sajian ikan mas yang nikmat juga bisa ditemukan di rumah makan Sidimpuan. Masakan ikan mas di tempat ini cukup berbeda karena menghadirkan ikan mas langsung dari danau Toba.

“Ikan mas Sidimpuan ini tidak seperi makanan pada umumnya di Medan. Kami biasanya mengambil ikan dari danau Toba langsung, karena ikan dari sana tak ada yang bau tanah. Ikan mas umumnya di Medan, kita udah coba, masih ada rasa, bau, dan aroma tanah. Selain itu, ikan dari toba duri dalam dagingnya lebih sedikit dibanding ikan emas umumnya di Medan. Bumbunya juga memang 80 persen menggunakan repah-rempah Medan,” ungkap pak Surya.

Ubi Tumbuk

Jika kalian pergi ke Medan, maka ubi tumbuh akan menjadi santapan utama dalam berbagai hidangan. Pada dasarnya, makanan ini adalah daun singkong yang diolah dengan berbagai bumbu khas Medan. Salah satu bumbu utama dalam masakan ini adalah kincung.

“Ubi tumbuk kami jauh beda daripada masakan umumnya di Medan. Biasanya kami memasaknya dengan bumbu cita rasa Medan, daun ubinya sendiri dipilih yang muda, kemudian ada tambahan kincung, yang memberikan aroma khusus. Bentuknya lonjong,” jelas pak Surya.

Sambal Teri

Walau hanya menjadi menu pelengkap, nyatanya sambal teri memang menjadi salah satu favorit masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di Medan. Sambal teri bisa ditemukan di manapun, baik dalam olahan basah maupun kering.

“Sambal teri siapapun bisa masak, tapi ada beberapa hal yang orang lain tak bisa sama seperti di sini. Pengolahan itu sama sekali tak ada penyedap. Murni dengan rempah. Bahannya teri muda yang besar tambah kacang tanah, bawang batak, dan bumbu standard seperti, bawang dan cabai merah,” lanjut Pak Surya.

Selain hidangan utama yang dijabarkan di atas, ragam hidangan lain juga membuat semarak suasana di pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby. Adapun masakan yang ada di acara tersebut terlah dipersiapkan pihak catering untuk 10 ribu orang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading