Sukses

Entertainment

Bukan Titanic, Ini 6 Film Hollywood dengan Dana Produksi Termahal

Fimela.com, Jakarta Sebagai pusat perfilman dunia dan jadi impian banyak orang, Hollywood masih banyak membuat film berbiaya mahal. Biasanya film bergenre action atau fiksi-ilmiah memakan banyak biaya, terutama untuk penggunaan spesial efek dan CGI.

Dengan biaya besar maka bisa ditampilkan adegan-adegan spektakuler dan mencengangkan berkat bantuan teknologi canggih dan para ahli di bidangnya. Begitu juga dengan sejumlah film superhero yang belakangan ini makin sering dibuat. 

Film Justice League. (amazonaws.com)

Film superhero seperti The Avengers, Spider-Man, Iron Man, Batman, Wonder Woman, Superman, X-Men memang butuh biaya tinggi agar bisa menghasilkan adegan-adegan keren dan memukau. Namun film drama seperti Titanic juga butuh biaya besar karena juga menghadirkan banyak adegan spektakuler.  Belum lagi biaya yang dibutuhkan untuk menggaet orang-orang terbaik di bidangnya.

Ditambah lagi para bintang papan atas untuk menambah daya tarik sebuah film. Tentunya tak lupa biaya promosi. Semua studio besar atau major studio hampir selalu mengeluarkan biaya besar untuk melakukan promosi. Hasilnya, banyak yang menangguk untung, tapi ada juga yang mengalami kerugian.

Tentu itu sudah jadi resiko dalam membuat film. Lalu film apa saja yang biaya produksi paling besar? Apakah mereka meraih untung atau sebaliknya? Apakah film superhero termasuk di dalamnya?Berikut ini ada enam film Hollywood dengan biaya produksi termahal, dan ternyata Titanic tidak termasuk dalam daftar.

1. Spider-Man 3

Tobey Maguire, pemeran Spider-Man di tiga film Spider-Man. foto: Looper

Film Spider-Man 3 (2007) yang dibintangi Tobey Maguire dan Kirsten Dunst memakan biaya produksi sebesar 258 juta dolar AS. Selama masa produksi, Sony Pictures Imageworks membuat 900 efek visual yang jadi salah satu alasan kenapa biaya film superhero Marvel ini sangat tinggi.

Hasilnya, meski banyak dikritik Spider-Man 3 meraih pemasukan 890 juta dolar AS, menjadikannya film Spider-Man terlaris dan film trilogi terlaris sepanjang masa.

2. Tangled

Rapunzel dalam Tangled (Disney)

Film animasi juga bisa memakan biaya yang sangat besar karena sangat bergantung pada penggunaan teknologi. Sampai saat ini film animasi termahal adalah Tangled (2010). Film produksi Disney yang awalnya berjudul Rapunzel ini diproduksi dalam waktu enam tahun karena memadukan teknologi CGI dengan animasi klasik plus teknolohi kreasi foto yang sangat mahal dan pelik pembuatannya.

Hasilnya, Tangled meraih pemasukan 591 juta dolar AS. Meraih untung besar tapi masih kalah jauh dari Frozen yang masih menjadi film animasi terlaris sepanjang masa dengan raihan 1,287 miliar dolar AS.

3. Justice League

Justice League ( Warner Bros/ IMDb)

Rekor film superhero termahal untuk saat ini dipegang oleh Justice League yang baru saja dirilis beberapa pekan lalu. Film kumpulan superhero DC ini memakan biaya 300 juta dolar AS. Selain penggunaan teknologi yang mahal, biaya film makin membengkak karena pergantian sutradara dari Zack Snyder ke Joss Whedon sehingga ada beberapa adegan tambahan yang harus melalukan syuting ulang.

Hasilnya, sejauh ini belum terlalu menggembirakan karena baru meraih 482 juta dolar AS sampai dengan 27 November kemarin dan hanya satu pekan menduduki puncak tangga box office AS.

4. Pirates of the Caribbean: At World’s End

Sebuah kota kecil dari abad ke-18 yang dibangun di Australia bakal menjadi lokasi film Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales.

Film ketiga dari seri Pirates of the Caribbean ini termasuk jajaran film dengan biaya produksi termahal. Pirates of the Caribbean: At World’s End (2007) yang dibintangi Johnny Depp memakan biaya sampai 300 juta dolar AS. Hasilnya, film yang banyak menampilkan teknologi dan efek visual memukau ini meraih pemasukan 960 juta dolar AS dan menjadi film terlaris di tahun 2017.

5. Cleopatra

Elizabeth Taylor. Aktris yang memenangkan dua penghargaan Academy Awards ini memiliki dua dari tujuh perceraian yang berasal dari Richard Burton setelah perselingkuhannya dengan Marc Anthony di set ‘Cleopatra’. (AFP/Bintang.com)

Film klasik di tahun 1963 ini ternyata masih termasuk dalam jajaran film degan biaya produksi termahal sepanjang masa. Cleopatra yang dibintangi pasangan Elizabeth Taylor dan Richard Burton di masa keemasannya ini sebenarnya biaya produksinya 44 juta dolar AS, tapi kalau dihitung dengan nilai dolar di tahun 2016 mencapai 344 juta dolar AS.

Hasilnya, film yang sempat membuat 20th Century Fox nyaris bangkrut ini ternyata hanya meraih pemasukan 57,7 juta dolar AS (setara 451 juta dolar AS). Meski hasilnya kurang memuaskan, Cleopatra meraih empat piala di ajang Oscar 1964.

6. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides

Pirates of the Caribbean

Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011) adalah film keempat dari seri Pirates of the Caribbean yang dibintangi Johnny Depp. Film ketiga ini memakan biaya produksi sangat besar yaitu 379 juta dolar AS dan masih memegang rekor sebagai film Hollywood dengan biaya produksi termahal.

Hasilnya, meski mendapat banyak kritikan film yang banyak menampilan spesial efek memukau ini meraih pemasukan 1,045 miliar dolar AS dan berada di peringkat ke-23 film terlaris sepanjang masa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading