Sukses

Entertainment

Tom Cruise dan 5 Artis Hollywood yang Mengidap Disleksia

Fimela.com, Jakarta Sebanyak 15 hingga 20 persen penduduk dunia mengidap disleksia. Federasi Neurologi Dunia menjelaskan, disleksia sebagai sebuah gangguan manifestasi kesulitan dalam belajar membaca di luar instruksi konvensional, kecerdasan memadai, dan kesempatan untuk bersosialisasi.

Para pengidap disleksia secara fisik tidak terlihat berbeda. Bahkan, pada sejumlah kasus, penderita disleksia memiliki kecerdasan di atas rata-rata yang berarti membuat mereka dapat melakukan banyak pekerjaan.

Tom Cruise dan lima selebriti Hollywood di bawah ini ternyata mengidap disleksia. Yuk, simak kisahnya.

1. Tom Cruise

Sebagai aktor papan atas Hollywood, Tom Cruise ternyata mengidap disleksia. Cruise menyadari dirinya mengidap disleksia sejak usia tujuh tahun. Namun, kala itu ia mencoba menyembunyikan dari rekan-rekannya dan menggambarkan dirinya sebagai orang yang 'buta huruf fungsional'.

Hingga sekolah menengah atas, Cruise memang kesulitan dalam membaca. Namun, saat dirinya mulai jatuh cinta pada akting di usia 19 tahun, Cruise menyadari, jika ketidakmampuannya membaca akan menahan kariernya. Ia pun mengadopsi metode pembelajaran L. Ron Hubbard.

"Saya harus melatih diri untuk memusatkan perhatian saya, saya menjadi sangat visual dan belajar bagaimana menciptakan citra mental untuk memahami apa yang saya baca," kata Tom Cruise.

2. Orlando Bloom

Sama seperti Tom Cruise, Orlando Bloom juga didiagnosis menderita disleksia saat usianya tujuh tahun. Mantan kekasih Katy Perry ini pun akhirnya menguasai membaca dengan keras di sekolah drama, yang malah menjadi keberuntungannya hingga sekarang.

"Kado dari disleksia adalah saya mempelajari apapun karena sebab dan akibat. Saya harus belajar segalanya sehingga saya tidak mengalami demam panggung atau garis tidak akan jatuh dari pikiran saya," ungkap Orlando Bloom.

3. Keira Knightley

Bintang film Pirates of the Caribbean, Keira Knightley, didiagnosa mengidap disleksia saat usianya enam tahun. Namun, ia tak menyerah begitu saja. Justru disleksia itu memacunya untuk mendapatkan nilai terbaik semasa sekolah.

"Saya mendorong diri saya untuk menghentikan disleksia dan ketika saya menyelesaikan sekolah, saya memiliki nilai tertinggi," tutur Keira Knightley.

4. Steven Spielberg

Akibat disleksia, Steven Spielberg pernah mengalami intimidasi hingga takut pergi ke sekolah. Bukannya terpuruk, Steven justru bangkit dan berjuang untuk belajar lebih keras lagi. Kini, ia dikenal sebagai salah satu filmmaker yang melegendaris. Beberapa karya Steven seperti Indiana Jones, E.T., Saving Private Ryan, dan Jurassic Park.

5. Keanu Reeves

Keanu Reeves tak bisa menyelesaikan pendidikan lantaran disleksia yang diidapnya. "Karena saya memiliki masalah membaca, saya tidak bisa jadi murid yang baik. Saya tidak dapat menyelesaikan sekolah menengah atas. Saya banyak berpura-pura sebagai anak kecil. Itulah cara saya mengatasi kenyataandalam diri saya sendiri," ungkap Keanu.

6. Cher

Tak banyak yang tahu, jika Cher mengalami masalah disleksia sepanjang hidupnya. Saat masih sekolah, sang guru hanya menganggap Cher kurang berusaha.

"Ketika saya di sekolah, itu sangat sulit. Hampir semua yang saya pelajari, saya harus belajar dengan mendengarkan. Kartu laporan saya selalu mengatakan bahwa saya tidak memenuhi kompetensi," ujar Cher, yang mengaku disleksia membuatnya kesulitan dalam membaca skrip film.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading