Sukses

Entertainment

Metamorfosa Matt Damon, Korban DO Harvard yang Kuasai Hollywood

Fimela.com, Jakarta Selama dua dekade terakhir, sosok Matt Damon cukup sering mewarnai layar lebar. Aktor kelahiran Cambridge, 8 Oktober 1970 itu tercatat sudah membintangi puluhan judul film box office, sebut saja Good Will Hunting, Interstellar, Stuck on You, The Martian, Jason Bourne dan masih banyak lagi.

Atas dedikasinya, kemampuan akting Damon pun sudah diganjar berbagai jenis penghargaan bergengsi perfilman. Ia tercatat sudah lima kali masuk sebagai nominator Oscar, tujuh kali ajang Golden Globes, dua kali British Academy Film Awards dan enam kali Emmy Awards.

Tak heran jika, pemilik nama lengkap Matthew Paige Damon itu pun dilabeli sebagai bankable stars, atau bintang paling berkarismatik yang mampu mendongkrak popularitas sebuah film. Pada tahun 2017 lalu, Forbes pun memasukan Damon dalam daftar 20 aktor dengan bayaran tertinggi, sebesar 21 juta USD.

Matt Damon ternyata memiliki masa kecil yang penuh perjuangan. Sejak usianya dua tahun, Damon harus menghadapi kenyataan jika kedua orangtuanya bercerai. Ia yang ikut bersama ibunya itu pun tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan cerdas. Meski tak dipungkiri, Damon sempat menjadi remaja yang pendiam dan krisis identitas.

Sejak duduk di bangku sekolah dasar hingga menengah atas, Damon selalu masuk dalam jajaran siswa dengan nilai terbaik. Tak heran, jika ia pun berhasil diterima sebagai salah satu mahasiswa Harvard University, yang notabene diincar banyak siswa di seluruh dunia.

Sayangnya, Damon harus didrop out (DO) dari Harvard University, lantaran kesibukannya di dunia akting. Ia bersama rekan teater di SMA, Ben Affleck, diketahui berhasil mendunia, bahkan meraih piala Oscar 1998, karena skrip Good Will Hunting. Skrip tersebut mereka tulis ketika menyelesaikan tugas bahasa Inggris di Harvard.

"Apa yang terjadi adalah saya saat itu akan datang lagi, dan saya menyelesaikan semester, tapi saya dikeluarkan," kenang Matt Damon.

Seperti dikutip Metal Floss, Damon pun tak berniat untuk menyelesaikan gelar sarjananya yang tertunda. "Saya merasa sudah mendapatkan semua yang saya butuhkan dari pengalaman itu," katanya.

Selain aktor, Damon juga pernah menjajal profesi sebagai dubber satu film animasi dan satu film dokumenter. Selain itu, pria yang memiliki skor IQ setara Stephen Hawking dan Albert Einstein itu sudah memproduseri puluhan film layar lebar dan serial televisi.

Soal kehidupan pribadi, Matt Damon melabuhkan hatinya pada sosok wanita asal Argentina, Luciana Bozán Barroso, pada 9 Desember 2005. Mereka pun telah dikaruniai tiga anak, serta satu anak dari pernikahan Luciana sebelumnya.

Seperti kebanyakkan bintang dunia lainnya, nama Matt Damon pun sudah dikukuhkan di Hollywood Walk of Fame pada 25 Juli 2007 lalu. Di usianya yang sudah hampir setengah abad, Matt Damon memang masih aktif dan kian berkarisma saja, ya!

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading