Sukses

Entertainment

5 Alasan Film Horor Syirik Layak Ditonton

Fimela.com, Jakarta Film dengan genre horor semakin menjamur belakangan ini. Namun tak seperti menjamurnya film horor beberapa tahun silam dengan sisi cerita yang standar namun dibumbui oleh keseksian para pemainnya. Dan film Syirik menjadi salah satu judul yang siap tayang di tahun 2018 ini.

Meski tak mendapuk bintang-bintang papan atas, namun film yang dibintangi oleh Nadhira Hills, Guntur Triyoga, Mitha The Virgin, Farid Ongky, dan lainnya ini tetap optimis bisa mendapatkan pasar pecinta film horor.

"Sebenarnya dari awal kita nggak mau yang namanya sudah terkenal. Justru kita mau ambil (pemain) yang sedang mematangkan karier dalam dunia film," kata Farid Ongky di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/1/2018).

Mitha the Virgin (Adrian Putra/Bintang.com)

Pasalnya, menurut sutradara sekaligus pemain, Farid Ongky, film Syirik berbeda dengan film horor lainnya. Satu hal yang menjadi andalan dari film yang akan dirilis pada 1 Februari 2018 mendatang adalah sisi cerita.

Film ini berkisah tentang Lady (Nadhira Hills) yang merupakan keturunan ke-7 yang terkena imbas atau korban dari perjanjian buyutnya dengan iblis. Sementara suaminya, Romi (Guntur Triyoga) merupakan sosok yang jauh dari Tuhan, kehidupannya labil dan mudah putus asa.

Lady pun berusaha lari dari iblis yang mencoba untuk mengambil janin yang dikandungnya. Sampai akhirnya dirinya bertemu dengan Marwan (Farid Ongky), kawan lamanya yang sekarang menjadi ustadz sekaligus ahli ruqyah syar'iyah.

"Kalau saya sih yakin kepada cerita ya, bukan hanya memajang wajah-wajah terkenal saja, karena ada beberapa film yang kemarin dengan bintang terknal, promosi di mana-mana tapi biasa saja (penontonnya)," lanjutnya.

Kepada penonton, sutradara dan para pemain pun memberikan nilai plus kenapa film ini layak menjadi tontonan. Apalagi ketika film Syirik ini digadang sama dengan film horor produksi Malaysia, Munafik. "Kami bilang berbeda. Kita buktikan saja nanti di bioskop," tukas Farid Ongky. Berikut 5 alasan film Syirik layak ditonton. 

1. Film Syiar

Tak banyak cerita horor yang justru memberikan syiar agama. Namun, film Syirik mencoba memberikan syiar dalam cerita yang dikandungnya. Syirik merupakan dosa terbesar yang tak diampuni oleh Tuhan sebelum pelaku bertaubat.

Dalam film ini juga ada tuntunan bagaimana melakukan ruqyah secara syar'i, sesuai dengan ajaran Islam. "Ini adalah syiar supaya penonton bisa melihat kalau menduakan Tuhan akibatnya akan seperti ini," ujar Farid Ongky.

"Observasinya agak lama juga ya, kebetulan kami dibantu sama teman-teman PBNU, interview dengan mereka sebenarnya apa sih ruqyah syar'iyah, apa memang benar-benar ada orang seperti itu. Dan memang benar ada dan dari Alquran dan hadist juga kita berani ungkapkan isi dari skenario ini jadi basicnya juga Al-Quran dan hadist sebenarnya," lanjutnya.

 

2. Nonton Film Sekaligus Beramal

Menurut Mitha The Virgin, film ini akan menjadi salah satu cara bagi penonton untuk beramal. Karena dalam setiap pembelian tiket, rencananya 10 persen keuntungan akan disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan melalui yayasan yang ditunjuk.

"Simpel aja, kita nonton sambil beramal. Karena kan di film ini penghasilannya 10 persen bakal disumbangin. Jadi kita juga kerja sambil beramal jadi lebih semangat. Niat awalnya sudah baik jadi insya Allah ke sananya juga baik dan berkah. Itu sudah poin plus banget buat kita karena beda banget sama film yang sudah-sudah," tutur Mitha.

 

3. Banyak Pesan dan Pengetahuan Baru

Sebagai pemain, Nadhira Hills dan Guntur Triyoga mengaku banyak sekali mendapatkan pelajaran serta pesan karena ikut terlibat dalam film ini. Faktor inilah yang membuat film ini menjadi layak tonton.

"Harus nonton karena banyak banget orang-orang kita yang nggak ngerti sepenuhnya soal agama, di sini banyak banget pelajaran yang diambil," ucap Nadhira. "Filmnya berbeda dari film-film horor yang sudah ada. Banyak pesan yang bisa diambil," imbuh Guntur.

4. Disebut Meniru Munafik

Karena mengetengahkan cerita tentang seorang yang dirasuki iblis dan teknik pengobatan ruqyah, maka film ini disebut memiliki kesamaan dengan film horor produksi Malaysia berjudul Munafik. Namun, anggapan ini dibantah oleh sutradara dan para pemain.

"Film ini juga mulai ramai karena mereka sudah mulai bandingin dengan film Munafik," kata Guntur. "Gak apa-apa kita lihat saja sama munafik beda banget. Justru jadi tantangan buat kita, mau buktiin kalau ini beda dengan Munafik. Makanya kalau percaya kalau kita jiplak buktiin deh nonton 1 Februari 2018," tambah Farid.

5. Tayang di Luar Negeri

Rencananya, film Syirik juga akan tayang di negara tetangga. Dan Malaysia menjadi negara yang dimungkinkan bakal menerima film tersebut. "Iya ada rencana ke Malaysia karena kita yakin selain aktor ini (Guntur) kan juga terkenal di Malaysia. Karena genrenya juga cocok sekali dengan Malaysia yang menerima tentang agama," tukas Farid Ongky.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading