Sukses

Entertainment

Transformasi Musik Mulan Jameela yang Penuh Puji dan Caci

Fimela.com, Jakarta Kemampuan vokal yang apik membawa Mulan Jameela mengarungi perjalanan bermusik penuh cerita. Mulan mengawali karier dengan menjadi penyanyi cafe di Bandung dan sempat ambil bagian dalam beberapa band.

Langkahnya meniti karier di industri musik Indonesia kian mantap ketika Mulan dilirik musisi Maia Estianty. Pemilik nama lengkap Raden Terry Tantri Wulansari ini didaulat sebagai vokalis utama di Duo Ratu tahun 2005.

Seperti yang diketahui, Ratu adalah yang dibentuk tahun 1999 dengan beranggotakan Maia Estianty dan Pinkan Mambo. Namun sayang, setelah sukses dengan debut album bertajuk Bersama, Pinkan memutuskan untuk hengkang di tahun 2004.

Ratu pun menutup cerita bersama Pinkan dan memulai perjalanan baru dengan Mulan Jameela. Kala itu, Mulan memilih untuk menggunakan Mulan Kwok sebagai nama panggung. Kompaknya kolaborasi Maia dan Mulan sukses mengantarkan Ratu pada puncak kesuksesan.

Lantas, seperti apa lika-liku hingga transformasi bermusik Mulan Jameela dari solo karier, bersama Ratu, hingga kembali bersolo karier? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti berikut ini.

1. Mulan Jameela Bersolo Karier Sebelum Tergabung di Ratu

Sebelum mengecap kesuksesan bersama duo Ratu, Mulan Jameela ternyata terlebih dahulu bersolo karier. Bahkan, Mulan telah memperkenalkan dua album. Adalah Aku Tetap Tersenyum, yang diluncurkan pada tahun 1999 serta Kekal, album kedua yang resmi dirilis pada 2000.

2. Mulan Jameela Bergabung di Ratu

Lepas bersolo karier dan merilis dua album, Mulan ternyata sukses mencuri perhatian Maia Estianty yang tengah mencari vokalis pengganti Pinkan Mambo yang hengkang tahun 2004. Pencarian Maia berbuah manis ketika Mulan yang mampu menunjukkan skill bernyanyi dalam sebuah audisi yang sempat digelar kala itu. Baru pada 7 April 2005, Mulan secara resmi diperkanalkan sebagai vokalis Ratu.

Kemudian, Ratu merilis album kompilasi bertajuk Ratu & Friends pada 30 Agustus 2005 dengan dua lagu baru yakni Teman Tapi Mesra dan lagu Vinna Panduwinata yang daur ulang bertajuk Di Dadaku Ada Kamu. Tidak membutuhkan waktu lama, seketika Ratu menjadi duo yang mencetak sukses dengan sederet pencapaian juga pujian. Lalu, Ratu juga hadir dengan album kedua, No, Satu pada 22 Mei 2006 dengan lagu andalan Lelaku Buaya Darat dan Dear Diary. Namun lagi-lagi, keutuhan Ratu goyah saat Mulan memilih keluar pada 31 Januari 2007 dikarenakan masalah transparansi keuangan di manajemen Ratu.

3. Mulan Jameela Kembali Bersolo Karier

Setelah resmi hengkang dari Ratu, Mulan Jameela bergabung dengan Republik Cinta Management pada Mei 2007 dan merilis album solo pertama bertajuk self-titled pada Januari 2008. Masih mengusung nama Mulan Kwok, album tersebut melahirkan 4 lagu andalan, yakni Makhluk Tuhan Paling Sexy, Wonder Woman, Bukannya Aku Takut, dan Jatuh Cinta Lagi.

Selain karier solo, Mulan Jameela juga sempat berkolaborasi dengan grup vokal yang dibentuk Ahmad Dhani, Dewi Dewi di single yang berjudul Sakit Bukan Main. Single ini sendiri resmi dirilis pada Agustus 2008. Mulan juga memperkenalkan sederet karya sejak itu. Mulai dari single Hilang (2013), album 99, Vol. 1 (2014), single Trauma (2015), single Bintang Kecilku yang ia persembahkan untuk lagu untuk putrinya, Safeea pada 2016.

Tidak ketinggalan, Mulan bahkan sempat merilis lagu dangdut yang bertajuk Toel Toel bersama Tika Dewi Dewi pada 2017 serta single Aku Mau Kamu di tahun yang sama. Sulit dipungkiri, jika beragam komentar baik puji dan caci juga kerap mewarnai karya-karya yang dirilis Mulan. Kendati demikian, Mulan membuktikan pertahanannya dengan tetap eksis dan tentunya terus menyuguhkan karya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading