Sukses

Entertainment

Makan Sehat, Panjang Umur

makan sehat

Riset mempelajari hubungan dari pola makan dengan kemungkinan hidup lebih lama lewat analisa lebih dari 2500 orang manula usia 70-79 tahun selama sepuluh tahun terakhir. Dan terbagi pada beberapa kelompok, antara lain kelompok “Makanan sehat” berdasarkan tingginya asupan makanan olahan rendah lemak, buah, whole grains (roti gandum, biskuit, oats, biskuit gandum, dan sereal oat), ayam/kalkun, ikan, dan sayuran, serta rendah konsumsi daging, makanan yang digoreng, makanan manis, minuman tinggi kalori, dan lemak. “Olahan susu berlemak” banyak mengonsumsi es krim, keju, susu dan yogurt, serta rendah konsumsi ayam/kalkun, olahan susu rendah lemak, nasi, dan pasta.

Penelitian ini bisa mengevaluasi kualitas hidup peserta dan status nutrisinya melalui pola makannya. Di luar faktor gender, usia, ras, status kesehatan, pendidikan, aktifitas fisik, merokok, dan total asupan kalori. Kelompok “Olahan susu tinggi lemak” memiliki 40% resiko berusia lebih pendek dibanding kelompok “Makanan sehat. Kelompok “Makanan manis dan dessert” resiko usia pendek 37% lebih tinggi.
Jadi orang dewasa yang pola makannya sehat, yaitu tinggi konsumsi sayur, buah, whole grains, olahan susu rendah lemak, ikan dan ayam, akan memiliki kemungkinan umur lebih panjang.


Berikut tips mudah untuk memastikan pola makan sehat:

  • Minimum lima porsi buah dan sayuran berwarna dalam sehari. Bisa jadi snack, dessert dan makanan utama.
  • Pilih asupan karbohidrat yang berjenis whole grain (terbuat dari biji gandum utuh), seperti sereal, roti, nasi dan pasta.
  • Pola makan ala Mediterania bisa diterapkan, dengan memperbanyak asupan sayur dan buah dengan ikan dan sedikit daging tanpa lemak.
  • Pilih versi low fat dari susu, yogurt dan keju.
  • Kurangi atau hindari menambahkan garam pada makanan.
  • Keep your alcohol intake within sensible limits.
  • Minum minimal 6-8 gelas air per hari.
  • Kalau sedang menjaga berat badan, kurangi porsi dan hindari makanan tinggi lemak, tinggi kalori seperti chips, kue, biskuit, soda dan permen atau makanan manis.
  • Tetap aktif dengan banyak berjalan, berenang, bersepeda dan jangan lupa olahraga.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading