Sukses

Entertainment

Polemik Wirda Mansur Lulusan Oxford University, Ini Fakta yang Terungkap Termasuk Klarifikasi Yusuf Mansur

Fimela.com, Jakarta Anak peremuan Yusuf Mansur, Wirda Mansur belakangan menjadi bahan pembicaraan publik. Hal itu terjadi setelah setelah diketahui bahwa di akun LinkedIn-nya, Wirda mencantumkan sebagai lulusan Oxford University.

Padahal, diketahui nama Wirda tercatat sebagai salah satu mahasiswi di Institut Daarul Qur'an, Cipondoh, Tangerang. Wirda Mansur pun akhirnya dianggap melakukan kebohongan terkat status pendidikannya tersebut.

Setelah ramai dengan tudingan netizen, akhirnya Wirda Mansur dan Yusuf Mansur memberikan klarifikasinya. Berikut beberapa fakta yang terkuak setelah ramai tentang riwayat pendidikan Wirda Mansur. Apa saja?

Kuliah di Banyak Kampus

Baru-baru ini, Wirda Mansur sudah membuat klarifikasi. Ia menjelaskan bahwa studi yang ditempuh di Oxford University dan Raffles University Singapore tidak pernah selesai. Sementara pendidikan di The University of Buckingham dan Institut Daarul Qur'an, Wirda mengatakan bahwa saat ini dirinya sedang mengambil cuti.

Sebelumnya, Wirda Mansur menyampaikan klarifikasi lewat Instagram Story. Dia mengatakan memang kuliah di banyak universitas.

"Yang bilang katanya tuh gue kuliah di tiga kampus, iya itu bohong karena sebenarnya bukan tiga tapi empat Say," ucap Wirda dalam video yang diunggahnya.

"Jadi gue kayak 'Wah, kalau mereka tahu gue kuliah di empat tempat, kayaknya mereka bisa... jadi gimana yang benar'," imbuhnya.

Bukan Kuliah

Namun, ketika banyak netizen yang mencecarnya Wirda akhirnya mengaku tak kuliah di Oxford University. Pada saat itu dirinya hanya menjalani program IB atau International Baccalaureate yang masih setara dengan SMA.

"Tahun 2017 itu dalam keadaan gue belum selesai SMA gue ambil IB International Baccalaureate di Oxford, Sampai sini ini tricky, IB bukan kuliah, setara sama SMA tapi Programnya juga nggak sampai selesai. Itu hal biasa sebenarnya, tricky-nya jadi pertanyaannya, ''Kenapa Linkedin lo lulusan University of Oxford?'" tutur Wirda Mansur dalam Story akun Instagram @wirda_mansur.

Staff Salah, Wirda tak Pernah Klaim

Menurut Wirda, LinkedIn miliknya dibuat oleh staf yang salah paham terkait pendidikan yang pernah ditempuhnya. Ia pun menyangkal pernah mengklaim sebagai lulusan Oxford University.

"Ada staf menuliskan gue lulusan Oxford, padahal dari gue sendiri tidak pernah mengklaim gue seperti itu, cuman iya gue pernah belajar cuman bukan kuliah, gue gak crosscheck lagi (LinkedIn)," papar Wirda.

Yusuf Mansur Angkat Bicara

Karena sudah dirasa makin heboh di masyarakat, Yusuf Mansur pun memberikan tanggapannya. Ayah Wirda Mansur ini juga bahkan mengakui bahwa anaknya bukan lulusan dari universitas terbaik yang disebutkannya tersebut.

Mengenai Oxford University, Yusuf Mansur menyatakan bahwa putrinya itu tak melakukan pembohongan publik. Sebab, akun LinkedIn putrinya bukan dibuat langsung oleh Wirda.

"Wirda sejak akhir SMA sudah ada di Oxford City. Cuma kesalahannya adalah salah satu direktur Paytren yang naruh di LinkedIn bahwa Wirda alumni Oxford. Padahal tidak ada yang mengaku alumni Oxford," ucap Yusuf Mansur di Institut Daarul Qur'an, Cipondoh, Tangerang, baru-baru ini.

Kuliah di Buckingham University

Kemudian Yusuf Mansur menjelaskan soal putrinya yang mengaku pernah kuliah di Buckingham University. Ia meyakini putrinya itu, benar telah melakukan kegiatan perkuliahan di Universits tersebut karena memang ada buktinya.

"Jadi Wirda kuliah online di Buckingham University, jadi nggak benar juga kalau dia dibilang bohong. Asli memang Wirda kuliah di sana. Orang ada kartu mahasiswanya, sesi dengan para profesornya, kuitansi bayarnya," tuturnya.

"Nah, waktu pas daftar di Buckingham kebetulan langsung Covid. Ya alhamdulillah kan. Coba kalau jadi berangkat, tetap lockdown juga kan, nggak bisa ke kampus. Ya walaupun dormitori sama kampusnya hadap-hadapan, tetap nggak bisa juga kan," ucapnya.

Cari Tambahan Ilmu

Karena kegiatan kuliah di University of Buckingham masih online diakibatkan pandemi yang masih terjadi, Wirda pun memanfaatkan luangnya waktu yang dimiliknya dengan mencari tambahan ilmu di Universitas milik ayahnya.

"Nah, terus karena harus kuliah online, Wirda akhirnya bisa ambil kuliah lain. Salah satunya ya di Institut Daarul Quran ini," tuturnya.

Cari Pengalaman

Yusuf Mansur mengakui bahwa Wirda Mansur selama ini memang kerap berpindah kampus dan tak menyelesaikan studinya. Ia menamabahkan jika Wirda Mansur sudah sering berpindah tempat sejak masih duduk di bangku sekolah.

"Dari awal Wirda programnya itu having experiences. Wirda ini harus banyak pengalamannya. Saya gojlok Wirda mulai dari SD di Tanah Air. Terus SMP mulai pindah negara, sampai puncak paling lama di Yordania," ujar Yusuf Mansur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading