Sukses

Entertainment

Bawa Misi Pertukaran Budaya, Erwin Gutawa dan Sandhy Sondoro Konser di Bulgaria

Fimela.com, Jakarta Istilah musik sebagai bahasa universal yang mampu menyatukan banyak perbedaan yang ada sekali lagi akan dibuktikan kesahihannya. Sebuah konser bertajuk Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara akan digelar di Bulgaria pada 8 Juni 2023 mendatang dengan menghadirkan beberapa nama besar seperti Erwin Gutawa dan Sandhy Sondoro.

Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara sendiri diinisiasi dari Iwan Bogananta selaku Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Bulgaria bersama seluruh tim KBRI di Sofia sejak tahun 2021 lalu.

Iwan Bogananta rupanya sudah menginisiasi Harmonature sejak 2021 dengan seluruh tim KBRI Sofia. Ia mempersiapkan secara detail selama hampir satu tahun untuk acara tersebut. Ia menyebut jika lewat konser tersebut, program pemerintah dalam mempromosikan Nusantara sebagai sustainable forest city ke masyarakat internasional bisa terakomodir dengan baik.

"Harmonature diharapkan dapat mendorong pertukaran budaya dan mempererat ikatan antara Indonesia dan Bulgaria," kata Iwan Bogananta kepada awak media melalui video telekonference.

Libatkan Unsur Tradisional

Sejalan dengan misi mempromosikan Nusantara ke dunia internasional, Erwin Gutawa bersama grup Ethnocestra yang dipimpinnya akan melibatkan musisi Indonesia untuk membawakan musik etnik dan tradisional khas budaya Indonesia. Selain Sandhy Sondoro, nama Gabriel Harvianto juga diajak untuk terlibat di dalamnya. Selain itu, ada pula Petya Paneva yang merupakan pemenang kontes bernyanyu The Voice of Bulgaria 2021 yang akan berkolaborasi denganpenyanyi Indonesia, Woro Mustiko untuk memadukan kekayaan tradisi musik Bulgaria dan Indonesia.

"Ethnocestra adalah konsep pertunjukan musik yang belakangan saya kembangkan, berakar dari unsur musik tradisional dipadukan dengan modern serta orkestra," ungkap Erwin Gutawa.

Antusias

Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara akan berlangsung di bangunan kuno bersejarah bernama Ancient Theater Plovdiv. Pagelaran tersebut juga melibatkan dua Art director ternama, Jay Subiakto dan Taba Sanchabakhtiar yang bakal memberikan suguhan istimewa, perpaduan modern dan sejarah kuno juga akan tampak pada proyeksi pemetaan 3D yang menampilkan lanskap Indonesia.

Pemilihan tempat itu pun kemudian disambut antusias oleh Erwin Gutawa. "Sebagai musisi, selain betapa nikmatnya bisa bermain dan mengekspresikan hati kita, tentunya tempat juga sangat menentukan. Kalau ini akan kejadian, ini buat saya adalah venue outdoor terbaik yang mungkin akan saya dapatkan,” ujar Erwin Gutawa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading