Sukses

Entertainment

Kisah Pilu di Balik Kesuksesan Lady Gaga, Pernah Mengalami Pelecehan Seksual Pada Usia 19 Tahun

Fimela.com, Jakarta Dia mengaku bahwa pada usia 19 tahun, dia menjadi korban perkosaan yang menyebabkan kehamilan. Namun, produser yang terlibat menolak untuk bertanggung jawab dan meninggalkannya. Akibatnya, Gaga mengalami trauma yang berdampak pada kesehatan mentalnya.

Meskipun sudah bertahun-tahun berlalu, Gaga masih merasakan dampak traumatis nya dan memerlukan bantuan psikiater. Dia didiagnosis menderita PTSD dan mengalami rasa sakit dan mati rasa di seluruh tubuhnya. Trauma tersebut juga membuatnya memiliki kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri.

Meskipun mengalami masa sulit, Gaga berhasil meraih kesuksesan dalam karir musiknya. Dia merilis album debutnya, "The Fame", dua tahun setelah kejadian tersebut pada tahun 2008, yang kemudian sukses secara global dengan lima album nomor satu di Amerika Serikat. Gaga juga menjelajahi dunia akting dan meraih nominasi untuk aktris terbaik.

Depresi yang Dialami Memperburuk Kepopulerannya

Setelah Lady Gaga merilis Chromatica pada tahun 2020, dia mengatakan kepada People bahwa album itu lahir selama periode gelap dalam hidupnya. 

"Dulu saya bangun di pagi hari, dan saya menyadari saya adalah 'Lady Gaga.' Dan kemudian saya menjadi sangat depresi dan sedih, dan saya tidak ingin menjadi diri saya sendiri," katanya. 

"Saya merasa terancam oleh hal-hal yang dibawa karier saya ke dalam hidup saya dan tempo hidup saya." Sebagai hasilnya, bintang ini mengalami periode panjang di mana dia tidak termotivasi untuk berfungsi tetapi akhirnya mulai menulis untuk membagikan perasaannya dengan dunia.

Demikian pula, ketika Gaga duduk bersama "CBS Sunday Mornings," dia membagikan bahwa sosok publiknya terasa seperti musuh terberatnya untuk waktu yang cukup lama. Penyanyi lagu "John Wayne" mengakui bahwa dia mulai merasa lebih seperti "objek" daripada manusia nyata karena seberapa nyaman orang merasa masuk ke ruang pribadinya tanpa izin. Dia juga merasa bahwa ketenarannya mencegahnya untuk mendapatkan waktu istirahat berkualitas dengan keluarganya karena sorotan selalu tertuju padanya selama percakapan.

Gaga menceritakan perjuangan dengan ketenaran melalui paduan suara lagu 911 dari rilisan 2020-nya. Pada akhirnya, Gaga senang berbagi bahwa dia telah jatuh cinta lagi dengan sosok publiknya karena dia melihatnya sebagai saluran untuk mengekspresikan perasaannya melalui musiknya.

Membatalkan Beberapa Pertunjukan Tur Dunianya Karena Sakit Parah

Pada Februari 2018, Lady Gaga mengumumkan melalui X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bahwa dia tidak bisa melakukan 10 pertunjukan terakhir dari Tur Joanne-nya karena "rasa sakit yang parah." Setahun sebelumnya, penyanyi "Shallow" itu pernah men-tweet bahwa dia telah didiagnosis menderita fibromyalgia, kondisi kronis yang menyebabkan rasa sakit di seluruh tubuh, menurut NHS. Gaga mendokumentasikan perjuangannya dengan kondisi tersebut dalam dokumenternya tahun 2017 "Gaga: Five Foot Two."

Dalam beberapa adegan, pemenang Grammy tersebut harus menghentikan pekerjaannya untuk pulih dari kejang otot yang menghancurkan. Bahkan anggota timnya mencoba membantunya dengan memberikan pijatan dan kompres es pada ototnya. Ketika Gaga berbicara dengan Vogue pada tahun 2018, dia menyatakan frustrasinya seputar persepsi publik tentang sindrom tersebut, mengakui, "Saya sangat kesal dengan orang-orang yang tidak percaya fibromyalgia itu nyata. 

Orang-orang perlu lebih berempati. Rasa sakit kronis bukanlah lelucon. Dan setiap hari bangun tidak tahu bagaimana perasaanmu." Penyanyi hits "Applause" itu senang bisa membagikan bahwa tim medisnya telah membantu meringankan gejalanya sehingga dia bisa kembali tampil.

Dalam wawancara untuk tur Visi 2020 Oprah Winfrey, Gaga membagikan bahwa dia melanjutkan tur sebelumnya meskipun dalam rasa sakit yang menghancurkan. Dia juga mengakui bahwa dia tidak mencari terapi atau obat untuk meredakan gejalanya saat itu. Sebelum Gaga naik panggung pada pertunjukan pertamanya di Tur Bola Chromatica-nya pada tahun 2022, dia mengingat hari-hari sedih ketika dia percaya bahwa dia akan harus berhenti tampil.

Mengalami Hinaan Terkait Bentuk Tubuhnya Setelah Tampil di Super Bowl

Lady Gaga memberikan penampilan seumur hidupnya selama pertunjukan paruh waktu Super Bowl 2017. Namun, beberapa pengguna media sosial tidak mengakui bakatnya dan malah mem-bully penampilannya. Bintang "House of Gucci" tidak akan membiarkan para pengganggu mempengaruhinya lagi, jadi dia mengambil langkah ke Instagram untuk menulis pesan yang tulus.

"Saya mendengar tubuh saya menjadi pembicaraan sehingga saya ingin mengatakan, saya bangga dengan tubuh saya dan Anda juga harus bangga dengan milik Anda," tegasnya.

Gaga mengingatkan penggemarnya untuk tetap jujur pada diri mereka sendiri dan mendorong mereka untuk tidak mengubah aspek kepribadian dan tubuh mereka untuk maju dalam hidup. Berbicara di "On Air With Ryan Seacrest," pemenang Golden Globe membagikan bahwa dia memilih untuk bersuara karena tidak ingin penggemarnya mendengarkan kritiknya dan melihat tubuh mereka dalam cahaya negatif.

Gaga juga membagikan pesan serupa ketika dia berbicara di konferensi It's Our Turn di sebuah sekolah menengah. Dia memberi tahu penonton yang mudah dipengaruhi bahwa penampilannya dalam video musik dan majalah-majalah di edit untuk memenuhi standar kecantikan sosial. Gaga mendorong mereka untuk tidak percaya setiap tubuh yang mereka lihat di media.

Penyanyi "Just Dance" mengingat bahwa dia mengalami masalah dengan tubuhnya selama sekolah menengah karena dia menginginkan fisik yang berbeda. 

Dia juga mengakui bahwa dia "dulu sering muntah" selama masa-masa itu dan hanya keluar dari kebiasaan itu ketika karirnya mekar karena asam lambungnya mencegahnya dari memberikan penampilan vokal yang baik, menurut BBC.

Sedang Berduka dalam Adegan Terakhir A Star Is Born

Ketika Lady Gaga duduk bersama Zane Lowe untuk wawancara Apple TV pada tahun 2018, dia berbagi bahwa penampilan emosionalnya dalam "I'll Never Love Again" di "A Star Is Born" terinspirasi oleh peristiwa nyata.

Aktor tersebut mengingat bahwa ketika dia berada di lokasi syuting, dia menerima telepon yang memberitahunya bahwa sahabatnya, Sonya Durham, akan segera meninggal setelah bertahun-tahun menjalani pengobatan kanker. Meskipun Gaga bergegas untuk melihat temannya segera, dia sudah meninggal beberapa menit sebelum dia tiba.

Setelah berduka dengan anggota keluarga Durham, Gaga mengakui kepada duda temannya bahwa dia tidak tahu harus berbuat apa. Suami Durham mendesaknya untuk kembali ke lokasi syuting dan menyanyikan hatinya karena istrinya tidak menginginkan hal lain.

"[Durham] memberiku hadiah tragis pada hari itu, dan aku membawanya bersamaku dan kembali ke lokasi syuting dan aku menyanyikan I'll Never Love Again untuk [karakter Bradley Cooper] dan dia." 

Gaga berbagi bahwa lawan mainnya, Cooper, bersikap lembut dengannya selama syuting dan meyakinkannya bahwa dia tidak perlu melakukan terlalu banyak pengambilan, tetapi dia bersikeras untuk tampil karena itulah yang diinginkan oleh hatinya.

Penyanyi-penulis lagu tersebut sebelumnya telah menulis tentang pengalamannya menyaksikan Durham berjuang melawan kanker dalam "Grigio Girls" dari rilisan 2016-nya "Joanne." Menurut Yahoo! Gaga berbagi bahwa lagu tersebut menggambarkan bagaimana dia dan teman-temannya bertemu untuk menangis tentang diagnosis Durham tanpanya karena mereka ingin tetap bersikap tabah di depannya.

Mengapa Dia Dipanggil Lady Gaga?

Lady Gaga diambil dari lagu Queen yang berjudul Radio Ga Ga.

Siapakah Nama Asli dari Lady Gaga?

Dia lahir dengan nama Stefani Joanne Angelina Germanotta.

Apakah Sebutan yang Digunakan Lady Gaga untuk Para Penggemarnya?

Little Monsters adalah sebutan bagi para penggemar Lady Gaga, yang terkenal karena kesetiaan mereka kepada idola mereka.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading