Sukses

Fashion

5 Cara Mudah Turunkan Berat Badan dengan Diet Kacang

Fimela.com, Jakarta Ketika berbicara tentang makanan yang bisa menurunkan berat badan, kacang mungkin tak jadi pilihan utama. Bagi kebanyakan orang, sayur-sayuran hijau jadi kunci terpenting untuk mengurangi berat badan. Namun, ternyata kacang-kacangan juga bisa jadi salah satu asupan yang mendorong berat badan turun ke angka paling optimal.

Salah satu studi yang dilakukan oleh Universitas Minnesota menunjukkan kalau fiber yang ada di dalam kacang bisa membuat seseorang merasa kenyang dalam waktu yang lama. Tak hanya fiber, kacang pun kaya akan vitamin, mineral, dan anti oksidan. Tertarik untuk diet kacang? Kamu harus perhatikan cara-cara sederhana berikut ini.

Kacang bisa jadi pengganti daging. Tak hanya punya harga yang lebih murah, namun memasak kacang pun memakan waktu lebih singkat. Kacang bisa kamu padukan dengan salad maupun lasagna. Kalau masih mau makan daging juga tak masalah. Tapi kurangi hingga setengah porsi dan ganti dengan kacang.

Kacang dan daging. | via: allthingshomerelated.com

Penuhi zat tepung dengan mengonsumsi kacang. Karena kacang kaya akan kandungan protein dan fiber, kamu bisa gunakan kacang untuk mengganti protein hewani. Tak hanya itu, kacang pun bisa berperan sebagai pengganti nasi, jagung, maupun kentang. Kamu bisa gunakan kacang ketika membuat soup.

Kacang bisa gantikan nasi, jagung, dan kentang. | via: thekitchn.com

Menukar susu dengan kacang. Hampir semua jenis kacang punya tekstur ideal untuk dijadikan saus krim dan sup. Kamu pun bisa menggunakan kacang untuk mengganti susu maupun krim. Bersama air, kacang punya kandungan kalori yang sanggup penuhi kebutuhan tubuh.

Tukar konsumsi susu dengan kacang. | via: blog.memorialhermann.org

Jadikan kacang sebagai makanan ringan. Kalau kamu sedikit kerepotan untuk mengolah kacang sebagai hidangan utama, jadikan saja sebagai makanan ringan. Kacang sebagai camilan tentu lebih baik dari berbagai deretan makanan tak sehat yang biasa dijadikan teman ketika bersantai. Tak hanya sehat, kacang pun bisa mengurangi berat badan.

Jadikan kacang sebagai camilan. | via: diyhealthremedy.com

Makan kacang sebagai hidangan penutup. Bisa divariasikan ke berbagai makanan, kacang juga bisa jadi hidangan penutup. Es kacang merah tak kelah enaknya dengan jenis minuman dingin lainnya. Beberapa resto bahkan memadukan kacang merah dengan es krim buatan rumahan untuk dijadikan hidangan penutup.

Kacang merah dipadukan dengan es krim. | via: houseofhaos.com

Supaya hasilnya bisa maksimal, sebaiknya kamu jangan mengolah kacang dengan cara digoreng, karena minyak yang tertinggal di kacang punya dampak tak terlalu baik bagi kulit. Olah kacang dengan cara direbus maupun dipadukan dengan berbagai macam bahan untuk dijadikan sayur. Kalau tahu cara lain memakan kacang secara rutin untuk diet, langsung tambahkan di kolom komentar saja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading