Sukses

Fashion

Bateeq Hadirkan Sosok Pahlawan Cut Meutia Dalam Koleksi Terbaru

Perjuangan seorang pahlawan wanita Cut Meutia memang banyak menginspirasi wanita Indonesia. Kegigihanya membela negara Indonesia ini pun menginspirasi salah satu brand fashion Bateeq yang kembali mempersembahkan koleksi terbaru Fall Winter 2017 dengan tema “Heroine”. Heroine sendiri dapat diartikan sebagai Pahlawan Wanita. Uniknya, ide awalnya justru muncul ketika orang-orang memperdebatkan foto pahlawan Aceh ini di design uang Rupiah terbaru.

Namun, ada hal lain yang lebih menarik daripada perdebatan itu sendiri, yaitu kisah hidup Cut Meutia. Beliau adalah seorang ksatria, berprinsip, pemberani dan mampu memimpin pasukan di medan perang. Namun, di sisi lain beliau juga adalah seorang wanita cantik yang tetap mampu menjaga perannya sebagai seorang istri yang baik dengan menuruti keinginan terakhir dari suaminya, Teuku Chik Di Tunong, dan seorang ibu yang sangat menyayangi anaknya.

Bateeq pun akhirnya menggunakan motif motif kawung semebar untuk motif pertamanya. Motif kawung dikenal di Jawa sejak abad ke-13, motif ini menjadi cerminan sifat seorang wanita sebagai wujud penyatuan unsur yang selaras yaitu kelembutan dan kekuatan, motif ini diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah.
Foto: copyright Vemale.com
Bunga Lotus melambangkan umur panjang dan kesucian. Motif kawung dibuat semebar (tersebar) sebagai gambaran keseimbangan kekuatan dan kelembutan seorang wanita. Sedangkan pada  koleksi kedua, Bateeq menggunakan motif banji yang memiliki makna keteraturan di dalam kehidupan. Motif ini berasal dari daerah pesisir pantai utara Jawa dan dipopulerkan di daerah Banyumas. Motif ini memiliki garis lurus yang bermakna ketegasan dan dikombinasikan dengan motif bunga pada framenya yang melambangkan keindahan dan kelembutan wanita.

Motif ketiga adalah motif parang kupu-kupu, motif parang memiliki makna petuah untuk tidak pernah menyerah dan jalinan yang tidak pernah putus. Motif kupu-kupu melambangkan keindahan, kupu-kupu bermetamorfosis sampai menjadi bentuk yang sempurna melalui beberapa proses.  Perpaduan motif ini memiliki makna bahwa seseorang harus terus menerus memperbaiki diri sampai pada akhirnya mencapai tujuan yang diinginkannya melalui proses yang baik.

Bateeq memilih bahan seperti polyester, katun dan chiffon dengan aplikasi bordir untuk 30 koleksi 23 koleksi ladies dan 7 koleksi men. Pada Koleksi Fall Winter 2017 kali ini, Bateeq bereksperimen serta bereksplorasi dengan motif, warna dan design baju sehingga menghasilkan koleksi yang inovatif namun tetap elegan.

Wajib segera dikoleksi nih Ladies. Grab them fast!

(vem/asp/ivy)
Loading