Sukses

Fashion

Iris Van Herpen Kembali Rilis Gaun Mind-Blowing, Kali Ini Bertenaga Angin

ringkasan

  • Couturier Belanda Iris Van Herpen berkolaborasi dengan pematung kinetik Anthony Howe di Paris Haute Couture Fall 2019
  • Céline Dion yang menghadiri pertunjukan dengan gaun rancangan Iris pun nampak kehabisan kata-kata untuk mengekspresikan kekagumannya

Fimela.com, Jakarta Musim ini, couturier asal Belanda Iris Van Herpen berkolaborasi dengan pematung kinetik Amerika Anthony Howe untuk Paris Haute Couture Fall 2019. Karya-karya patung yang ditenagai angin mengilhami desainer skill tingkat 'dewa' ini untuk membuat busana yang indah sekaligus memiliki efek menghancurkan karena bergerak seperti kipas angin.

Desainer yang haus bersinergi dengan lintas profesi seperti arsitek, ilmuwan, ahli komputer ini ingin menggambarkan representasi siklus kehidupan alam melansir dari wwd. “Saya melihat pola dan bagaimana mereka diciptakan tetapi juga dapat menghancurkan. Glitches melambangkan bagaimana kita sebagai manusia adalah ancaman, tetapi saya juga ingin mengekspresikan keindahan pada saat yang bersamaan,” ujarnya menjelaskan.

Sebelum menyaksikan gaun yang selalu mind-blowing, penonton dihipnosis dengan patung bulat bernama Omniverse karya Anthony Howe di tengah lintasan fashion show. Instalasi tersebut berputar pada sumbu melengkung yang akan memberi perspektif pada gaun yang dipresentasikan.

Seperti gaun terakhir yang memiliki sayap berputar terbuat dari alumunium, baja tahan karat, dan bulu. Meski proses pemintalan gaun tersebut dilakukan secara mekanis, namun jika dibawa ke luar ruangan, sayap akan tetap mengepak dan berputar dengan bantuan angin seperti karya Howe lainnya. Tentu gaun bertenaga angin tersebut menjadi pertunjukan spektakuler.

 
 
 
View this post on Instagram

Today Iris van Herpen presented her latest Couture collection for Autumn-Winter 2019/20, titled ʻHypnosisʼ, at Élysée Montmartre in Paris. Inspiration was found in the manifolds within our ecologies through the work of American artist Anthony Howe. The meditative movement of the spherical ‘Omniverse’ sculpture served as a portal for the collection and the models, encircling a state of hypnosis through the ‘Infinity’ dress. ∞ Show credits Special thanks to collaborating artist: @anthony.howe.art Collaborating artist: @philip.beesley Video by @blitzkickers Styling: @patti_wilson Music: @sssalvadorrr Model: @rebekkame Casting: Maida Gregory Boina, @maximevalentini & @caromauger Make up: @silbruinsma1 & the @maccosmeticsfrance PRO Team Hair: @martincullen65 for @streetersldn Shoes by @unitednude Manicure: @jessicascholten_ Press: @karlaotto ∞ #irisvanherpen #hypnosiscouture #parisfashionweek

A post shared by Iris van Herpen Official (@irisvanherpen) on

Paling Menarik di Koleksi Iris Van Herpen

Yang menarik lagi tentang koleksi ini adalah bagaimana semua material memasukkan unsur Howe dalam kinetik atau bergerak. Van Herpen memiliki solusi memakai teknik Suminagashi atau teknik melukis di air dari Jepang.

Teknik tersebut menciptakan cetakan garis yang ia panaskan pada Mlyar serta di-print pada tule transparan yang menghasilkan warna menawan. Setelahnya desainer yang memperkenalkan teknologi 3D-printing "Rapid Prototyping" di dunia fashion pada tahun 2019 melakukan pemotongan laser dengan cara kontrapositif. Teknik potongan laser juga menghasilkan visualisasi gaun yang nampak seperti aliran tinta dalam air yang mengalir turun ke tubuh. Rasanya cukup sulit menjabarkan kerumitan gaun tersebut, bukan?

 

 
 
 
View this post on Instagram

‘Hypnosis’ reflects the beauty and complexity of our environment, exploring the patterns and structures within its fragile landscape ∞ the ‘Hypnosis’ technique, developed in collaboration with Professor Philip Beesley involves ten of thousands of plottercut mini ripples that continuously dissect the dress through each movement of the body, revealing skin in between the whimsical spheroid patterns that are designed to move faster than the eye can follow. ∞ Show credits Special thanks to collaborating artist: @anthony.howe.art Collaborating artist: @philip.beesley Video by @blitzkickers Styling: @patti_wilson Music: @sssalvadorrr Model: @iamsabaah Casting: Maida Gregory Boina, @maximevalentini & @caromauger Make up: @silbruinsma1 & the @maccosmeticsfrance PRO Team Hair: @martincullen65 for @streetersldn Shoes by @unitednude Manicure: @jessicascholten_ Press: @karlaotto ∞ #irisvanherpen #hypnosiscouture #parisfashionweek

A post shared by Iris van Herpen Official (@irisvanherpen) on

Komentar Celine Dion

Céline Dion yang menghadiri pertunjukan dengan gaun rancangan Iris pun nampak kehabisan kata-kata untuk mengekspresikan kekagumannya. Begitu juga dengan gaun gradasi merah, putih, dan hitam yang ia pakai, akan bergetar tiap melangkah bahkan mengembuskan napas.

“Sungguh magic.... Magic. Dia telah menciptakan sesuatu yang hidup," ujar Céline Dion bersemangat.

Simak video menarik berikut ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading