Sukses

Fashion

5 Cara Merawat Legging Agar Awet Lebih Lama Menurut Para Ahli

Fimela.com, Jakarta Legging menjadi item fashion yang nyaman digunakan ketika olahrag atau hangout bersama teman-teman. Sayangnya, bahan celana yang elastis ini cepat sekali rusak seperti mudah kendor.

Oleh karenanya, melansir Realsimple.com berikut ini beberapa cara memperpanjang masa pakai celana legging dari pendiri Laundress Gwen Whiting dan Lindsey Boyd. Mari kita simak.

1. Jangan berlebihan ketika mencuci

Frekuensi pencucian untuk legging adalah salah satu yang diperdebatkan.  Meskipun tidak ada angka pasti di sini, Whiting mencatat bahwa semakin sedikit mencuci pakaian, semakin lama pakaian tersebut akan awet.

Jadi jika selesai olahraga seperti yoga atau maraton, maka legging harus segera dicuci.  Tetapi jika hanya bermalas-malasan di rumah sepanjang hari, baiknya tak terlalu sering dicuci.

"Selama tidak banyak berkeringat atau berolahraga, legging bisa dipakai tiga hingga empat kali sebelum waktunya mandi," kata Whiting.

2. Lakukan tindakan pencegahan yang tepat saat mencuci

Saat memilih untuk mencuci, ada beberapa hal yang perlu diingat.  Oliveira merekomendasikan memulai dengan deterjen berbasis pakaian aktif, seperti Hex Performance Laundry Detergent untuk menghindari peregangan.

“Legging biasanya terbuat dari campuran kain spandeks, nilon, dan kapas yang rentan terhadap kehilangan elastisitas dan tersangkut, terutama selama siklus pencucian,” kata Boyd.  

Selalu cuci dengan siklus halus, air dingin (untuk menghindari penyusutan), dan putaran rendah, ”Oliveria juga merekomendasikan untuk membalikkan legging sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci.  Langkah sederhana ini akan membantu warna tetap berwarna dan hitam tetap hitam lebih lama.

 

3. Hindari pelembut kain

Pelembut kain adalah kriptonit untuk legging.  Hal ini terutama berlaku jika legging terbuat dari bahan anti lembap seperti spandeks atau poliester. Kebanyakan pelembut kain mengandung silikon yang dapat menurunkan efisiensi daya serapnya, sifat menyerap kelembapan.

Jika legging memiliki bau, baiknya untuk merendam legging di dalam ember dengan seperempat cangkir cuka dan air dingin selama 30 menit sebelum dicuci. 

Sifat cuka menyerap bau dan melawan bakteri akan memberi legging ekstra bersih dan  membantu menghilangkan bau dari keringat. 

4. Tak perlu menggunakan pengering dan hindari menjemur di bawah matahari langsung

Hindari pengering dan keringkan pakaian dengan udara.  "Panas yang tinggi dari pengering dapat melengkungkan setiap helai serat dari legging dan melemahkan bahannya, yang menyebabkan robekan dan lubang permanen," kata Oliveria. 

Ingatlah bahwa berat air dapat meregangkan legging saat dijemur, jadi harus meletakkannya mendatar untuk menjaga elastisitasnya dan mencegah lengkungan.

5.  Hindari setrika

Baiknya, tidak perlu menyetrika legging karena bahannya yang mudah lengket. Justru akan membuat leggingmu rusak. 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading