Sukses

Fashion

Jangan Asal Diet! Buat 7 Perencanaan Ini Sebelum Melakukannya

Fimela.com, Jakarta Sering kali banyak orang-orang menginginkan berat badannya agar terlihat ideal. Banyak cara yang dipilih untuk mencapai keinginan. Diet adalah salah satunya. Untuk mendapatkan berat badan ideal, banyak orang berbondong-bondong melakukan diet. Tak ada yang salah dengan diet, namun kerap para pelaku diet hanya menjalani diet tanpa perencanaan yang matang. Mengurangi pola makan dan berolahraga tanpa aturan yang tepat.

Ketika para pelaku diet mengabaikan perencanaan, bisa jadi diet yang dilakukan adalah diet yang salah. Ketika sudah demikian, bukan penurunan berat badan yang didapat, justru bisa membuat pelakunya malah mengalami gangguan kesehatan di kemudian hari. Nah, kamu nggak mau, dong mengalami hal seperti itu? Oleh karena itu, yuk, buat perencanaan sebelum diet. Bagaimana caranya? Nih, Bintang.com bantu kamu membuat perencanaan diet yang baik.

Ukur berat badan sebelum melakukan diet. Hitung berat badan dengan tinggi badan, kemudian temukan berapa ukuran tubuh yang ideal dengan tinggi badan yang kamu miliki. Kamu harus tahu, berapa banyak berat badan yang ingin kamu hilangkan. Konsultasikan dengan doktermu.

Ukur berat badan sebelum melakukan diet. (Via: indiatimes.com)

Catat asupan makanan setiap harinya. Tulis apa yang kamu makan untuk sarapan, makan siang, makan malam, termasuk makanan ringan dan minuman tak luput untuk dicatat. Dengan demikian, kamu tahu berapa banyak berat badan yang telah hilang dan mengetahui apakah asupan makananmu lebih atau kurang. Simpan catatannya sebagai hasil dietmu.

Catat asupan makanan setiap harinya. (Via: indiatimes.com)

Makan setiap 2 jam untuk makanan ringan dan 4 jam untuk makanan berat. Ini adalah perkiraan yang aman dari seberapa sering tubuhmu membutuhkan makanan sepanjang hari. Hindari gorengan, asin, gula. Sebab, bahan-bahan tersebut hanya akan meningkatkan asupan kalorimu setiap harinya.

Makan setiap 2 jam untuk makanan ringan dan 4 jam untuk makanan berat. (Via: indiatimes.com)

Sertakan setidaknya satu jenis sayuran setiap makan dan tiga buah setiap harinya. Sayuran sangat penting untuk serat makanan, vitamin, zat besi, kalsim, dan kalium, serta nutrisi penting bagi tubuh. Banyak orang mengabaikan sayuran, terutama saat sarapan karena mereka nggak meyiapkannya terlebih dahulu sebelumnya. Hindari masalah ini dengan menyediakan sayuran-sayuran yang mudah dimasak pada malam sebelumnya. Tak lupa, siapkah 3 buah setiap harinya.

Sertakan setidaknya satu jenis sayuran setiap makan dan tiga buah setiap harinya. (Via: indiatimes.com)

Sertakan setidaknya satu jenis sayuran setiap makan dan tiga buah setiap harinya. (Via: indiatimes.com)

Ingat! Protein meningkatkan metabolisme. Protein membantumu membangun otot. Otot membakar energi lebih efisien daripada lemak. Hal ini meningkatkan metabolismemu. Jika kamu menjaga asupan protein dengan kombinasi dengan olahraga yang cukup dalam jangka waktu panjang, hal tersebut akan membantu mengatur berat badan sampai kamu tua.

Ingat! Protein meningkatkan metabolisme. (Via: indiatimes.com)

Tambahan makanan penting. Konsumsi segenggam kacang-kacangan dan biji-bijian setiap hari, dan kamu akan tahan lapar dalam beberapa jam. Selain minum air putih, mengonsumsi air kelapa dan plain milk juga meningkatkan peluang untuk menurunkan berat badan yang sehat.

Tambahan makanan penting. (Via: indiatimes.com)

Bikin evaluasi. Diet yang baik adalah diet yang memiliki rencana untuk meneliti dan mengevaluasi apa yang tubuh butuhkan dan inginkan. Kunci di balik bagaimana merencanakan diet terletak pada mengamati, mengevaluasi, asupan makan, pengorbanan, dan mempertahankan.

Bikin evaluasi. (Via: indiatimes.com)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading