Sukses

Fashion

Waspada! 6 Hal Sepele Ini Sebabkan Bau Badan Menyengat

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki bau badan alami yang dihasilkan oleh masing-masing hormon dalam tubuh. Namun, bau badan bisa jadi menyengat dan mengganggu hidung serta pernapasan orang-orang di sekitarmu karena beberapa faktor yang nggak kamu ketahui. Kalau sudah begitu, kamu bisa bisa menerima perlakuan yang membuatmu nggak nyaman. Misalnya dikucilkan, dijauhi, hingga dicap sebagai "Si bau badan".

Nggak mau, kan dijauhi orang-orang didekatmu karena badanmu bau? Oleh sebab itu, ketahuilah beberapa hal sepele yang ternyata bisa memicu bau badan nggak sedap. Mungkin, saking sepelenya, kamu nggak menyadari akan hal itu. Yuk, simak artikel berikut ini. Cekidot!

Stress. Percaya atau nggak, terdapat beberapa jenis keringat. Keringat stinkiest adalah satu keringat yang dihasilkan karena stres. Keringat jenis ini disebabkan oleh kelenjar keringat apokrin yang menghasilkan sedikit air dan bakteri ganas penyebab bau. Menurut Youbeauty, keringat yang dihasilkan dari latihan angkat beban atau kepanasan di luar hanya menghasilkan air dan elektrolit.

Stres. (Via: today.com)

Jarang ganti pakaian dalam. Saking favoritnya kamu dengan pakaian dalam, membuatmu untuk mengenakannya sepanjang hari, bahkan beberapa hari. Jika kamu mengalami hal tersebut, hati-hati. Tanpa disadari, hal tersebut bisa menyebabkan bau badan yang nggak sedap. Bau keringat bisa jadi parah ketika kamu terkena kain. Bagi perempuaan, sebaiknya jangan sampai kamu mengendapkan bra di tubuh hanya karena ia favoritmu.

Jarang ganti pakaian dalam. (Via: youtube.com)

Kamu doyan brokoli. Mungkin kamu pernah mendengar bahwa bawang-bawangan bisa menyebabkan bau mulut yang nggak sedap. Yap! Itu benar. Setelah dikunyah oleh mulut, kemudian masuk ke dalam tubuh. Senyawanya dipecah dan beredar dalam aliran darah yang keluar melalui napas, keringat dan urin. Tapi bawang putih dan bawang merah bukan satu-satunya pelaku penyebab bau badan. Brokoli dan sayuran lain yang satu famili juga mengandung senyawa-senyawa bau yang sama dengan bawang dan itu bisa jadi penyebab bau badan nggak sedap.

Brokoli. (Via: thefreshcipebox.tumblr.com)

Alkohol. Meski pada saat mabuk kamu nggak berkeringat, namun beberapa kandungan yang terdapat pada minuman beralkohol dapat menyebabkan bau badan tidak sedap. Tak peduli jenis alkohol apa yang kamu minum, saat sudah masuk ke tubuh dan mengalir dalam darah, maka akan keluar dari pori-pori kulit dan nafas yang mengganggu.

Alkohol. (Via: techtimes.com)

Diabetes. Ketika diabetes nggak segera diobati, hal tersebut dapat memberi risiko bau badan bagi penderitanya. Tanpa cukup insulin, tubuh sulit memecah lemak untuk bahan bakar, kemudian mengubahnya jadi asam keton dalam tubuh yang menumpuk. Penumpukan yang terjadi menghasilkan perubahan bau badan. Pergilah ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Diabetes (Via: thenutritionpost.com)

Kamu punya kelainan genetik. Kamu sudah menghindari hal-hal di atas tapi masih mengalami bau badan tidak sedap? Mungkin kamu mengalami Trimethylaminuria, yaitu sejenis kelainan genetik yang menyebabkan tubuh nggak mampu untuk memecah senyawa kimia trimetilamin. Trimetilamin memberi bau amis bagi tubuh, dan ketika itu menumpuk maka ia keluar melalui napas, urine dan keringat. Namun karena genetik tidak mempu memecahnya jadilah ia membuat tubuhmu bau amis yang mengganggu kehidupan sosial. 

Kelainan genetik. (Via: youtube.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading