Sukses

Fashion

Cara Membuat Jajanan 90-an, Es Gabus Pelangi

Fimela.com, Jakarta Kalau kita mengenang masa kecil kita dahulu tentunya tak lupa dengan berbagai jenis jajanan yang pernah populer. Di era 90an, salah satu jajanan yang banyak disukai adalah Es Gabus Pelangi atau Es Gabus.

Dimakan di siang hari apalagi saat pulang sekolah, tentu terasa nikmat dan menyegarkan. Es gabus merupakan salah satu minuman yang terbuat dari tepung hunkwe yang dibekukan dan memiliki rasa yang nikmat. Seperti dilansir dari Lihat, Es gabus punya tekstur dan empuk dan tentunya pas sebagai pelepas rasa dahaga kita.

Kudapan ini bisa dikatakan sebagai es favoritnya anak-anak tapi juga disukai orang dewasa. Saat ini mungkin sudah sangat sulit untuk mencari jajanan khas 90an ini. Tapi tak usah khawatir kalau Anda kangen ingin menikmati es gabus. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

Selain proses pembuatan dan bahan yang diperlukan terbilang simpel, es ini aman buat dikonsumsi karena tanpa pemanis buatan dan juga bahan pengawet. Harga bahan-bahannya pun termasuk murah. Seperti dilansir dari cookpad, kita simak resep membuat jajanan khas 90an, Es Gabus Pelangi.

Bahan yang disiapkan:

Santan | via: belgraviacentre.com

150 gram tepung hun kwe
1 sachet vanili
1000 ml air (atau bisa 10 gelas belimbing)
200 ml santan kental
11 Sdm gula pasir
2 jumput garam (klo di ambil pakai jari telunjuk dan jempol 2 kali)
5-10 tetes pewarna (tergantung selera dan ketajaman warna). Warna yang akan dipakai di sini: merah rose, kuning muda dan hijau muda.

Cara pembuatannya:

Campur semua bahan kecuali Pewarna, aduk sampai rata

Pisahkan 3 bagian di tempat yang berbeda, lalu masukan masing-masing pewarna lalu aduk

Es Gabus Pelangi. foto: cookpad

Nyalakan kompor dengan api kecil, Panaskan satu persatu sambil diaduk sampai meletup dan kental, lalu masukkan ke dalam cetakan dan panaskan kembali warna-warna berikutnya

Diamkan sampai panasnya hilang dan masukkan ke dalam lemari es.

Setelah kira-kira sudah agak padat, potong dan masukan ke dalam plastik. Es Gabus Pelangi siap disajikan. Kalau masih belum habis bisa disimpan kembali di dalam freezer.

Es Gabus Pelangi. foto: cookpad

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading