Sukses

Fashion

Rambut Rontok? Atasi dengan 3 Tips Alami Ini

Fimela.com, Jakarta Mengalami rambut rontok memang salah satu masalah besar, selain helaian rambut menenpel dimana saja, rambut yang rontok juga membuat kepala terlihat pitak lama kelamaan.

Untuk mengatasinya kalau nggak ke perawatan khusus rambut pasti ke salon. Namun, kalau hal tersebut kamu lakukan terlalu sering, dampaknya bisa tidak baik karena terkena bahan kimia terus menerus.

Untuk mensiasatinya, seperti yang dikutip dari Cantikitu.com, ada 3 tips alami yang bisa kamu terapkan untuk atasi rambut rontok. Tips alami ini juga terdiri dari bahan-bahan alami yang aman tentunya. Berikut ulasannya.

1.  Lidah buaya. Lidah buaya atau aloe vera, sudah dikenal sejak jaman dulu sebagai herbal berkhasiat untuk merawat rambut. Beberapa ahli berpendapat, kandungan vitamin dan mineral lengkap dalam tanaman ini akan merangsang pertumbuhan rambut baru dari akar, memperbaiki sel/jaringan rambut yang rusak, dan mampu menghitamkan rambut secara alami.

Cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya, sediakan lidah buaya seperlunya, cari yang masih segar. Belah menjadi dua bagian, lalu ambil gel yang ada di dalamnya, lalu oleskan lidah buaya ke seluruh kulit kepala setelah keramas. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, atau sampai kering. Bilas dengan memakai air dingin sampai bersih sempurna.

Nggak hanya untuk kosmetik, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kamu. (Foto: healthscrutiny.com)

2. Teh hijau dan daun seledri. Teh hijau mengandung senyawa antioksidan tinggi yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di bagian kepala. Sedangkan daun seledri, ia memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan zat besi yang terbukti dapat menguatkan rambut dari akarnya. Selain itu, dengan penggunaan rutin campuran teh hijau dan daun seledri juga efektif untuk mengkilaukan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok dengan daun seledri dan teh hijau, siapkan handuk yang sudah direndam air lemon hangat, gunakan handuk hangat tadi untuk menutup kepala selama 10 menit. Setelah itu, tetesi rambut dengan menggunakan seduhan daun seledri dan teh hijau. Jangan lupa pijat-pijat lembut supaya meresap sempurna. Setelah kurang lebih setengah jam, bilaslah menggunakan air dingin.

Ilustrasi Teh Hijau (iStock)

3. Kemiri. Kemiri termasuk salah satu bumbu dapur yang paling banyak digunakan ketika memasak. Hampir 66 % lebih kemiri terdiri dari minyak yang mengandung mineral alami lengkap seperti zat besi, kalium, kalsium, dan sebagainya. Minyak inilah yang sering dipakai oleh orang jaman dulu untuk mempercepat pertumbuhan jenggot dan kumis. Namun selain itu, kamu pun bisa memakai minyak kemiri tersebut untuk mengatasi rambut rontok secara alami.

Cara mengatasi rambut rontok dengan kemiri, caranya cukup sangrai kemiri secukupnya, lalu haluskan sampai keluar minyaknya. Teteskan minyak kemiri merata keseluruh bagian rambut yang sudah bersih. Diamkan 1-2 jam sampai meresap sempurna, kemudian bilas air dingin.

Kemiri. | via: legallyfabulous.blogspot.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading