Sukses

Fashion

Tips Belanja Online Supaya Kamu Nggak Salah Beli

Fimela.com, Jakarta Fenomena online shop belakangan ini membuat kamu jadi gila belanja barang melalui internet. Karena sangat mudah melihat aneka produk seperti tas, sepatu, baju, celana, rok, aksesoris, peralatan rumah tangga, eletronik dan sebagainya, hanya dengan memainkan jari jemari di smartphone lalu pilih produk yang kamu suka.

Tapi, banyak juga yang dikecewakan dari hasil belanja online. Karena gambar yang terlihat di smartphone terkadang tidak sesuai dengan aslinya. Malah yang lebih parah sudah mengeluarkan uang banyak barang yang datang sangat jauh berbeda dari yang diharapkan. Alhasil, uang sudah dikeluarkan mubazir begitu saja, karena pasti barang tersebut tidak mau kamu pakai. Untuk itu, harus lebih teliti lagi yuk untuk membeli produk di online shop. Ini tips belanja online supaya nantinya kamu gak melakukan kesalahan lagi, karena pasti ada penjual yang nakal.

1. Lebih Teliti dalam Memilih Situs

Ini penting sekali untuk melakukan transaksi dengan perusahaan yang sudah kamu kenali. Walaupun kamu memilih situs asing pastikan untuk melakukan penelitian tentang perusahaan tersebut. Kamu harus rajin-rajin browsing untuk mendapatkan situs yang tepat, jangan asal pilih.

Jangan salah beli barang di online shop. (domain.com)

2. Jangan Tergiur Diskon

Biasanya cewek paling senang melihat barang yang disukai mendapat potongan harga atau diskon. Mereka pun langsung tertarik untuk membeli dan tanpa berfikir panjang meng-klik tombol buy. Padahal kamu tetap harus kroscek lagi apakah barang tersebut yang kamu butuhin atau tidak, jadi gak salah beli deh.

Tips Belanja Online Supaya Kamu Nggak Salah Beli. (Foto: forbes.com)

3. Jangan Malas Baca Testimono Konsumen

Untuk mengetahui apakah online shop yang kamu pilih memiliki kredibilitas tinggi atau tidak, caranya sangat mudah sebelum memutuskan untuk membeli, jangan malas untuk membaca setiap testimoni para konsumen lain ya, karena dari semua testimoni tersebur kamu bisa mendapatkan refrensi.

Jangan salah beli barang di online shop. (shuterstock)

4. Pilih Transaksi COD

Bila sudah memilih produk yang akan kamu beli, lihat transaksi yang diberikan. Disarankan untuk memilh sistem pembayaran COD (cash on delivery), dengan sistem ini, uang dibayar saat barang datang dan kamu bisa mengecek barang bila tidak sesuai kemudian langsung kamu kembalikan untuk ditukar.

Jangan salah beli barang di online shop. (businesstoday.id)

5. Simpan Bukti Transaksi 
Ini penting untuk kamu simpan, karena ketika kamu sudah melakukan pembayaran dengan menyimpan struk tersebut kamu punya buktinya. Jaga-jaga si penjual lalai menghilangkan bukti transaksi kamu yang akan membuat barang kamu tidak sampai. 

Jangan salah beli barang di online shop. (lifestyleindonesia.com)

6. Polisi Online

Sekarang ini sudah ada polisi online yang merupakan sebuah website untuk membantu para pembeli online. Tugasnya polisi online akan melacak keaslian online shop dan akan memberikan informasi mengenai online shop tersebut. Caranya hanya memasukkan alamat website online shop yang kamu pilih, kemudian polisi online akan melacak keasliannya.

Jangan salah beli barang di online shop. (policeonline.info)

Jadi, jangan lupa ya untuk melakukan cara-cara diatas saat berbelanja online, agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading