Sukses

Fashion

Desainer Alexander Wang Sangkal Tuduhan Pelecehan Seksual pada Model

Fimela.com, Jakarta Alexander Wang akhirnya buka suara setelah beberapa hari diam atas tuduhan pelecehan seksual yang dialamatkan pada dirinya oleh seorang model bernama Owen Mooney. Lewat video TikTok, model pria yang juga berprofesi sebagai desain grafis ini mengaku diraba-raba oleh desainer fashion Alexander Wang  di salah satu klub malam di New York pada 2017.

"Saya tidak pernah terlibat dalam perilaku mengerikan yang dijelaskan," kata Wang lewat pernyataan resminya pada New York Times, 31 Desember 2020.

 

Tuduhan pelecehan seksual memicu gelombang besar secara online, terlebih diposting kembali oleh dua akun Instagram dengan banyak follower yang menyebut dirinya sebagai pengawas industri mode. Yaitu Diet Prada yang dijalankan oleh Tony Liu dan Lindsey Schuyler dan akun lain yang mendedikasikan untuk mengungkapkan cara kerja dalam industri permodelan.

"Saya melihat kebohongan yang diabadikan sebagai kebenaran dan hal itu membuat geram. Saya berniat untuk menyelesaikan ini dan meminta pertanggungjawaban pada siapa pun atas klaim ini dan dengan kejam menyebarkannya secara online," lanjut Alexander Wang.

Tak Ada Bukti dan Tanpa Pengecekan Fakta

Awalnya Mooney membagikan pengalaman dilecehkan tanpa menyebut nama orang yang melakukannya. Setelah sejumlah komentar menanggapi videonya dengan bertanya apakah itu Alexander Wang, ia pun mengonfirmasi spekulasi lewat video kedua dan tidak membantahnya. 

"Selama beberapa hari terakhir saya telah menerima tuduhan tidak berdasar dan sangat palsu. Klaim ini telah diperkuat secara keliru oleh akun media sosial yang terkenal karena mem-posting materi yang memfintah dari sumber yang dirahasiakan atau anonim tanpa bukti atau pengecekan fakta apa pun," tulis Wang lagi.

Wang pun menonaktifkan komentar pada akun Instagram resminya pada minggu ini. Dan di minggu yang sama, Wang juga harus menghadapi kelompok advokasi mode Model Alliance yang mendukung pada penuduh Wang.

"Kami berdiri dalam solidaritas dengan mereka yang telah berbagi tuduhan pelecehan seksual oleh Alexander Wang. Kurangnya transparansi dan akuntabilitas industri fashion membuat semua model rentan terhadap pelecehan, terlepas dari jenis kelamin atau identitas gender mereka." kata grup itu di Instagram.

Simak Video Berikut

#elevate women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading