Sukses

Fashion

5 Hal Penting Seputar Perkembangan Industri Fashion di 2021 yang Patut Diketahui

Fimela.com, Jakarta Pandemi telah mendorong perubahan pola perilaku konsumen, terutama di ranah fashion berkelanjutan. Kini, konsumen memiliki ekspektasi dan menuntut lebih dari merek dan bisnis.

Sebuah penelitian oleh McKinsey mengungkapkan bahwa 5 persen pembeli setuju bahwa mereka telah membuat perubahan signifikan pada gaya hidup mereka untuk mengurangi dampak lingkungan. Sedangkan 15 persen konsumen berharap dapat membeli pakaian yang lebih ramah lingkungan dan sosial. 

Konsumen yang memiliki kesadaran tentang fashion berkelanjutan, akan terus mendorong brand dan bisnis untuk memproduksi pakaian yang lebih ramah lingkungan juga lebih bertanggung jawab di sepanjang tahun 2021. 

Felix Soni, Head of Textiles, Zilingo Indonesia mengatakan, merek dan bisnis yang dapat mengubah orientasi misi dan model bisnis ke arah yang lebih berkelanjutan akan menjangkau lebih banyak pelanggan daripada sebelumnya. 

“Sebagai platform solusi bisnis satu atap, Zilingo Trade siap untuk mendukung lebih banyak perusahaan yang ingin mengakses dan mengadopsi tekstil berkelanjutan. Sebagai bukti komitmen kami, kami telah bermitra dengan pemasok tekstil makanan dan berkelanjutan terbesar di dunia, Toyoshima, sehingga merek, pengecer, dan bisnis di seluruh Indonesia sekarang dapat memperoleh lini kain dan tekstil berkelanjutan ini secara digital di zilingotrade.id,” ujarnya.  

Para pelaku bisnis fashion juga dapat beralih ke cara yang lebih inovatif untuk mengurangi stok dan memasukkan kembali nilai sosial ke dalam produk mereka, seperti mempercepat lahirnya tren keberlanjutan. Departemen Komunikasi Zilingo Indonesia, telah mengumpulkan insight mengenai tren keberlanjutan untuk merek dan bisnis Indonesia yang perlu diperhatikan memasuki kuartal III 2021: 

1. Konsumen lebih memilih pakaian kasual yang nyaman sebagai seragam

Pandemi yang sedang berlangsung telah membuat masyarakat untuk tetap berada di rumah - minimnya bersosialisasi dan maraknya pertemuan virtual mulai membuat seragam "Bekerja Dari Rumah'' yaitu pilihan pakaian yang nyaman namun tetap terlihat profesional di depan kamera untuk dipakai bekerja selama seminggu. 

Pakaian seperti loungewear dengan warna atau pola yang sama atas dan bawah dapat digunakan dengan cara yang lebih fleksibel, dapat menjadi pakaian kerja namun tetap nyaman digunakan di rumah. Maraknya pakaian berbahan dasar katun juga terlihat pada berbagai jenis pakaian, dikarenakan bahan ini dianggap paling nyaman untuk dipakai bekerja ataupun bersantai di rumah. Karenanya, merek dan bisnis perlu fokus menghasilkan koleksi kasual yang paling nyaman.

2. Merek mulai menarik minat konsumen melalui upcycling

Upcycling adalah tren yang terus berkembang dan merupakan salah satu hal paling berkelanjutan yang dapat dilakukan untuk produk fashion. Dikarenakan upcycling memanfaatkan barang yang sudah ada, seringkali menggunakan sedikit sumber daya dalam pembuatannya dan benar-benar membuat barang 'yang tidak diinginkan' tidak menjadi limbah. 

Daur ulang ini dapat meningkatkan kreativitas merek dalam membuat barang-barang unik. Alih-alih membeli banyak pakaian berbeda untuk satu koleksi. Dengan membuat lemari pakaian kapsul dari koleksi sebelumnya, merek dan bisnis bisa mengkreasikan produk lama menjadi sesuatu yang baru. Hasilnya, ini akan mengurangi limbah fashion dan menciptakan produk limited edition yang dapat dibeli pelanggan.

3. Konsumen lebih memilih merek lokal untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional

Berbelanja secara lokal dan mendukung komunitas lokal dari rumah adalah tren yang kemungkinan besar akan bertahan di tahun 2021 dan seterusnya. Perbatasan yang masih ditutup dan situasi yang sulit bagi bisnis lokal telah menyatukan masyarakat Indonesia untuk bahu membahu membantu masyarakat setempat. 

Bisnis lokal juga dapat memanfaatkan strategi digital untuk terhubung dengan konsumen di berbagai kanal. Dikarenakan masyarakat Indonesia tetap di rumah dan meningkatnya konsumsi konten mereka di perangkat seluler dan komputer, penting bagi merek dan bisnis untuk mempertimbangkan bagaimana menjangkau konsumen di media sosial dan melalui iklan online. 

4. Konsumen mengharapkan merek yang mereka dukung dapat bertanggung jawab secara sosial

Dampak sosial adalah salah satu area yang perlu diperbaiki merek dan bisnis Indonesia. Merek harus lebih terbuka mengenai informasi pemasok mereka dan tindakan yang mereka ambil untuk memastikan kondisi kerja yang etis serta upah yang adil. Para pelaku bisnis juga perlu lebih sadar akan dampak lingkungan di setiap tahap desain. 

Apalagi jika menyangkut industri fashion yang sebagian besar dilakukan secara offline, ketika pandemi melanda banyak kegiatan sourcing harus dilakukan secara online seperti pencarian bahan baku, produksi, pengiriman, dan penyimpanan. Pelaku bisnis perlu meminimalkan dampak terhadap lingkungan sekaligus membantu konsumen untuk melakukan hal yang sama. 

5. Pelaku bisnis perlu menjunjung inklusivitas dan merangkul keragaman

Istilah keragaman dan inklusivitas telah digunakan selama bertahun-tahun dalam industri fashion etis sebagai kepedulian terhadap keadilan lingkungan, ketidaksetaraan rasial, dan perampasan budaya akhirnya dibawa ke garis depan baik untuk pelaku bisnis maupun konsumen.

Para pelaku bisnis yang memasarkan produk mereka pada model yang terlihat berbeda - dalam ukuran badan, warna kulit, usia, bentuk, kepribadian - mendapatkan daya tarik lebih dari sebelumnya. Pemasaran visual juga memainkan peran penting dalam menggambarkan keragaman dari setiap bagian fashion untuk dipilih konsumen sebelum mereka memutuskan untuk membeli.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading