Sukses

Fashion

Diary Fimela: Viral di TikTok, Christie Basil Menginspirasi Pasangan Temukan Busana Pengantin Idaman

Fimela.com, Jakarta TikTok menjadi media sosial yang tidak hanya sekadar menyajikan hiburan semata. Ada begitu banyak informasi yang unik dan menarik yang disampaikan dalam format video, termasuk soal busana pengantin.

Ya! Busana pengantin menjadi salah satu konten seputar pernikahan yang banyak ditonton di TikTok. Desainer Christie Basil yang membuat konten busana pengantin menjadi makin populer. Ia kerap mengunggah video tentang proses penggarapan sebuah gaun pengantin di TikTok yang membuat calon pengantin terinspirasi untuk membuat busana pengantin idamannya.

Lewat akun TikTok pribadinya, Christie Basil membagikan cerita di balik penggarapan setiap karyanya, mulai dari daily wear hingga wedding gown yang cantik. Secara konsisten Christie Basil mengunggah konten tentang proses perancangan busana, hingga kini sudah mendapatkan 45,6 juta likes.

Melihat potensi konten seputar pernikahan semakin digemari oleh komunitas pengguna, TikTok dan Christie Basil berkolaborasi untuk menghadirkan gaya bercerita baru melalui program #SerialTikTok. Di format baru yang terbagi ke dalam dua season dan masing-masing lima episode ini, Christie menceritakan secara lebih mendalam dan mendetail tentang perjalanannya mewujudkan gaun pengantin impian untuk sang klien, mulai dari momen brainstorming, pembuatan sketsa desain, tantangan yang dihadapi menuju hari-H, hingga hari berbahagia masing-masing pasangan.

 

Mulai menggarap konten TikTok

Christie mengawali perjalanannya sebagai seorang kreator di TikTok pada tahun 2020. Kala itu, Christie menggunakan akunnya untuk mengunggah konten seputar tutorial mix-and-match baju rancangannya di bawah label AT VEZZO. Namun, selain menunjukkan koleksi ready-to-wear miliknya, Christie juga beberapa kali mengunggah proses pembuatan berbagai busana yang ia desain, termasuk gaun pengantin yang menjadi keahlian Christie. Melihat antusiasme yang ditunjukkan oleh para komunitas TikTok, ia pun mulai menggunakan fitur Reply Comment with Video dengan membagikan tutorial membuat item fashion, mulai dari cara membuat petticoat hingga bustier untuk wedding gown.

"Sebagai akibat dari pandemi, semua orang beralih dari offline ke online. Melihat fenomena ini, sebagai seorang entrepreneur, saya merasa tertantang untuk bisa lebih kreatif dalam menampilkan produk saya. Saya pun mulai mempelajari audiens di platform tersebut, termasuk di TikTok. Ternyata, banyak sekali audiens yang penasaran mengenai proses behind-the-scenes dari karya yang saya buat. Dari situlah terbesit ide untuk mulai mengembangkan konten seputar wedding yang menghibur namun tetap terasa intimate,"ujar Christie.

Komunitas TikTok yang beragam dan tersebar di seluruh dunia membantu Christie untuk terhubung dengan lebih banyak calon klien yang ingin mendapatkan busana rancangannya. Mereka yang rajin mengikuti konten Christie pun tergugah untuk memesan gaun pengantin ciptaannya. Permintaan akan wedding gown pun semakin beragam, mulai dari busana pengantin yang menggabungkan adat Tiongkok dan Jawa hingga gaun yang terinspirasi oleh baju Hanbok dari Korea. Klien yang masuk pun datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari luar negeri seperti dari Amerika Serikat.

 

Apresiasi dari penonton

"Saya tidak pernah menyangka bahwa unggahan konten tentang cerita di balik pembuatan wedding gown ini dapat diterima dengan sangat positif oleh komunitas TikTok. Banyak dari followers-ku yang sangat kagum saat melihat gaun impian klienku dikenakan saat hari pernikahan mereka. Tidak sedikit dari followers-ku yang juga ikut mengucapkan selamat kepada klien atau calon pengantin yang aku feature di kontenku. Para klien pun ikut senang karena mereka bisa ikut menularkan kebahagiaan mereka ke pengguna lainnya," kata tutur Christie Basil.

Ketekunan Christie dalam menghadirkan konten hiburan dengan cara baru ini mendapat apresiasi oleh TikTok. Lewat program #SerialTikTok, Christie diajak TikTok untuk berkolaborasi bersama dua pasang kreator konten dengan perjalanan cinta mereka yang menyentuh. Pasangan yang dimaksud adalah Ibnu Wardani & Lalita Utami serta Joniastin & Darinazhari.

 

Hadir dalam lima episode

Melalui lima episode di setiap season-nya, Christie akan membantu kedua pasangan ini mewujudkan wedding dream mereka dengan membuat gaun dan jas para pengantin impian kedua pasangan ini.

Menurut Christie, akan ada banyak cerita menarik di balik setiap proses merancang sebuah gaun, khususnya wedding gown. Mulai dari menyatukan pikiran dari kedua pasangan, menerjemahkan konsep yang diinginkan ke sebuah desain, hingga proses fitting yang sering kali mengharukan.

What's On Fimela
Loading