Sukses

Fashion

Inspirasinya Inspirasi Sebastian Gunawan, Perempuan di Balik Imajinasi Legendaris dalam Koleksi Sebastian Gunawan Signature 2022/2023

Fimela.com, Jakarta Sebastian Gunawan akhirnya menghadirkan koleksi terbarunya secara offline, setelah dua tahun vakum selama masa pandemi. Melalui labelnya Sebastian Gunawan Signature, desainer kenamaan tanah air ini menghadirkan koleksi 2022/2023 di Grand Ballroom Hotel Mulia Jakarta.

Kali ini, inspirasi Sebastian Gunawan hadir dari muse yang menginspirasi para seniman legendaris. Nama dan bakat besar seperti Edoard Manet, Salvador Dali, Pablo Picasso, dan Gustav Klimt seringkali dikenal secara individual, sedangkan faktanya, kreativitas dan motivasi dalam berkarya kerap bersumber dari luar diri mereka.

Inilah yang kemudian menginspirasi Sebastian Gunawan untuk mengangkat sosok perempuan yang disebut sebagai "muse," sosok di balik terangnya nama sang seniman. Kehadiran dan eksistensi para muse inilah yang menjadi landasan ide bagi Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese dalam mempersembahkan koleksi Sebastian Gunawan Signature 2022/2023.

 

Sebastian Gunawan Signature 2022/2023

Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese memilih dua orang muse yang mengilhami Gustav Klimt (1862-1918), yaitu Adele Bloch-Bauer dan Emilie Floge. Dalam memvisualisasikan kedua muse ini, Gustav Klimt menciptakan pakaian-pakaian yang sebenarnya tampak seperti selimut, berjuntai, bertumpuk, dan kerap menampilkan bahu terbuka.

"Adele dan Emilie bukan perempuan pada umumnya saat itu. Mereka bebas dan termotivasi, membentuk karakter yang berbeda dengan budaya pada zaman itu," jelas Sebastian Gunawan saat ditemui oleh Tim FIMELA.

Koleksi Sebastian Gunawan Signature 2022/2023 menghadirkan 75 look, di mana setiap item memiliki siluet yang diterjemahkan ke dalam bentuk rancangan yang wearable, high fashion, dan relevan dengan pola pikir fashion saat ini. Baik Sebastian Gunawan, maupun Cristina Panarese berimajinasi jika Adele dan Emilie masih hidup di masa ini, akan seperti apa.

Sebastian Gunawan Signature 2022/2023

Pada beberapa gaun disematkan korset sebagai penyeimbang dominasi siluet bervolume puff dan serba tumpuk. Lalu, terciptalah berbagai rancangan modern, seperti crop top, crop jacket, mini dress, dan unsur kerah tinggi.

Motif berkarakter art nouveau pada pakaian Adele dan Emilie yang diciptakan oleh Gustav Klimt menjadi tantangan tersendiri bagi craftmanship Sebastian Gunawan Signature, direpresentasikan dalam seni beading dan ornamentasi. Motif, seperti sulur khas art nouveau, geometris, dan floral abstrak diimplementasikan dengan kerja tangan yang rumit menggunakan guntingan eco-leather, feathers, beads, dan sequins di atas bahan-bahan seperti crepe, taffeta, jacquard, dan tulle.

Penggambaran dan penciptaan koleksi ini didasarkan pada kecintaan Sebastian Gunawan pada seni dan lukisan. Bagaimana menurutmu, Sahabat FIMELA?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading