Sukses

Fashion

Cara Mencuci Baju dengan Bahan Knit Agar Tetap Awet dan Nyaman Dikenakan

Fimela.com, Jakarta Baju dari bahan knit sering kali menjadi pilihan favorit semua orang dalam dunia fashion. Hal ini dikarenakan bahan knit mampu memberikan  kenyamanan, gaya yang chic, dan tampilan yang elegan. Namun, mencuci baju berbahan knit bisa menjadi tantangan tersendiri karena sensitivitasnya terhadap gesekan dan perubahan suhu, sehingga membutuhkan perlakuan khusus agar tetap terlihat indah dan awet. 

Berikut ini adalah cara mencuci bahan knit yang tepat agar tetap indah dan awet.

1. Pisahkan baju knit dengan baju lainnya

Dilansir dari The Laundress, bahan knit sangat rawan rusak dan mudah mengalami penyusutan apabila dicuci dengan cara yang tidak benar. Oleh karena itu, tahap awal yang harus kamu lakukan dalam mencuci bahan knit adalah memisahkan baju knit dari pakaian lain dan membaca petunjuk pencucian yang tertera pada label baju.

Petunjuk ini akan memberi tahu kamu tentang suhu air yang aman, serta intruksi apakah boleh menggunakan mesin pengering, atau perlu dicuci secara manual. Dengan mengikuti petunjuk pencucian yang sesuai, maka tak perlu khawatir baju knitmu rusak atau menyusut. 

 

2. Cuci dengan cara lembut

Bahan knit cenderung rentan terhadap gesekan kasar, yang dapat menyebabkan perubahan bentuk atau merobek seratnya. Oleh karena itu, penting untuk mencuci baju knit dengan cara lembut. Gunakan siklus pencucian yang ringan dan gunakan deterjen yang lembut atau khusus untuk baju berbahan knit. Selain itu, hindari mencampur baju knit dengan pakaian yang memiliki pengait atau tekstur kasar yang dapat merusak serat bahan knit.

3. Hindari perendaman yang terlalu lama

Apabila kamu mencuci baju knit secara manual, sebaiknya hindari merendam baju knit terlalu lama! Hal ini dikarenakan perendaman yang berlebihan dapat menyebabkan peregangan serat dan mengubah bentuk baju. Oleh karena itu, sebaiknya kamu cukup rendam baju knit dalam air yang cukup selama beberapa menit saja, lalu perlahan gosok bagian yang kotor dengan lembut menggunakan tangan.

4. Keringkan baju knit dengan hati-hati

Dilansir dari Good Housekeeping, setelah mencuci baju knit penting untuk mengeringkannyaa dengan hati-hati. Hindari memeras atau menggantung baju knit yang basah secara langsung! Hal ini dikarenakan memeras baju knit atau langsung menjemurnya dalam keadaan basah dapat menyebabkan serat menjadi renggang dan berubah bentuk.

Oleh karena itu, cara mengeringkan baju knit yang benar sebaiknya letakkan baju tersebut di atas permukaan yang datar, seperti rak pengering atau meja yang dilapisi dengan handuk bersih. Pastikan baju terbentang dengan baik dan tidak bertumpuk dengan baju lainnya. Penting untuk diingat, mengeringkan baju knit yang benar adalah membiarkannya mengering dengan sendiri tanpa perlu bantuan alat pengering atau suhu panas matahari. Sebab, suhu panas yang berlebihan dapat merusak serat dan bentuk pakaian.

 

5. Menyimpanan baju knit dengan tepat

Terakhir, pastikan untuk menyimpan baju knit dengan benar setelah selesai mencuci. Lipat baju knit dengan lembut dan simpan di tempat yang kering dan bebas dari hewan pengerat.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading