Sukses

Fashion

Gubernur NTB Meresmikan Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) Sebagai Gelaran Fashion Skala Internasional

Fimela.com, Jakarta Di tengah rintik hujan, antusiasme tak terbendung Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., saat meresmikan pembukaan Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) pada (06/07) hingga (09/07) 2023 di Merumatta Senggigi Hotel, Lombok, NTB.

Dilansir dari Ntbprov.go.id, LIMOFF diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (PemProv) NTB dan Dekranasda NTB, bekerja sama dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC), menjadi perhelatan fashion skala internasional pertama di NTB. Acara ini mengintegrasikan berbagai kegiatan menarik seperti peragaan busana, lokakarya, kompetisi, talkshow, dan pameran standar internasional. Tidak hanya mode, LIMOFF juga menjadi ajang promosi bagi sektor industri kreatif unggulan lainnya di NTB, seperti pariwisata, kerajinan tangan, kecantikan, dan kuliner halal.

Dengan mengusung tema "Making Lombok Sumbawa as Gateway to Global Market," LIMOFF bertujuan untuk mempromosikan kekayaan budaya NTB melalui karya-karya kreator fashion, termasuk jenama fashion dan pengrajin tekstil di NTB. Tujuan ini merupakan upaya untuk mengembangkan industri fashion dan kreatif lokal serta menjadikan NTB sebagai pusat mode muslim nasional yang berkiblat pada fashion muslim Indonesia dan dunia.

Dalam acara peresmian LIMOFF turut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Ketua Dekranasda NTB dan Founder LIMOFF, Niken Zulkieflimansyah, Ketua DPRD Provinsi NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaedah, Kapolda NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Danrem 162 WB, Brigjen TNI Agus Bhakti S.IP., M.I.P, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC), Ali Charisma, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Heru Saptaji, Direktur Utama Bank NTB Syariah, Kukuh Rahardjo, General Manager PT Moga Djaja - Viva Cosmetics, Oscar Kusuma, dan Oji Fahrurozi, General Manager Merumatta Hotel.

 

LIMOFF 2023 menampilkan 109 desainer dari jenama fashion lokal, nasional, hingga mancanegara

Dalam rangkaian acara pembukaan LIMOFF 2023, Ketua Dekranasda NTB dan Founder LIMOFF, Niken Zulkieflimansyah, menjelaskan bahwa LIMOFF hadir sebagai wujud kecintaan mereka terhadap karya wastra NTB. Dengan kerendahan hati, mereka berharap upaya pemerintah Indonesia dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat busana muslim dunia dapat memajukan wastra lokal sebagai bagian dari kebangkitan fashion muslim Indonesia dan dunia. 

Selain itu, LIMOFF juga ditargetkan menjadi destinasi belanja produk modest fashion berkualitas internasional yang dapat mengembangkan pelaku industri kreatif baru di NTB serta melahirkan brand lokal. Dengan demikian, industri fashion ini akan menjadi sektor industri baru yang bergeliat di NTB.

Selama empat hari penyelenggaraan, LIMOFF 2023 akan menampilkan 109 desainer dari jenama fashion lokal, nasional, hingga mancanegara. Acara ini bertujuan untuk menampilkan beragam gaya modest fashion dengan menggali potensi wastra NTB. 

Acara ini juga menyajikan karya-karya desainer ternama, termasuk Fomalhaut Zamel, Hannie Hananto, Monika Jufry, Najua Yanti, Irna Mutiara, Itang Yunasz, Kami., dan Asri Welas. Kolaborasi dengan Asean Fashion Designers Showcase (AFDS) juga menghadirkan rancangan dari desainer-desainer Asean lainnya, seperti Fadzil Hadin dari Brunei, Natacha Van dari Kamboja, Wan Bainun dari Malaysia, Dave Ocampo dari Filipina, dan Hayden Ng dari Singapura.

LIMOFF 2023 didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bank Indonesia Provinsi NTB, Bank NTB Syariah, BPR NTB, Viva Cosmetic sebagai Official Makeup & Hairdo, dan Merumatta Hotel Senggigi sebagai Official Venue. Tidak hanya itu, dukungan dari berbagai dinas dan lembaga di NTB juga menjadi bagian penting dalam suksesnya LIMOFF.

 

Selain menjadi perhelatan fashion skala internasional, LIMOFF juga memberikan dukungan kepada para desainer muda dengan menghadirkan roadshow ke berbagai daerah

Pada hari pertama, LIMOFF disemarakkan dengan kegiatan Parade Kain Tenun Penyesek, Demo Masak oleh Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia NTB (APJI NTB), dan Lomba Fashion Show tingkat sekolah dasar. Pada hari kedua, acara ini semakin memikat dengan beragam fashion show yang menampilkan desain-desain kreatif, kolaborasi dengan UMKM wastra dan aksesoris unggulan dari NTB, serta presentasi karya desainer dari berbagai daerah.

Disamping itu, LIMOFF 2023 juga memberikan dukungan kepada para desainer muda dan industri kreatif dengan menghadirkan berbagai acara dan kerjasama, seperti roadshow ke berbagai daerah dan kolaborasi dengan Bank Indonesia serta The Futurist Foundation Nusantara Fashion House.

Bagi para pecinta fashion dan penggemar karya-karya modest fashion, LIMOFF 2023 adalah acara yang sayang untuk dilewatkan. Informasi dan perkembangan terkait acara ini dapat diikuti melalui akun media sosial resmi LIMOFF di Instagram (@limoff_ntb), TikTok (@limoffntb), dan YouTube (@limoffntb).

Dengan LIMOFF, keindahan, kreativitas, dan potensi industri fesyen di NTB semakin terangkat. Acara ini menjadi panggung yang mempersatukan budaya, seni, dan industri kreatif dalam menciptakan peradaban fashion yang lebih baik.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading