Sukses

Fashion

Patut Bangga, Inilah 3 Pakaian Adat Indonesia yang Mendunia

Fimela.com, Jakarta Sebagai warga negara Indonesia, kita patut bangga karena memiliki banyak warisan budaya. Indonesia teridiri dari banyaknya pulau dengan berbagai macam suku, sehingga tak heran jika Indonesia kaya akan warisan budaya.

Mulai dari agama, kepercayaan, bahasa, seni, upacara adat, hingga pakaian adat, semua warisan budaya ini patut kita apresiasi dan lestarikan. Dengan begitu, kekayan budaya ini tidak hilang begitu saja.

Salah satu aspek paling mencolok dari kekayaan budaya Indonesia adalah pakaian adatnya yang khas dan memikat. Pakaian adat Indonesia telah menarik perhatian dunia dengan keindahan, keragaman, dan warisan budayanya yang kaya.

Pakaian adat adalah salah satu identitas bangsa yang harus dibanggakan. Tidak hanya di dalam negeri saja, bila perlu, kita perlu membanggakannya hingga identitas kita ini juga dikenal dunia, seperti yang akan kita bahas berikut. Sahabat Fimela, yuk simak informasi seputar pakaian adat Indonesia yang mendunia, yang dilansir dari Indonesia Design.

1. Kebaya

Kebaya adalah salah satu pakaian adat Indonesia yang paling terkenal. Berasal dari pulau Jawa, kebaya menjadi pakaian adat yang sering dipakai dalam berbagai acara formal, seperti penikahan, acara resmi, upacara adat, dan acara penting lainnya.

Kebaya merupakan pakaian adat perempuan yang menggambarkan simbol fiminitas dan keanggunan. Kebaya terdiri dari atasan dipadukan dengan bawahan kain panjang batik yang disebut jarik, serta selendang. Seiting berkembangnya zaman, desain kebaya juga ikut berkembang dan saat ini terdapat berbagai variasi dalam desainnya yang menggabungkan unsur-unsur tradisional dengan sentuhan modern.

 

2. Payas Agung

Tidak hanya memiliki kekayaan alam yang indah, Bali juga mempunyai pakaian adat yang tak kalah cantik, yaitu Payas Agung. Pakaian adat yang dikenakan untuk perempuan ini biasanya digunakan saat acara penting, seperti pernikahan, mesagih (upacara potong gigi), ngaben, dan upacara adat lainnya.

Pakaian adat Payas Agung terdiri dari tapih yang yang dikenakan dengan dililit dari dada hingga kaki. Kain tersebut dilapisi oleh kemben dan kamen prada yang menutup tubuh sampai mata kaki. Payas Agung dikenakan bersama mahkota dan aksesoris berwarna emas, membuat siapa saja yang memakainya terlihat cantik, elegan, dan anggun.

 

3. Ulos

Berasal dari provinsi Sumatra Utara, kain Ulos merupakan salah satu pakaian adat yang populer milik suku Batak. Ulos sering digunakan sebagai selendang atau syal yang dililitkan ke tubuh.

Ada berbagai macam jenis kain ulos yang memiliki pola dan maknya simbolisnya tersendiri. Beberapa jenis kain ulos yang terkenal yaitu Ulos Ragidup, Ulos Batak Toba, Ulos Suri-Suri, Ulos Ragi Hotang.

Kain ulos biasanya dikenakan pada acara-acara adat, pernikahan, dan upacara keagamaan. Selain itu, kain ulos juga bisa digunakan untuk menghias meja upacara dan digantung sebagai hiasan rumah.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading