Sukses

Fashion

Mengenal Capsule Wardobe, Solusi Tampil Minimalis dan Tetap Modis

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela mempunyai banyak pakaian yang menumpuk di lemari? Meskipun begitu, Sahabat Fimela masih sulit untuk menentukan pakaian mana yang harus dikenakan? Jika iya, artinya Sahabat Fimela perlu menerapkan metode capsule wardobe.

Apa itu capsule wardobe? Dilansir dari Whowhatwear.com, caspsule wardobe merupakan koleksi pakaian minimalis yang terdiri pakaian-pakaian serbaguna yang benar-benar suka untuk dipakai. Pada dasarnya, capsule wardobe memungkinkan Sahabat Fimela untuk menciptakan berbagai tampilan yang berbeda dengan pilihan pakaian yang relatif sedikit.

Dilansir dari Modernminimalism.com, istilah "capsule wardobe" ini berasal dari dari tahun 1970-an dan diciptakan oleh Susie Faux, pemilik butik di London yang bernama Wardrobe. Menurut Faux, sebuah capsule wardrobe berisi beberapa pakaian esensial dan timeless, seperti rok dan celana, yang bisa Sahabat Fimela tambahkan dengan pakaian musiman. Nah, konsep ini mulai populer pada tahun 1985 dengan koleksi capsule pertama desainer Donna Karan yang disebut "Seven Easy Pieces." Koleksi tersebut termasuk bodysuit, rok, tailored jaket, gaun, barang-barang kulit, kemeja putih, dan cashmere sweater.

Belakangan ini capsule wardobe mulai populer kembali karena kesadaran orang-orang yang peduli dengan dampak lingkungan dari industri fesyen. Dengan mengadopsi metode capsule wardobe, mereka bisa mengurangi jumlah pakaian yang dibeli dan mengurangi limbah tekstil. Hal ini sejalan dengan upaya menjaga lingkungan. Selain itu ada beberapa manfaat lain yang dapat Sahabat Fimela rasakan saat menerapkan metode capsule wardobe ini, simak informasi berikut.

Manfaat menerapkan Capsule Wardobe

Dilansir dari Modernminimalism.com, berikut adalah manfaat dari menerapkan capsule wardobe:

Meminimalisir kebingungan saat memilih baju

Sahabat Fimela janganber pikir akan kekurangan pakaian dengan pilihan yang sedikit ini. Capsule wardobe justru membuatmu lebih mudah untuk memilih pakaian yang akan dikenakan. Dengan menerapkan capsule wardobe, Sahabat Fimela akan jadi lebih kreatif dalam berpakaian dibandingkan saat mempunyai ratusan pakaian di lemari.

Bisa membeli pakaian yang lebih bagus

Ketika Shabat Fimela berhenti membeli pakaian yang tidak diperlukan, Sahabat Fimela akan punya banyak uang untuk menginvestasikan dalam pakaian yang berkualitas tinggi, yang mana dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Menghemat waktu

Apakah Sahabat Fimela pernah membayangkan berapa waktu yang dihabiskan untuk berbelanja (online atau ke toko) dalam beberapa tahun terakhir, mencoba pakaian, dan mengembalikan atau menukar barang? Kemudian, berapa banyak waktu yang Sahabat Fimela habiskan untuk mengurus pakaian di lemari? Hal tentunya memakan waktu yang tidak sedikit.

Ketika menerapkan capsule wardobe yang minimalis, Sahabat Fimela akan menghabiskan waktu yang jauh lebih sedikit untuk semua hal tadi. Dengan begitu, Sahabat Fimela mempunyai banyak waktu dan energi untuk fokus pada hal-hal lain yang lebih penting.

Mengurangi stres

Memiliki terlalu banyak barang di sekitar dapat meningkatkan hormon stres dalam tubuh, yaitu kortisol. Dengan mengurangi jumlah pakaian dalam lemarimu, Sahabat Fimela meminimalisir kekacauan yang akan terjadi di rumah. Lemari jadi lebih rapi dan menenangkan untuk dilihat. Selain itu, menerapkan capsule wardobe membuatmu jadi tidak stres dalam hal berpakain karena Sahabat Fimela tahu pakaian yang disukai, tahu cara memakainya dan memadukannya, serta cocok di tubuh.

Cara menerapkan Capsule Wardobe

Dilansir dari Modernminimalism.com, berikut adalah cara menerapkan capsule wardobe:

Langkah 1: Bersihkan lemari pakaian

Langkah pertama dalam menciptakan capsule wardobe adalah membersihkan lemari pakaianmu. Sumbangkan, jual, atau daur ulang pakaian-pakaian yang:

  • Tidak muat
  • Tidak disukai
  • Mempunyai gaya dan warna yang mirip dengan pakaian lain yang sudah dimiliki
  • Tidak cocok dengan warna kulit maupun bentuk tubuh
  • Kotor maupun rusak yang sudah tidak bisa diperbaiki

Setelah itu, kosongkan lemari dan atur sisa pakaian dalam kategori berikut:

  • Bawahan (celana, rok, dan celana pendek selain jeans)
  • Jeans (panjang dan pendek)
  • Kaos dan tank top
  • Atasan dan blus
  • Sweater
  • Dress dan jumpsuit
  • Mantel dan jaket

Langkah 2: Seleksi pakaian untuk kapsulmu

Setelah selesai mengategorikan pakaian yang tersisa, kini saatnya menyeleksi pakaian yang ingin Sahabat Fimela masukkan ke dalam capsule wardobe.

Pastikan untuk memilih pakaian yang berkualitas yang fungsional dan serbaguna. Pakaian fungsional berarti pakaian tersebut memiliki unsur praktis, berguna, dan sesuai dengan gaya hidupmu saat ini. Sementara itu, pakaian serbaguna berarti mudah dipadukan dengan pakaian lain, bisa di-styling dengan berbagai cara, dan bisa dikenakan dalam berbagai konteks.

Langkah 3: Buat setidaknya 10 outfit sehari-hari

Setelah selesai membersihkanlemari dan menyeleksi pakaian untuk kapsulmu, langkah selanjutnya adalah membuat 10 (atau lebih) outfit sehari-hari dengan pakaian yang sudah Sahabat Fimela seleksi tadi. Dengan begitu, Sahabat Fimela akan merasa jauh lebih nyaman dengan lemari pakaian yang minimalis dan juga menghemat banyak waktu serta energi saat berdandan.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading