Sukses

Fashion

5 Tips untuk Membuat Capsule Wardrobe Sendiri agar Tampil Stylish dengan Cara Praktis

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela punya banyak pakaian di lemari, tetapi masih suka bingung mau pakai baju apa? Yuk, cobain metode capsule wardrobe supaya bisa tetap tampil stylish hanya dengan menggunakan pakaian yang sudah ada di lemari. Jadi, kamu tidak perlu untuk terus-terusan membeli pakaian lagi dan lagi. 

Dikutip dari laman Modern Minimalism, capsule wardrobe adalah koleksi pakaian yang terdiri dari barang-barang pilihan dan dirancang untuk memaksimalkan jumlah pakaian yang dapat dikreasikan. Melalui strategi ini, kamu bisa menciptakan banyak outfit yang berbeda-beda, meski hanya menggunakan sedikit item

Menggabungkan pakaian serbaguna ini akan memotong budget Sahabat Fimela supaya bisa lebih hemat dari segi pengeluaran. Apalagi, cara ini bisa mengembangkan gaya hidup yang lebih minimalis dan tetap bisa berpenampilan trendy dengan cara yang praktis. 

Kamu juga bisa lho membuat capsule wardrobe sesuai dengan versimu sendiri. Pada intinya, kamu harus memilih pakaian yang disukai dan nyaman untuk digunakan sehari-hari. Dirangkum dari laman Steamery Stockholm dan Modern Minimalism, berikut untuk tipsnya:

1. Periksa dan Perhatikan Kembali Barang-barang di Lemari Pakaian

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengeluarkan barang-barang dari lemari supaya kamu lebih mudah untuk mengorganisir barng apa saja yang bisa dipadukan kembali menjadi tampilan outfit yang baru. Dengan capsule wardrobe, kamu juga dapat menyisihkan barang-barang yang sudah rusak, tidak disukai, tidak cocok dengan warna kulit, atau tidak sesuai dengan tipe tubuhmu. Setelah itu, kamu pun bisa mengatur pakaian tersebut berdasarkan jenisnya, mulai dari bawahan, kaos, atasan, sweater, gaun, mantel, hingga jaket. 

2. Pilih Barang sesuai dengan Gaya Pribadi

Untuk outfit sehari-hari, menggunakan barang-barang yang sesuai dengan gaya pribadi tentunya patut diperhatikan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Capsule wardrobe bisa menjadi sarana untuk mencerminkan style yang kamu sukai. Jika butuh inspirasi, kamu pun bisa dengan mudah menemukannya di berbagai website hingga aplikasi. Salah satunya melalui aplikasi Pinterest.

Cobalah untuk bermain dengan warna dan pola, serta perhatikan tekstur yang nyaman digunakan untuk keseharian. Kombinasikan bahan yang berbeda, tetapi dengan tetap memperhatikan warna yang cocok dan senada. Selain itu, pilihlah pakaian yang serbaguna supaya bisa dikenakan dalam berbagai acara. 

3. Pilih Color Palette Versimu Sendiri

Color palette menjadi salah satu aspek yang sangat berguna untuk membangun capsule wardrobe. Warna memainkan peran yang begitu penting sebagai panduan untuk referensi membuat outfit dari barang dalam lemari. Supaya lebih sederhana, pilihlah warna dasar seperti hitam, putih, biru tua, coklat atau krem. Dengan berfokus pada warna dasar tersebut, kamu bisa menambahkan beberapa warna aksen lainnya sebagai pendukung. 

Sebagai tambahan, warna netral seperti putih atau abu-abu juga bisa dijadikan pilihan untuk style minimalis, tetapi tetap terlihat rapi dan elegan. Sahabat Fimela bisa memilih warna lembut untuk mendekati warna netral, seperti warna cokelat atau warna terang yang menarik perhatian. Warna pendukung bisa membuat pakaian terlihat lebih menonjol. 

4. Pilih Barang sesuai Keinginan

Saatnya untuk memilih barang-barang yang kamu sukai untuk dikenakan sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah barang-barang yang bisa dipakai berdasarkan gaya hidupmu. Susun dengan mengambil beberapa pasang celana dan rok dari berbagai jenis. Selain itu, ambil atasan seperti blus, kaus, dan sweater. Sebagai pelengkap, tambahkan luaran seperti jaket dan susun gaun untuk acara tertentu. Jumlahnya pun bisa disesuaikan dengan keperluan. 

Selain pakaian, kamu juga bisa menambahkan barang berupa aksesoris, seperti kacamata, tas, syal, dan ikat pinggang yang dapat disesuaikan warnanya. Mengatur capsule wardrobe juga berlaku pada sepatu. Carilah warna sepatu netral seperti warna putih agar dapat cocok dengan berbagai jenis warna outfit. 

5. Ciptakan 10 Pakaian Sehari-hari

Setelah memilih pakaian yang cocok untuk dipadupadankan, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan merencanakan 10 atau lebih pakaian sehari-hari dengan pakaian yang disimpan di dalam lemari.

Tahapan ini dilakukan untuk membuat kamu terhindar dari kebingungan yang sering kali melanda setiap kali ingin pergi beraktivitas. Jika merasa berat, tidak perlu 10 hari, tetapi kamu bisa rencanakan pakaian untuk esok hari dengan merencanakan di hari sebelumnya. 

Dengan cara simpel seperti di atas, kamu bisa bebas dari stres karena sudah memiliki lemari yang berisikan barang-barang penting, mudah untuk dikombinasikan, dan sesuai dengan ukuran tubuh.

Capsule wardrobe juga bisa membuat kamu lebih kreatif untuk berkreasi dengan penampilan. Sudah siap untuk membersihkan lemari pakaianmu? Jadikan pakaian dan barang serbaguna sebagai penghuni tetap lemarimu, ya!

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading