Sukses

Fashion

5 Tips Merawat Kacamata agar Tidak Mudah Rusak

Fimela.com, Jakarta Kacamata saat ini tidak hanya digunakan agar dapat melihat dengan jelas. Tapi juga dapat digunakan sebagai penyempurna penampilan. Terdapat banyak jenis kacamata, mulai dari kacamata baca, kacamata hitam, kacamata anti radiasi, dan masih banyak lagi.

Jika Sahabat Fimela memakai kaca mata, mungkin sudah mengetahui betapa sulitnya menjaga kacamata agar tetap awet. Terkadang tindakan ceroboh dapat membuat lensa kacamata tergores atau bahkan bingkainya patah. Tapi tenang saja, berikut Fimela telah rangkumkan 5 tips merawat kaca mata agar tidak mudah rusak untuk Sahabat Fimela.

1. Simpan dengan Benar

Setelah selesai menggunakan kacamata, jangan taruh kaca mata dengan sembarangan. Karena berpotensi membuat kacamata tergores, bengkok, atau bahkan patah. Simpan kacamata dengan benar di wadahnya untuk menghindari debu dan kotoran. Pakai hard case jika ingin kacamata tetap aman. Tapi kantong mikrofiber juga bagus untuk menyimpan kacamata yang terlalu sering dipakai di meja.

2. Hati-hati Saat Menggunakan

Saat akan memakai kacamata, pegang bingkainya. Hal in iuntuk menghindari sentuhan yang tidak sengaja menekuk bingkai. Kacamata yang bengkok berdampak negatif pada penglihatan dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat memakainya.  Hindari asal menaruh kacamata. Taruh kacamata secara perlahan dan jangan sampai dilempar untuk menghindari kerusakan.

3. Hindari Menyentuh Lensa Terlalu Sering

Pastikan tidak menyentuh lensa secara langsung. Pegang bingkai lensa untuk keamanan lensa. Terlalu sering menyentuh lensa dapat membuat lensa kotor dan tidak jelas lagi. Jangan sekali-kali mencoba melepas lensa dengan satu tangan. Apabila terlalu banyak memberi tekanan, maka akan berpotensi lensa pecah atau lepas dari bingkai.

4. Bersihkan Secara Rutin

Kacamata harus dibersihkan setiap hari. Kacamata dapat dibersihkan dengan cara menyemprot cairan pembersihnya dan dilap dengan kain yang tepat. Hindari pemakaian lap yang asal, seperti tisu, handuk, atau lap meja. Sesuaikan kain lap kacamata sesuai dengan jenis kacamatanya. Jangan sekali-kali menggunakan saliva untuk membersihkan kacamata. Bukannya bersih, tapi berpotensi membuat lensa semakin kotor dengan bakteri dari saliva.

5. Cek Kerusakan Secara Rutin

Untuk menghindari kerusakan yang tidak terduga. Rutinlah cek kacamata setiap hari.  Jika menemukan kerusakan besar, segeralah perbaiki kacamata pada ahlinya. Seperti jika ada goresan besar. Goresan besar pada kacamata akan menghalangi cara pandang dari kacamata.

Ternyata merawat kacamata tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Sekarang Sahabat Fimela sudah tahu tips merawat kacamata agar tidak mudah rusak. Semoga informasi ini membantu dan selamat mempraktikkan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading