Sukses

FimelaHood

Program YCSE Academy 2.0 Angkat Tema Female Socio-techpreneur

Fimela.com, Jakarta Apakah anak muda bisa memulai usaha sosial? Jawabannya tentu saja bisa, karena itu pulalah yang ingin diperlihatkan oleh program Young Changemakers Social Enterpraise Academy (YCSE) yang sudah berjalan selama dua tahun belakangan ini. Sukses diselenggarakan pada 2019, YCSE Academy 2.0 akhirnya digelar kembali pada pertengahan Maret 2020 lalu.

Datang dari seluruh penjuru Indonesia, 30 anak muda Tanah Air kembali memperlihatkan kemampuan terbaik mereka. Digelar di @america, Pacific Place, 10 tim anak muda mempresentasikan berbagai inovasi dalam membangun usaha berdampak sosial, mulai dari permasalahan lingkungan, pendidikan, disabilitas, hingga peningkatan kesehatan dan kesetaraan.

Tentu saja tema yang diangkat dalam YCSE Academy 2.0 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini tema yang diangkat adalah “Female Socio-techpreneur”. Tema tersebut diangkat sebagai upaya untuk mengatasi ketidakseimbangan kesempatan antara pemimpin laki-laki dan perempuan karena kemajuan ekonomi bisa dicapai ketika semua pihak saling bekerja sama.

Setelah mendapatkan coaching class dan mempresentasikan inovasinya para juri yang terdiri dari Erika Dianasari Go (Partner at Alpha JWC Ventures), Annisa Hasanah (CEO Ecofun Indonesia ‘Ecofunopoly’ – US Embassy YSEALI Prgram Alumni), dan Rsalina Ramadhani (Cultural Affairs Specialis – @america United States Embassy Jakarta) memilih juara yang akan mendapatkan hadiah Rp25 juta.

Akhirnya nama Kampung Marketer keluar sebagai pemenang utama program YSCE Academy 2.0. “Pemenang dinilai berdasarkan performa tim. Kejelasan konsep bisnis dan tingkat impact yang dihasilkan. Beberapa tim memiliki impact yang lebih kuat. Terakhir adalah konektivitas permasalahan yang ada dengan solusi. Jadi, pemenangnya bisa mengindikasikan permasalahan dan memberikan solusi yang tepat,” jelas Rosalina Ramadhani.

Young Changemakers Social Enterprise Academy adalah program capacity building yang digagas oleh @america bersama Campaign.com untuk mendorong dan meningkatkan kapasitas anggota YSEALI di bidang usaha sosial.

Loading
Artikel Selanjutnya
Agriculture Youth, Saatnya Anak Muda Bertani Tanpa Gengsi
Artikel Selanjutnya
Ingin Jadi Bagian Kegiatan-kegiatan Fimela? Yuk, Gabung ke Grup WhatsApp Fimelahood!