Sukses

FimelaHood

Mengenal Komunitas Sahabat Anak Kanker, Sumber Harapan Bahagia Pasien Kanker Anak di Malang

Fimela.com, Jakarta Dunia anak-anak adalah bermain. Namun bagaimana jika di usia yang masih sangat kecil, mereka dihadapkan pada kondisi yang berbeda dengan teman-teman sebayanya? Bagaimana jika di usia yang masih sangat kecil mereka diberi ujian penyakit yang berat?

Sahabat Anak Kanker (SAK), sebuah komunitas yang fokus memberikan pendampingan kepada pasien kanker anak serta memberikan penguatan kepada orang tua pasien. SAK berusaha menghadirkan kegembiraan untuk pasien kanker anak ditengah rutinitas mereka menjalani pengobatan di rumah sakit.

SAK terbentuk tanggal 9 Agustus 2015. Diprakarsai oleh sepasang suami istri yang secara kebetulan kedua anaknya, Galih dan Damar juga divonis menderita kanker darah. Sepanjang Galih berobat selama 2,5 tahun, ia selalu membawa banyak mainan setiap kali opname. Mainan tersebut dipakai bersama-sama dengan teman-temannya di ruang perawatan tersebut. Hingga suatu saat Galih dinyatakan remisi komplit dan tidak diharuskan melakukan kemoterapi lagi. Teman-temannya yang belum seberuntung Galih sedih karena mereka tidak lagi bisa bermain seperti sebelum-sebelumnya. Hal ini yang mengetuk hati papa Galih untuk membawa mainan-mainan Galih ke RSUD Dr. Saiful Anwar (RSSA), tempat dimana Galih dulu dirawat. Sejak saat itu papa Galih mencoba mempublikasikan pembukaan donasi mainan untuk pasien kanker anak di RSSA. Bak gayung bersambut, banyak sekali yang mendukung niat baik ini. Bahkan dari pihak RSSA pun mendukung baik dengan menyediakan ruangan untuk dijadikan ruang bermain dan SAK berhak mengelola kegiatan dan segala isinya. 9 Agustus adalah ulang tahun Galih dan ditetapkan sebagai hari jadi SAK. Namun sayang, tak lama setelah itu Galih berpulang dan 8 bulan kemudian disusul adiknya juga berpulang. 

Kegiatan Rutin Sahabat Anak Kanker

Sebelum pandemi, komunitas SAK memiliki 4 kegiatan rutin, yaitu kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan dan kegiatan semesteran. Kegiatan ini selalu disambut baik dan dinanti oleh para jagoan. Jagoan merupakan sapaan khusus untuk para pasien kanker anak di RSSA.

Kegiatan harian adalah dibukanya ruang bermain di IRNA IV RSSA Malang. Ruang bermain dibuka setiap senin hingga jumat pukul 09.00 – 12.00. Di ruang bermain ini para jagoan bisa bebas bermain, mewarnai, menggambar, juga menonton video. Ruang bermain ini tidak hanya terbatas untuk pasien kanker anak, namun untuk semua pasien di IRNA IV RSSA tersebut. Sedangkan kegiatan mingguan atau biasa disebut dengan jenguk jagoan. Dalam kegiatan ini para relawan berkunjung ke kamar masing-masing pasien sambil membagikan mainan dan makanan.

Selain dua kegiatan tersebut, ada yang namanya kegiatan bulanan. Kegiatan ini diadakan setiap bulannya dengan tema yang selalu berbeda. Acara ini memiliki tujuan menghibur para jagoan dengan menghadirkan pemusik, badut, menggelar playground, menyediakan banyak hadiah dan juga makanan. Para jagoan selalu menyambut hangat dan menanti kegiatan tersebut. Kegiatan terbesar dari komunitas SAK adalah kegiatan semesteran atau per 6 bulan sekali. Setiap 6 bulan, SAK selalu memiliki acara outing. Acara ini disebut piknik jagoan. SAK bekerja sama dengan Jatim Park Group untuk mendukung kegiatan ini. Dalam rangkaian acara yang digelar 2 hari ini, jagoan diinapkan di villa di kota Batu, diajak rekreasi ke Jatim Park, diberi hadiah, diberi uang saku, dll. Untuk menuju Kota Batu pun SAK menyewakan bus terbaik di Malang untuk para jagoan.

Ramadhan Ceria Sahabat Anak Kanker 2022

Setelah terhenti selama 2 tahun akibat pandemi, kini SAK kembali menyelenggarakan ramadhan ceria bagi para jagoan. Event ini meliputi 3 kegiatan selama bulan Ramadhan. 3 kegiatan tersebut adalah berbagi buka, berbagi paket sembako dan juga hadiah lebaran jagoan.

Berbagi buka dilaksanakan setiap hari selama Ramadhan. Hal ini tentu membantu para orang tua yang tidak bisa meninggalkan para jagoan hanya sekedar mencari makanan untuk berbuka. Lalu berbagi paket sembako diberikan kepada keluarga anak-anak kanker di RSSA Malang. Sedangkan hadiah lebaran jagoan bertujuan untuk berbagi berkah dan Bahagia untuk anak-anak kanker. Selama ini SAK tidak memiliki donatur tetap, siapa saja boleh berdonasi dan berapapun jumlahnya akan sangat membantu para jagoan dan keluarganya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading