Sukses

Food

Resep Kue Bacang, Jajanan 90-an yang Enak dan Bikin Kenyang

Fimela.com, Jakarta Salah satu camilan tradisional era 90-an yang bentuknya dibungkus seperti lontong adalah kue Bacang. Kadang jajanan ini disebut kue bacang beras. Kue bacang ini umumnya dibungkus dan diikat dengan berupa limas segitiga maupun kerucut.

Selain memakai daun bambu, untuk membungkus kue ini juga bisa memakai daun hanjuang, daun pisang, ataupun daun pandan yang tentu bisa mempengaruhi aroma dan citarasanya. Kue bacang disukai anak kecil sampai orang dewasa. Itu karena citarasanya yang lezat dan seperti bikin ketagihan.

Kue Bacang. foto: masakkue.com

 

Baca juga:

 

Selain itu kue bacang ini juga bikin kita kenyang, apalagi kalau dimakan beberapa bungkus. Bisa sebagai penawar rasa lapar kalau lagi bosan makan nasi. Lebih pas lagi kalau dinikmati sambial bersantai ditemani minuman hangat seperti teh atau kopi.

Bacang pun kerap disajikan saat ada acara-acara besar seperti lebaran, reuni keluarga, pernikahan, serta acara besar yang lainya. Sekarang ini sayangnya sudah jarang kita jumpai penjual kue bacang yang biasanya berkeliling di perumahan.

Tapi tak usah khawatir, kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Proses pembuatannya termasuk praktis dan bahan yang digunakanya juga sangat sederhana. Durasi memasaknya juga tak terlalu lama.

Tapi untuk membuat kue bacang kita harus lebih cermat dan sabar supaya hasilnya memuaskan. Yang agak sulit mungkin saat membungkusnya menjadi bentuk limas segitiga maupun kerucut. Seperti dilansir dari 1001resepmasakan, berikut ini resep membuat kue bacang, jajanan yang sangat disukai dari era 90-an sampai dengan sekarang.

 

Baca juga:

 

Bahan yang disiapkan:

Kue Bacang. foto: cookpad

Beras 1 literGaram 2 sdtDaun bambu buat membungkusAir secukupnyaMinyak ayam 200 cc

Bahan Untuk Isi : Daging cincang 350 gramBawang merah 5 buahUdang kering 75 gr, dihaluskanMerica halus secukupnyaKecap asin 3 sdmMinyak wijen 1 sdmMinyak 1 sdmBawang putih dua siungDaun bawang 1 batangSendawa secukupnyaGula pasir 2 sdtKaldu 200 cc

Kue Bacang. foto: cookpad

Cara pembuatannya:

Beras dicuci sampai bersih. tuang air ke dalamnya sampai batas 2 cm di atas permukaan beras.

Masak sampai jadi aronan, angkat. pada saat panas diaduk-aduk sembari imbuhkan garam dan minyak ke dalamnya. setelah rata, sisihkan.

Buat isi :

Kue Bacang. foto: cookpad

Minyak dipanaskan, tumis bawang putih, dan bawang merah sampai aromanya harum, campur udang kering dan daging cincang.

Masak sampai warna pada dagingnya beralih, lalu masukan daun bawang bersamaan dengan sendawa, merica, gula, kecap, dan minyak wijen. Diaduk lalu tuang kaldu dan masak sampai dagingnya masak.

Siapkan daun bambu sejumlah satu lembar, buat dengan berupa contong. masukan aronan beras sejumlah 2 sdm pada contong. Lalu isi sisi tengahnya dengan adonan isi sejumlah satu sendok. lipat dan tutup contong, kemudian ikat dengan tali sampai kencang.

Kue Bacang. foto: cookpad

Rebus pada panci dengan air yang banyak sampai semua bungkusan terendam. setelah masak, angkat dan tiriskan.

 

Baca juga:

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading