Sukses

Food

5 Tips Memasak Calamari Goreng Anti Alot

Sebagai pecinta seafood dan gorengan, tentu saja calamari goreng menjadi menu favorit saya sepanjang masa. Seporsi calamari goreng dengan kucuran jeruk lemon dan cocolan saus mayonais, menjadi santapan yang gak bisa dilewatkan begitu saja.

Meskipun begitu, saya merasa sayang jika ingin menikmati calamari goreng yang enak haruslah di restoran mahal. Sedangkan membuatnya sendiri, seringkali daging cuminya masih kenyal dan tepungnya tidak renyah. Ternyata membuat calamari goreng yang renyah dengan daging cumi anti alot, ada rahasianya lho.

1. Agar Daging Cumi Empuk

Daging cumi dikenal alot dan keras, maka dari itu banyak orang yang jarang memasak hewan satu ini. Tak hanya itu cumi juga merupakan salah satu bahan makanan yang cukup sensitif, karena harus dimasak yang tepat agar menghasilkan rasa yang kenyal dan sempurna. Kita seringkali dibuat kecewa saat memasak cumi, apalagi saat membuatnya sebagai hidangan camilan atau calamari.

Ternyata rahasia membuat dagingnya empuk adalah dengan membekukannya terlebih dulu di dalam freezer atau sebaskom penuh es batu. Tak hanya itu setelah kamu memasak cumi yang sudah di rebus jangan lupa untuk memasukkan ke dalam air dingin agat proses memasak berhenti dan keempukan dari cumi tetap terjaga. Memasak cumi tak membutuhkan waktu yang lama, kamu hanya perlu memasak dengan waktu 3 menit saja agar cumi kenyal dan tidak alot.

2. Memotong Cumi yang Pas dan Benar

Siapa disini yang kesulitan saat memotong cumi? Ternyata ukuran cumi yang kita potong juga dapat mempengaruhi keempukan cumi saat di goreng. Cumi memang sulit untuk di potong apalagi cumi yang berukuran besar terkadang akan jauh lebih keras dan alot. Tapi bagaimana cara mengatasi  masalah ini? Potong-potong cumi seukuran lebar 1 cm atau 5 mm untuk bentuk cincin, agar mempermudah saat memasak.

3. Perhatikan Bahan Rendaman Agar Daging Cumi Lebih Tasty

Pernah mencoba untuk merendam daging cumi sebelum di masak? Ternyata merendam cumi menggunakan air panas sbelum di masa dapat memberikan efek kekeyalan cumi dan tekstur yang lebih lembut. Ternyata cumi basah dan asin memiliki tekstur yang cukup berbeda, terkadang beberapa orang akan membersihkan cumi basah.

Tetapi sebagian orang jarang membersihkan cumi asin, konon tidak ingin menghilangkan keasinan dari cumi tersebut. Kamu dapat marinasi daging cumi dalam campuran bawang putih, parutan kulit lemon, daun rosemary dan minyak zaitun untuk memberikan citarasa yang unik ala italia.

4. Baluri Adonan Tepung agar Menghasilkan Rasa yang Sempurna

Memilih adonan tepung juga sangat penting agar menghasilkan rasa yang enak dan sempurna. Saat memasak calamari, tentu kita perlu memilih tepung yang sesuai, ternyata ada beberapa cara agar membuat adonan tepung pelapis calamari goreng. Akan tetapi, yang paling mudah dengan menggunakan tepung terigu, kuning telur, garam, dan air secukupnya.

Cukup 4 bahan itulah yang kamu perlukan agar menghasilkan rasa yang sempurna. Selain itu kamu juga perlu membuat adonan basah dengan mencampurkan keempat bahan di atas. Jangan lupa untuk melumuri dengan adonan kering menggunakan tepung terigu agar menambahkan rasa yang pas.

5. Goreng Cumi 2-3 Menit, Maksimal 5 Menit.

Siapa yang baru tahu bahwa menggoreng cumi tak perlu membutuhkan waktu yang lama? Ternyata menggoreng tak perlu membutuhkan waktu yang lama, kamu cukuo memastikan minyak yang sudah panas. Umumnya kita menggoreng calamari dalam minyak panas yang banyak. Tetapi ternyata ada cara lain yang membuatnya tetap enak disantap tanpa perlu bergelimang minyak. Tuangkan minyak sedikit saja, tingginya sekitar 1 inci, bolak-balikkan calamari di setiap sisinya. Goreng calamari di wajan ketimbang di panci.

Itu dia trik menggoreng calamari agar renyah bagian luarnya, tapi empuk dan lembut bagian dagingnya. Ingin tahu resep lengkapnya? Intip yuk di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading